Iko Uwais dan Joe Taslim Dukung Gerakan 'Stop Asian Hate'
Instagram/iko.uwais/joe_taslim
Selebriti

Iko Uwais dan Joe Taslim sama-sama mengungkapkan kepedulian terhadap gerakan 'Stop Asian Hate'. Tak hanya itu, Joe Taslim pun bagikan informasi berguna bagi mereka yang terdampak permasalahan rasial di Amerika Serikat.

WowKeren - Tagar #StopAsianHate meramaikan jagad Twitter pada Rabu (17/3) kemarin. Fenomena tersebut ditengarai karena maraknya kasus rasialisme yang ditargetkan kepada komunitas Asia di Amerika Serikat.

Gerakan ini mendapat perhatian dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk para selebriti dalam negeri. Aktor Iko Uwais turut menyuarakan kepedulian kepada komunitas Asia di Amerika Serikat lewat postingan di akun Instagram pribadinya.

"Please be safe my Asian-American friends. #stopasianhate," demikian tulis Iko Uwais di bawah postingannya. Dalam postingan dan InstaStory Iko, ia mengunggah ilustrasi anak kecil yang mengulurkan tangan ke arah lampion berwarna merah khas milik budaya Tiongkok dan menggunakan tagar #StopAsianHate.

"#stopasianhate 🙏🏻❤️," komentar sang istri, Audy Item. "Makasih ka iko udah mau ikut sama hastag itu ❤️❤️❤️," kata pemilik akun @deb****msjkd. FIGHT INJUSTICE TOGETHER👊🏽 Alhumdulillah☝🏼," ujar akun @ufc*****drtvh. "Stop all hate. We are all human beings let’s take care of each other❤️," tambah akun @att****dilayh.


Netizen mengapresiasi postingan Iko adalah suatu tanda jika kepedulian publik figur terhadap suatu permasalahan begitu berarti. Esensi gerakan #StopAsianHate adalah melawan rasisme apapun bentuknya. Sebelum tagar ini dicuitkan hingga menjadi trending di Twitter, Amerika Serikat tengah mengalami gesekan antar ras. Kondisi itu kian diperkeruh oleh majalah Topps menerbitkan karikatur menggunakan wajah personil BTS dengan muatan yang menyinggung.

Puncaknya, terjadi kasus penembakan di Atlanta yang memakan korban pada Selasa (16/3). Dilansir dari New York Times Rabu (17/3), 8 korban tewas adalah orang Asia-Amerika dan masih belum diketahui motifnya. Lembaga advokasi Stop AAPI Hate yang mengawal kasus tersebut punya catatan laporan atas tindakan rasisme yang dihadapi komunitas di laman web mereka.

Tak hanya Iko Uwais, aktor Indonesia yang juga berkiprah di Hollywood, Joe Taslim, sebelumnya telah mengunggah postingan yang senada di akun IG-nya. Sama halnya dengan Iko, unggahan pria yang akrab disapa Jota itu juga menuai respons positif.

Joe Taslim juga mendorong agar siapa saja yang melihat postingannya peduli tentang apa yang sedang terjadi pada komunitas Asia di Amerika Serikat. Dia bahkan membagikan informasi lengkap bagi yang membutuhkan bantuan terkait permasalahan rasial ini dalam unggahannya. Adapun informasi yang Jota bagikan yaitu, hotline, badan pengumpul donasi, nama-nama organisasi yang mendukung #StopAsianHate serta imbauan dan cara-cara mengatasi serangan rasial.

"Thanks for sharing this brother! ✊️," tulis sutradara Jon Lee Brody di kolom komentar postingan Joe. "Im on your side! No room in my heart for hate." cetus akun @sma****chtlw. "We love you Joe!!!" seru akun @ada****uvtdd.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts