Gerakan Tari aespa di Teaser 'Savage' Mirip ITZY dan BLACKPINK, Ini Kata Koreografer
Twitter/aespa_official
Musik

Dalam teaser yang dirilis aespa, bagian dari melodi dan koreografi lagu terungkap. Koreografi 'Savage' sudah terlihat menarik, tapi gerakan tariannya telah mengundang kontroversi.

WowKeren - Pada 3 Oktober, SM Entertainment secara resmi merilis teaser MV untuk lagu utama comeback aespa yang akan datang, "Savage." Netizen menuduh koreografer grup mendaur ulang gerakan yang sudah ada.

Dalam teaser yang dirilis, bagian dari melodi dan koreografi lagu terungkap. Koreografi "Savage" sudah terlihat menarik, tapi gerakan tariannya telah mengundang kontroversi.

Banyak netizen dengan cepat menuduh koreografi Savage "meniru" gerakan dance dari BLACKPINK (Black Pink) "How You Like That" dan ITZY "Not Shy." Ini adalah dua lagu terkenal dari girl group YG dan JYP, jadi tidak sulit untuk melihat kesamaannya.

Namun koreografi dari tiga lagu ini semuanya dikerjakan oleh koreografer terkenal, Kiel Tutin. Oleh karena itu, penggemar mulai menunjukkan ketidakpuasan mereka dan mencurigai Kiel Tutin mendaur ulang gerakan tarian, bahkan memintanya untuk berhenti mengulangi kebiasaan ini.

Tak lama setelah itu, koreografer Kiel Tutin angkat bicara menanggapi kritik di Instagram story-nya. Ia tak terima dituduh mendaur ulang gerakan tari dari tiga grup yang semuanya populer.

Gerakan Tari aespa di Teaser \'Savage\' Mirip ITZY dan BLACKPINK, Ini Kata Koreografer

Source: Instagram


"Aku menghabiskan waktu dua kali lebih lama untuk memastikan agar tidak ada gerakan yang sama. Aku membuat banyak konsep kasar dan mengubah semua yang mungkin (memiliki kesamaan). Kamu bisa bertanya pada para penariku," tulis Kiel Tutin.

"Aku memang menggunakan gerakan ini untuk 'Not Shy,' tapi tidak untuk yang lain, lihat saja proses penggarapan koreografi 'How You Like That' di YouTube," lanjutnya di poin berbeda. Kiel Tutin juga menegaskan bahwa ia tidak bertanggung jawab atas hasil akhir dari koreografi yang digunakan.

Terakhir, Kiel Tutin menyatakan, "Tarian memiliki gerakan yang terbatas, dan ketika mereka mempekerjakan koreografer yang mencoba untuk memuaskan mesin K-Pop, ada banyak gerakan yang tumpang tindih, temukan sudut pandang yang baru, atau utus hidupmu sendiri."

Setelah melihat respons koreografer, netizen meninggalkan beragam komentar. "Sekarang koreografer sendiri sudah bicara, apakah masih ada yang menyebut ini plagiat?" komentar netizen. "Aku tidak tahu apakah itu mirip atau tidak, tapi perlu diingat bahwa penggemar BLACKPINK belum mengatakan apa-apa tentang ini," tambah netizen lain.

"Khas Kiel Tutin. Dia kehabisan ide dan terus mendaur ulang gerakan lama untuk memasukkannya ke dalam koreografi baru," tulis netizen. "Penari dapat memiliki gerakan tarian khas mereka. Itu seperti gerakan favorit mereka, jadi wajar jika mereka menggunakan gerakan yang sama dalam koreografi yang berbeda," sahut yang lain.

"Ini bukan plagiarisme, itu hanya koreografer yang sama. Tapi Kiel bertanggung jawab atas terlalu banyak koreografi K-Pop, jadi dia kehabisan ide. Aku telah melihat banyak grup dengan gerakan tarian yang sama," pungkas lainnya. Bagaimana menurut kalian?

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait