Kim Jong Un Terlihat Lebih Kurus Picu Spekulasi, Ternyata Bukan Terkait Masalah Kesehatan?
Korean Central News Agency
Dunia

Institut Korea untuk Unifikasi Nasional di Seoul Hong Min menilai berat badan Kim yang turun justru tampaknya lebih merupakan upaya untuk meningkatkan kesehatannya.

WowKeren - Penampilan Presiden Korea Utara Kim Joun Un baru-baru ini mendapat sorotan. Tubuh Kim yang dinilai lebih kurus ramai menjadi perbincangan hingga memunculkan spekulasi mengenai kondisi kesehatannya.

Pemimpin yang satu ini memang kerap menjadi sorotan dunia. Mengutip ABC News, kondisi kesehatan Kim bahkan dianggap bisa berpengaruh bagi negara-negara lainnya termasuk Amerika Serikat, Jepang, dan tentu saja negara tetangganya, Korea Selatan.

Hal ini disebabkan karena hingga kini, Kim belum menunjuk siapa yang akan menjadi penerus untuk mengendalikan program nuklir yang menargetkan Amerika Serikat dan sekutunya. Sementara itu, Korut sendiri dinilai tidak terbuka tentang cara kerja internal kepemimpinannya apa lagi setelah pandemi virus corona menyebar.

Terkait spekulasi ini, seorang analis senior di Institut Korea untuk Unifikasi Nasional di Seoul Hong Min ikut menanggapi. Menurut Hong Min, berat badan Kim yang turun justru tampaknya lebih merupakan upaya untuk meningkatkan kesehatannya, daripada tanda penyakit.


Sebab baginya, jika memang pemimpin Korea Utara itu memang mengalami masalah kesehatan, tentu tidak akan mungkin ia akan keluar di hadapan publik untuk menghadiri rapat dan sebagainya. "Jika dia mengalami masalah kesehatan, dia tidak akan keluar di depan umum untuk mengadakan rapat pleno Komite Sentral Partai Buruh," kata Hong.

Sudah bukan rahasia lagi jika Kim adalah perokok sekaligus peminum berat. Ia juga memiliki riwayat keluarga dengan masalah jantung. Ayah Kim yang memerintah Korea Utara sebelum dia, meninggal karena masalah jantung. Begitu juga dengan kakeknya yang meninggal dengan riwayat sama.

Sementara itu, penampilan Kim yang lebih kurus telah menjadi fokus perhatian di Korea Selatan. Spekulasi mengenai kesehatan Kim bukan pertama kalinya mencuat. Tahun lalu juga terjadi hal serupa ketika Kim melewatkan peringatan ulang tahun mendiang kakeknya.

Tak pelak hal ini memunculkan spekulasi lain mengenai siapa yang akan menggantikan Kim. Adiknya, Kim Jo Yong, ramai disebut memiliki peluang kuat untuk mewarisi kekuatan kakaknya.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts