Bikin Gatal Hingga Tak Percaya Diri, Ini  7 Tips Atasi Ingrown Hair yang Mengganggu
pixabay.com
Lifestyle

Meski pada umumnya bukan masalah serius, namun kondisi rambut tumbuh ke dalam bisa jadi mengganggu dan bahkan memicu rasa gatal yang diakibatkan oleh peradangan kulit.

WowKeren - Rambut tumbuh ke dalam atau ingrown hair adalah kondisi umum yang disebabkan oleh aktivitas mencukur rambut. Berbeda dari rambut yang pada umumnya tumbuh di luar kulit, seperti namanya, ingrown hair ini tumbuh ke dalam.

Kondisi ini memang umumnya bukan masalah serius namun bisa jadi mengganggu dan bahkan memicu rasa gatal yang diakibatkan oleh peradangan kulit. Selain gatal, pada beberapa kasus ingrown hair bisa menimbulkan kemerahan pada kulit dan muncul benjolan kecil seperti jerawat.

Kondisi rambut tumbuh ke dalam dapat terjadi di mana saja, mulai dari kaki, ketiak, bikini-line, hingga di bawah lengan maupun garis rahang. Berikut tim WowKeren rangkum beberapa cara untuk mengatasi rambut tubuh ke dalam yang bagi sebagian orang sangat menjengkelkan.

(wk/zodi)

1. Lakukan Eksfoliasi Lembut


Lakukan Eksfoliasi Lembut
pexels.com/cottonbro

Salah satu cara untuk mengatasi ingrown hair adalah dengan melakukan eksfoliasi. Sebab, kondisi rambut tumbuh ke dalam dapat terjadi ketika folikel rambut tertutup oleh sel-sel kulit mati. Jika tidak dibersihkan secara rutin, maka sel-sel kulit mati akan semakin menumpuk.

Kondisi ini yang kemudian akan mendorong rambut untuk tumbuh ke samping. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan eksfoliasi rutin untuk membersihkan penumpukan sel kulit mati. Gunakan produk yang tepat sesuai dengan kulitmu. Kamu bisa menyimak rekomendasinya di sini.

2. Jangan Pakai Pisau Cukur Berulang Kali


Jangan Pakai Pisau Cukur Berulang Kali
pexels.com/cottonbro

Hindari memakai pisau cukur lebih dari satu kali. Pisau cukur pada umumnya hanya disarankan untuk satu kali pemakaian. Namun masih ada sebagian orang yang menyimpannya usai pemakaian pertama untuk digunakan di pemakaian berikutnya.

Ketajaman pisau cukur umumnya akan menurun usai digunakan sehingga akan membuat hasil pencukuran menjadi tidak rata. Yang mana, kondisi ini hanya akan memperparah kondisi ingrown hair. Alih-alih menggunakan kembali pisau cukur lama, sebaiknya belilah beberapa lembar pisau cukur cadangan untuk setiap pemakaian.

3. Mencukur dengan Arah yang Benar


Mencukur dengan Arah yang Benar
pixabay.com

Jika kamu memutuskan untuk mencukur rambut, maka penting pula untuk memperhatikan ke mana arah mencukurmu. Mencukur dengan arah yang berlawanan akan membuat rambut terpotong pada sudut yang lebih tajam.

Sementara itu, ujung rambut yang tajam justru akan membuatnya lebih mudah menyumbat ke permukaan kulit dan tumbuh di bawahnya. Untuk mencegah hal ini, pastikan kamu mencukur searah dengan arah pertumbuhan rambut.

4. Pertimbangkan untuk Pakai Krim Penghilang Bulu


Pertimbangkan untuk Pakai Krim Penghilang Bulu
pexels.com/cottonbro

National Health Service (NHS) di Inggris menyarankan untuk membiarkan rambut tumbuh bebas tanpa mencukurnya. Sebab setelah dicukur, ujung rambut pada umumnya akan menjadi lebih tajam saat tumbuh. Hal ini akan membuatnya lebih mudah untuk menyumbat kembali ke dalam kulit.

Namun bisa dipahami jika ada sebagian orang yang tidak suka dengan bulu yang panjang karena dianggap bisa menurunkan rasa percaya diri. Sehingga langkah yang dilakukan adalah dengan mencukurnya. Ada baiknya kamu mencoba krim penghilang bulu sebagai solusinya.

5. Metode Laser Bisa Jadi Alternatif


Metode Laser Bisa Jadi Alternatif
pexels.com/Polina Tankilevitch

Saat kamu memiliki rambut yang tumbuh ke dalam, ada baiknya kamu menahan diri dulu untuk tidak melakukan aktivitas mencukur. Tak hanya mencukur, tetapi juga mencabut, atau waxing di area tersebut sampai ingrown hair hilang.

Namun jika kamu memang sering mengalami kondisi itu sedangkan di lain sisi kamu juga perlu membersihkan rambut yang mengganggu, mungkin metode laser bisa membantumu. Meski sedikit lebih mahal, namun metode ini cukup efektif. Dibanding mencukur atau waxing, menghilangkan rambut dengan laser akan butuh waktu lebih lama untuk tumbuh.

6. Hubungi Ahli Dermatologi


 Hubungi Ahli Dermatologi
pixabay.com

Pada sebagian kasus, rambut tumbuh ke dalam bisa menyebabkan infeksi. Jika ini yang kamu alami, sebaiknya jangan gegabah untuk mengatasinya sendiri.

Pergilah ke dokter kulit atau ahli dermatologi untuk mencari solusi yang tepat, apa lagi jika infeksi yang kamu alami sudah berlangsung selama berhari-hari. Kemungkinan dokter akan memberi antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri.

7. Jangan Lupakan Perawatan Setelah Mencukur


 Jangan Lupakan Perawatan Setelah Mencukur
pexels.com/reneereneee

Jangan hanya mencukur, perhatikan juga perawatan setelahnya. Ada banyak produk pasca bercukur di pasaran yang bisa kamu andalkan. Sebaiknya pilih produk yang formulanya mengandung acetylsalisylic acid, anti inflamasi, dan asam glikolat untuk membantu mengurangi penumpukan sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat.

Pada umumnya, rambut tumbuh ke dalam dapat hilang dengan sendirinya selama sekitar satu bulan. Namun pada kasus tertentu, rambut ini bisa bertahan tumbuh ke dalam kulit hingga 6 bulan. Jika kamu kurang yakin bisa mengatasinya sebaiknya meminta bantuan dokter kulit.

Selain cara mengatasi ingrown hair, yuk simak juga hal-hal yang perlu kamu ketahui seputar microneedling di artikel ini. Metode ini mampu mengatasi sejumlah masalah kulit termasuk stretch marks. Selain microneedling, cara lain yang bisa membantu mengurangi tampilan stretch marks juga ada di sini, lho.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait