Mengapa Pengumuman Seleksi PPPK Guru Tahap I Ditunda Hingga 8 Oktober?
Nasional
Seleksi CPNS dan PPPK 2021

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Iwan Syahril menjelaskan bahwa pengumuman hasil seleksi memang sempat mengalami penundaan sesuai dengan kesepakatan bersama dengan Komisi X DPR RI.

WowKeren - Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru tahap I sempat diundur beberapa waktu. Sedianya diumumkan pada 24 September 2021 lalu, hasil Seleksi Kompetensi PPPK Guru tahap I baru akan diungkap Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada 8 Oktober 2021 mendatang.

Pengumuman hasil seleksi tersebut akan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Kemendikbud RI pada pukul 09.00 WIB. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Iwan Syahril menjelaskan bahwa pengumuman hasil seleksi memang sempat mengalami penundaan sesuai dengan kesepakatan bersama dengan Komisi X DPR RI. Menurutnya, penundaan ini bertujuan memberi waktu bagi Kemendikbudristek untuk berkoordinasi dengan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

"Pengumuman hasil seleksi memang sempat mengalami penundaan yang bertujuan memberi waktu bagi kami untuk berkoordinasi dengan Panselnas dalam rangka memperjuangkan guru honorer peserta seleksi guru ASN PPPK," jelas Iwan dalam keterangan tertulis, dikutip pada Selasa (5/10).

Selain itu, penundaan pengumuman juga disebut bertujuan untuk menjamin keadilan bagi guru honorer. Adapun hak peserta yang sudah lolos dalam Seleksi Kompetensi tahap I tetap dijamin oleh Kemendikbudristek.


"Kami tetap menjamin hak peserta yang sudah dinyatakan lolos formasi," ujar Iwan.

Lebih lanjut, Iwan menjelaskan bahwa Kemendikbudristek terus mendukung guru honorer. Mereka juga memastikan bahwa para guru tidak akan kesulitan dalam mengikuti Seleksi PPPK.

"Kami juga mengapresiasi kesabaran dan dedikasi para calon guru ASN PPPK dalam mengikuti tahapan seleksi," kata Iwan.

Sebagai informasi, pengumuman dilakukan setelah Kemendikbudristek bersama Panselnas/BKN telah melaksanakan seleksi PPPK Guru Tahap I pada 13 hingga 17 September lalu. Sementara Panselnas sendiri telah menyelesaikan perhitungan tingkat kelulusan dan simulasi tersebut dalam 3 hari sejak 1 Oktober.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts