Facebook Instagam WhatsApp Akhirnya Kembali Normal, Ini Dugaan Penyebab Down Semalaman
Flickr/christiaancolen
Tekno

Layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak bisa diakses mulai Senin (4/10) malam. Hingga pada Selasa (5/10) pagi, ketiga sosial media tersebut kembali pulih.

WowKeren - Mark Zuckerberg mungkin dibuat benar-benar pening setelah tiga layanan sosial medianya, Facebook, Instagram, dan WhatsApp, secara bersamaan lumpuh untuk waktu yang lama. Di Indonesia, layanan ketiga aplikasi ini down sejak Senin (4/10) malam.

Namun akhirnya layanan Facebook dkk bisa kembali pulih setelah 9 jam lumpuh. Hal ini seperti dikonfirmasi Facebook di akun Twitter-nya, Selasa (5/10).

"Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf. Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami," tulis Facebook. "Dan dengan senang hati melaporkan bahwa mereka telah kembali online sekarang. Terima kasih telah menemani kami."

Hal senada juga disampaikan Instagram dan WhatsApp. Keduanya juga kompak mengabarkan layanan sosial media mereka sudah kembali pulih meski masih bertahap.


Namun sebenarnya, apa penyebab sampai raksasa sosial media sekelas Facebook dkk secara bersamaan mengalami lumpuh seperti ini? Bahkan sistem keamanan kantor mereka pun lumpuh lantaran tidak mengenali tanda pengenal para pegawai sehingga mereka tidak bisa masuk ke area perkantoran.

Chief Technology Officer Facebook, Mike Schroepfer pun menduga kelumpuhan sistem yang terjadi adalah akibat isu jaringan. "Permintaan maaf yang tulus kepada semua orang yang terkena dampak lumpuhnya layanan yang didukung Facebook saat ini. Kami mengalami masalah jaringan dan tim bekerja secepat mungkin untuk men-debug dan memulihkan secepat mungkin," cuit Schroepfer di Twitter-nya.

Meski belum dikonfirmasi, beredar dugaan down-nya layanan yang terjadi terkait dengan DNS, sebuah struktur yang membentuk infrastruktur situs. Dan masalah DNS ini sendiri sebelumnya juga sempat dialami platform komunikasi bisnis, yakni Slack, yang menyebabkan pengguna tidak bisa mengakses layanan yang dibutuhkan.

Instagram menunjukkan notifikasi "5xx server error" ketika layanannya tidak bisa diakses, menandakan adanya keterkaitan gangguan dengan server Facebook. Masalah serupa pun dialami layanan virtual reality Facebook, Oculus.

Direktur Analisis Internet di firma jaringan Kentik, Doug Madory, menyebut skala kelumpuhan yang dialami Facebook dkk benar-benar di luar perkiraan. "Saya rasanya tidak pernah melihat krisis seperti ini dari firma internet besar (seperti Facebook dkk)," tegasnya.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts