Mi Basah yang Berbau Menyengat
pixabay.com
Kuliner

Selain gangguan pencernaan, makanan berformalin tinggi bisa menyebabkan alergi dan gangguan pernapasan. Berikut cara membedakan makanan berformalin dan yang tidak.

WowKeren - Tak hanya bakso dan ikan-ikanan, mi basah juga tak luput dari risiko formalin. Mi basah yang mengandung formalin biasanya terlihat lebih mengkilap dan tidak mudah hancur. Selain itu, ciri lainnya adalah mi tidak begitu lengket dan warnanya lebih cerah. Saat direbus, mi basah berformalin juga akan mengeluarkan bau menyengat seperti obat.

Jika memang tidak memungkinkan untuk tidak membeli makanan yang dikeringkan atau diawetkan, maka untuk memastikan kualitasnya sebaiknya kamu merendamnya dulu dengan air bersih. Kabar baiknya, suhu panas saat memasak dapat membantu menghilangkan formaldehida dalam makanan. Suhu yang disarankan adalah minimal 75 derajat Celcius.

Selain tips membedakan makanan berformalin dengan yang alami, intip juga trik menyimpan frozen food agar tetap awet di sini. Simak juga cara menyimpan keju agar tidak mudah berjamur di artikel ini, ya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel