Eks Presiden Filipina Benigno Aquino Wafat di Usia 61 Tahun, Terungkap Sempat Dirawat di RS
AFP
Dunia

Benigno 'Noynoy' Aquino III yang merupakan Presiden Filipina periode 2010-2016 dilaporkan meninggal dunia pada Kamis (24/6) pagi. Mendiang terungkap sempat dirawat di RS sebelumnya.

WowKeren - Mantan Presiden Filipina, Benigno Aquino dilaporkan meninggal dunia pada Kamis (24/6), di usianya yang ke-61 tahun. Aquino dilaporkan meninggal dunia setelah dirawat di sebuah rumah sakit di Manila.

Adalah mantan Hakim Mahkamah Agung Filipina, Marvic Leonen, yang mengabarkan informasi duka tersebut. "Dengan penuh kesedihan saya menerima kabar bahwa pagi ini, mantan presiden kita, Benigno Aquino, meninggal dunia," tuturnya dalam sebuah pernyataan resmi, dikutip dari Today Online.

Leonen menjabat sebagai hakim tinggi di negara tersebut usai dipilih sendiri oleh Aquino pada tahun 2012 lalu. "Merupakan sebuah kehormatan bisa melayaninya. Dia akan dirindukan," imbuh Leonen.

Hingga berita ini ditulis, belum ada pernyataan resmi soal penyebab meninggalnya Aquino. Namun memang Aquino sempat dilarikan ke rumah sakit pada Kamis pagi tadi.


Aquino merupakan sosok yang tak terpisahkan dari demokrasi dan politik Filipina. Aquino, yang dikenal pula dengan nama Noynoy, maju sebagai Calon Presiden Filipina setelah kepergian sang ibu dan terpilih menjabat pada 2010 sampai 2016.

Keluarga Aquino memang tidak bisa dipisahkan dari sejarah panjang dan berdarah politik Filipina. Ayahnya, Benigno Aquino, Jr., atau akrab disapa Ninoy, adalah senator yang menjadi ikon upaya penggulingan kekuasaan diktator Ferdinand Marcos.

Tahun 1983, Ninoy Aquino dibunuh yang kemudian memicu gerakan revolusi People Power pada 1986. Gerakan itu lantas mengantarkan ibu Noynoy Aquino, Corazon Aquino, sebagai Presiden Filipina tahun 1986 sampai 1992.

Filipina pun berduka atas kepergian sang mantan presiden, terbukti dari dikibarkannya bendera setengah tiang di Gedung Senat di Manila pada hari Kamis. Senator Imee Marcos, yang merupakan anak dari Ferdinand Marcos, pun ikut mengungkap bela sungkawa atas kepergian Noynoy Aquino.

"Dia adalah pribadi yang baik dan sederhana. Dia akan dirindukan," kata Marcos.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait