Selamat! Jakarta Sabet Penghargaan Kota Dengan Transportasi Terbaik di Dunia
Nasional

Gubernur Anies Baswedan mengumumkan prestasi baru DKI Jakarta, yakni menjadi kota terbaik di Sustainable Transport Award 2021. Ternyata hal ini penyebab kemenangannya.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan pengumuman membanggakan. Sebab rupanya DKI Jakarta menyabet penghargaan sebagai Kota Terbaik di Dunia dalam Sustainable Transport Award 2021.

Hal ini disampaikan langsung oleh Anies lewat akun Twitter-nya. "Alhamdulillah, Alhamdulillah!! TERBAIK DUNIA!!! Ya, Jakarta terpilih sebagai KOTA TERBAIK DI DUNIA dalam SUSTAINABLE TRANSPORT AWARD 2021," cuit Anies.

Dilansir dari CNN Indonesia, Sustainable Transport Award (STA) menurut Anies merupakan ajang penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi. Penilaian yang dilakukan oleh komite juri mencakup visi, konsep dan eksekusi yang dijalankan setiap kota.

"Komite ini terdiri dari lembaga-lembaga global," jelas Anies. "Seperti Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), dan lain-lain."


Melalui akun Facebook, Anies mengabarkan penghargaan tersebut diumumkan pada acara Mobilize Virtual Summit 2020, sebuah konferensi transportasi berkelanjutan internasional. Jakarta bersaing dengan sejumlah kota seperti Moscow, Rusia dan San Fransisco, Amerika Serikat.

Anies pun mempersembahkan pencapaian ini untuk warga Ibu Kota. "Pada warga Jakarta, penghargaan ini dipersembahkan. Kita bersyukur dan bersyukur, atas pengakuan dunia ini, selamat untuk warga Jakarta!" tulis Anies.

Terkait dengan kemenangannya tak lepas dari berbagai hal yang dilakukan DKI Jakarta selama setahun belakangan, terutama dalam sektor transportasi dan jalanan. Seperti misalnya dengan melakukan perluasan jalur dan penambahan fasilitas sepeda, revitalisasi halte dan trotoar, penataan fasilitas pejalan kaki di kampung-kampung, dan integrasi berbagai moda transportasi publik.

Sedangkan dirinci oleh sang mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta bisa memenangkan kompetisi ini karena desain wayfinding, inovasi bus listrik, hingga mikrotrans AC. Dengan tambahan berbagai fasilitas itu, TransJakarta bisa mencatat hingga 1 juta pelanggan setiap hari. Meski belakangan hal itu tereduksi karena pandemi COVID-19.

"Pandemi tahun ini memang memaksa kita beradaptasi, dengan pembatasan kapasitas transportasi publik dan protokol kesehatan ketat," terang Anies. "Tapi positifnya pada saat pandemi ini, pesepeda di Kota Jakarta justru meningkat pesat."

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts