Ada Cuka Hingga Yogurt, 7 Bahan Ini Bisa Kamu Pakai Sebagai Pengganti Baking Powder
pixabay.com
Kuliner

Untuk membuat adonan kue lebih mengembang dan bervolume diperlukan yang namanya baking powder. Namun bahan ini tak selalu mudah didapatkan sehingga perlu bahan pengganti.

WowKeren - Bagi kamu yang hobi memasak pasti sudah tak asing lagi dengan istilah baking powder. Baking powder menjadi salah satu bahan yang penting untuk membuat kue, selain bahan utama tentunya. Meski bukan bahan utama namun bahan yang satu ini bisa menentukan hasil akhir adonan.

Baking powder sendiri berfungsi sebagai pengembang adonan agar adonan lebih bervolume. Pada umumnya, pemakaian baking powder diperlukan untuk kue yang dimasak dengan cara dipanggang. Kendati demikian, ada kalanya baking powder tidak mudah didapatkan.

Tak perlu risau karena kamu bisa memakai bahan alternatif lainnya untuk menggantikan fungsi baking powder ini. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitarmu dan tetap dapat membuat kue dengan adonan seperti yang kamu harapkan. Berikut tim WowKeren rangkum bahan-bahan yang bisa dijadikan sebagai pengganti baking powder.

(wk/zodi)

1. Buttermilk


Buttermilk
pxhere.com

Bahan pertama yang bisa kamu jadikan sebagai pengganti baking powder adalah buttermilk atau susu mentega. Buttermilk terbuat dari susu yang sudah difermentasi sehingga menghasilkan rasa yang sedikit asam. Dibandingkan dengan yogurt biasa, susu mentega memiliki rasa yang lebih tajam.

Untuk bisa memanfaatkan buttermilk ini, kamu bisa mencampurkannya dengan baking soda. Keduanya akan menghasilkan efek ragi yang sama seperti baking powder. Lima gram baking powder setara dengan campuran 122 gram buttermilk dan 1 gram baking soda.

2. Cuka


Cuka
pixabay.com

Bahan yang satu ini tentunya sangat mudah kamu temukan, bukan? Cuka dibuat dari alkohol yang sudah difermentasikan sehingga menghasilkan asam asetat. Cuka banyak digunakan untuk bahan kue makanan yang dimasak dengan cara dipanggang.

Jika dipadukan dengan baking soda, cuka dapat memberikan efek ragi pada biskuit atau adonan kue. Akan lebih baik jika kamu memilih cuka putih, meskipun cuka jenis apapun sebetulnya bisa digunakan. Akan tetapi, cuka putih memiliki rasa yang paling netral sehingga tidak akan mengubah warna adonan.

3. Yogurt Tawar


Yogurt Tawar
wikimedia.org

Bahan lainnya yang bisa kamu gunakan adalah yogurt. Ingat, kamu harus memilih yogurt yang tawar agar tidak mengganggu rasa adonan. Selain itu, yogurt tawar akan memberikan tingkat keasaman seperti yang dibutuhkan. Sama seperti buttermilk, yogurt dihasilkan dari susu yang telah difermentasi.

Yogurt tawar memiliki pH asam sehingga menjadikannya pengganti yang tepat untuk baking powder jika dicampur dengan baking soda. Untuk menggunakannya, kamu bisa mencampurkan 1 gram baking soda dengan 122 gram yogurt tawar yang setara dengan 5 gram baking powder.

4. Putih Telur


Putih Telur
pixabay.com

Telur adalah bahan makanan pokok yang sangat mudah didapatkan. Namun siapa sangka jika lauk pauk sehari-hari ini bisa menggantikan fungsi baking powder. Kamu hanya perlu mengocok putih telur hingga menghasilkan tekstur yang ringan dan lembut untuk bisa membuatnya berfungsi sebagai baking powder.

Untuk bisa menghasilkan telur dengan kondisi demikian, kamu harus mengocoknya dengan kecepatan rendah sampai berbusa. Lalu perlahan tingkatkan kecepatannya sampai adonan telur menghasilkan permukaan yang lembut. Lalu kamu hanya tinggal memasukkan bahan kue lainnya ke telur kocok ini.

5. Jus Lemon


Jus Lemon
pixabay.com

Jus lemon mengandung asam sitrat dalam jumlah yang sangat tinggi. Karena sifat asam inilah jus lemon bisa menjadi salah satu opsi pengganti baking powder. Namun sebaiknya kamu menggunakan jus lemon sebagai pengganti baking powder jika resep yang kamu coba memerlukan baking powder dalam jumlah kecil.

Hal ini berkaitan dengan sifat lemon itu sendiri yang sangat asam. Jika digunakan terlalu banyak dikhawatirkan justru akan membuat perubahan rasa pada adonan. Lima gram baking powder bisa kamu dapatkan dengan mencampurkan 1 gram atau seperempat sendok teh baking soda dengan setengah sendok teh jus lemon.

6. Self-Rising Flour


Self-Rising Flour
pexels.com/Kaboompics.com

Saat kamu kehabisan baking powder maupun baking soda, kamu masih bisa membuat resep kue favoritmu dengan menggunakan self-rising flour. Seperti namanya, tepung ini bisa mengembang sendiri tanpa bantuan bahan lainnya.

Terbuat dari kombinasi tepung serba guna, baking powder, dan garam, tepung ini bisa membantu mengembangkan adonan yang dipanggang. Tak ayal tepung ini banyak digunakan untuk pembuatan kue kemasan, biskuit, dan roti cepat saji. Kamu cukup mengganti tepung dalam resepmu dengan tepung ini.

7. Molase


Molase
kampustani.com

Terakhir ada molase yang bisa kamu gunakan. Molase merupakan pemanis yang dihasilkan sebagai produk sampingan pembuatan gula. Molase banyak digunakan sebagai pengganti gula rafinasi.

Selain itu karena sifatnya yang asam, molase juga digunakan sebagai pengganti baking powder. Mencampurkan molase dengan baking soda akan menghasilkan reaksi asam-basa untuk membuat adonan kue mengembang. Karena mengandung gula, ada baiknya kamu menyesuaikannya dengan takaran gula di resep adonanmu, ya.

Saat mencoba resep kue memang terkadang ada kalanya kita sulit menemukan bahan yang diminta. Namun, tak perlu khawatir karena ada banyak bahan pengganti yang bisa kamu pakai. Jangan biarkan minimnya ketersediaan bahan mengurangi niatmu untuk bereksperimen dalam membuat kue, ya!



You can share this post!