Kun dan Xiaojun WayV Nyanyikan 'Back to You' dalam Bahasa Mandarin di Acara Musik Tuai Reaksi Keras
SM Entertainment
Musik

Netizen Korea mempermasalahkan fakta bahwa bahwa duo tersebut menyanyikan 'Back to You' tidak dalam bahasa Korea atau Inggris tetapi dalam bahasa Mandarin di sebuah acara musik Korea.

WowKeren - Kun dan Xiaojun WayV menarik perhatian saat mereka tampil di episode terbaru program musik "Show Champion" yang ditayangkan MB. Keduanya menyanyikan single baru mereka, "Back to You" sepenuhnya dalam bahasa Mandarin yang membuat netizen Korea heran.

Netizen Korea mempermasalahkan fakta bahwa duo tersebut menyanyikan "Back to You" tidak dalam bahasa Korea atau Inggris tetapi dalam bahasa Mandarin di sebuah acara musik Korea. Acara ini menyediakan lirik terjemahan sementara Kun dan Xiaojun bernyanyi dalam bahasa Mandarin.

WayV sendiri adalah grup idol Tiongkok bentukan SM Entertainment yang terdiri dari Kun, Winwin, Lucas, Xiaojun, Yangyang, dan Hendery yang tergabung dalam NCT. Member-member ini berasal dari Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, dan Makau.

Karena insiden baru-baru ini, netizen meninjau kembali saat-saat ketika member Tiongkok dari WayV dan NCT U tampil di acara musik Korea seperti KBS "Music Bank" serta SBS "The Show" dan bernyanyi sepenuhnya dalam bahasa Mandarin.


Netizen yang mengangkat isu tersebut menyatakan, "Grup idol Tiongkok WayV tampil di acara musik Korea dan bernyanyi dalam bahasa Mandarin. Grup Tiongkok ini tidak menunjukkan ketulusan atau upaya untuk menerjemahkan lagu tersebut. Dan, tentu saja, mereka dari SM."

Postingan ini telah dibagikan di berbagai komunitas online seperti Instiz, FM Korea, dan Theqoo sehingga menimbulkan reaksi keras dari netizen lainnya. Ada netizen yang mengkritik bahwa duo yang bernyanyi dalam bahasa Mandarin pada program musik Korea telah melewati batas karena perselisihan antara kedua negara berlanjut dengan Tiongkok yang melarang Korean Wave.

Netizen lain mempermasalahkan beberapa member yang dilaporkan bahkan mengunggah postingan untuk mendukung "One China." Netizen juga mengkritik stasiun siaran yang mengizinkan grup idol bernyanyi dalam bahasa Mandarin.

"Stasiun siaran Korea melarang lagu apa pun yang bahkan memiliki satu kata Jepang di dalamnya," komentar netizen "Aku kira aku salah dengar tapi aku tidak percaya mereka menyanyikan seluruh lagu dalam bahasa Mandarin," kata netizen lainnya. "Mereka menyukai uang Tiongkok," ujar netizen. "Apakah stasiun penyiaran gila?" imbuh yang lain.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts