P2G Sorot Melesetnya Target Pemerintah Rekrut 1 Juta Guru PPPK Tahun Ini
Nasional

Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G), Satriwan Salim, menyebut pemerintah pusat dan daerah gagal memenuhi janjinya untuk merekrut 1 juta guru tahun ini.

WowKeren - Pemerintah sempat menargetkan perekrutan hingga 1 juta pegawai pemerintah dan perjanjian kerja (PPPK) Guru tahun ini. Sayangnya, target tersebut meleset karena kebutuhan PPPK Guru tahun ini hanya mencapai 531.076 formasi.

Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G), Satriwan Salim, menyebut pemerintah pusat dan daerah gagal memenuhi janjinya untuk merekrut 1 juta guru tahun ini. Menurutnya, hal tersebut berdampak pada tidak adanya kesempatan guru honorer, termasuk Kategori II, untuk mengikuti seleksi PPPK karena Pemda mengajukan formasi yang tidak sesuai kebutuhan.

Tak hanya itu, Satriwan juga menyoroti situasi dimana formasi yang disetujui pemerintah pusat tak sesuai dengan yang telah diajukan Pemda. Sebagai contoh, tutur Satriwan, Kabupaten Karawang mengusulkan formasi 1.080 guru PPPK, namun yang disetujui pusat hanya mencapai 660 guru.

"Potret serupa terjadi hampir di seluruh daerah yang mengajukan formasi guru PPPK," jelas Satriwan, dikutip dari Tempo pada Jumat (18/6).


Lebih lanjut, Satriwan menduga Pemda kurang maksimal dalam mengajukan formasi guru PPPK ke pusat karena faktor anggaran gaji dan tunjangan guru. Menurutnya, Pemda takut hal tersebut akan membebani APBD mereka.

Pemerintah pusat sebelumnya telah memastikan bahwa biaya gaji dan tunjangan 1 juta guru PPPK tahun ini akan ditanggung oleh APBN melalui dana alokasi umum (DAU). Namun Satriwan melihat masih ada kekhawatiran dari Pemda terkait anggaran gaji dan tunjangan guru PPPK tersebut.

"Bagaimana dengan tahun berikutnya, bisa saja ditanggung daerah, jadi wajar saja Pemda khawatir dan ragu," paparnya. "Akibatnya lagi-lagi yang jadi korban adalah guru honorer."

Di sisi lain, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa 500 ribu lebih formasi PPPK Guru tahun ini merupakan sebuah rekor meski tidak mencapai target 1 juta. Nadiem meminta agar seluruh pihak tak khawatir lantaran pemerintah akan kembali membuka rekrutmen PPPK Guru tahun depan.

"Itu bukan kabar jelek, tapi kabar luar biasa gembiranya karena bertahun-tahun kemarin cuma maksimal 40-50 ribu formasi kita," ungkap Nadiem dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Selasa (15/6). "Jadi harusnya tidak ada kesedihan, angka 550 ribu rekor untuk kita semua."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait