Ditunda Hampir 2 Minggu, Pemerintah Akhirnya Akan Umumkan Kelulusan PPPK Guru Tahap I Besok
Instagram/kemenpanrb
Nasional
Seleksi CPNS dan PPPK 2021

Pemerintah akhirnya akan mengumumkan hasil seleksi PPPK Guru Tahap I pada Selasa (5/10) besok. Seperti yang diketahui, sebelumnya pemerintah telah menunda pengumuman tersebut.

WowKeren - Pengumuman hasil kelulusan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Tahap I yang seharusnya dilaksanakan pada 24 September lalu, tetapi ditunda oleh pemerintah. Setelah hampir dua minggu para peserta menunggu pengumuman, akhirnya, pemerintah bakal mengumumkannya dalam waktu dekat.

Adapun pengumuman hasil seleksi PPPK Guru Tahap I akan disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dan Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana pada Selasa (5/10) besok. Hal ini diungkapkan oleh Plt Karo Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek, Anang Ristanto.

Anang menuturkan bahwa pihaknya telah mengundang kepala dinas pendidikan provinsi, kabupaten, kota, seluruh Indonesia untuk mendengarkan pengumuman tersebut. "InsyaAllah, Selasa, 5 Oktober 2021 pukul 10.00 sampai 11.00 WIB akan diumumkan Mas Nadiem dan Kepala BKN secara daring," terang Anang kepada JPNN.com, Senin (4/10).


Anang menerangkan bhawa pengumuman itu dilakukan setelah Kemendikbudristek bersama BKN menyelenggarakan seleksi PPPK Guru Tahap I pada 13 hingga 17 September lalu. Sementara itu, Panselnas sendiri telah menyelesaiakan perhitungan tingkat kelulusan dan simulasi berdasarkan tingkat kelulusan tersebut dalam 4 hari sejak 1 Oktober.

Berdasarkan keterangan dari Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen setelah hasil diserahkan kepada Panselnas pada Senin (4/10) hari ini, untuk selanjutnya penetapan passing grade oleh MenPAN-RB Tjahjo Kumolo. Menurutnya, data kelulusan juga bisa langsung ditarik dari inbox hasil pengolahan sistem BKN.

Sebelumnya, Bima mengungkapkan ada afirmasi baru PPPK Guru 2021 yang akan ditetapkan pemerintah. Mengenai afirmasi seperti apa, ia mengatakan sulit dijelaskan matematikanya. Namun yang ditempuh adalah penurunan passing grade untuk guru honorer K2 dan non K2 di sekolah negeri berusia (peserta Tahap I) di atas 50 tahun dengan masa kerja di atas 3 tahun. Selain itu juga terdaftar di Dapodik maupun database BKN.

Di sisi lain, sebelumnya juga tersebar kabar bahwa pengumuman hasil seleksi PPPK Guru Tahap I akan disampaikan pada Senin (4/10) hari ini. Namun, semuanya telah dipastikan bahwa hasil seleksi PPPK Guru Tahap I bakal disampaikan pada Selasa (5/10) besok.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts