Gubernur Jabar Ridwan Kamil Pertimbangkan Gabung Ke Parpol, Bakal Maju Pilpres 2024?
Twitter/ridwankamil
Nasional

Pemilu atau Pilpres masih akan dilaksanakan 3 tahun mendatang. Akan tetapi, pembahasan mengenai nama-nama tokoh yang digadang-gadang bakal maju Pilpres 2024 sudah mulai terdengar.

WowKeren - Pemilihan Presiden (Pilpres) masih akan diselenggarakan pada tahun 2024 mendatang. Namun telah banyak muncul nama-nama yang disebut bakal maju di Pilpres nanti. Tidak hanya itu, sejumlah partai politik (Parpol) juga mulai mencari sosok yang bakal dijadikan presiden.

Baru-baru ini Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mempertimbangkan untuk bergabung dengan salah satu Parpol. Hal ini diungkapkan oleh Ridwan saat menghadiri kegiatan lokakarya Nasional DPP PAN yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali.

"Memang selama dua kali Pilkada saya belum berpartai seperti nasihan dari ibu saya," terang Ridwan, Selasa (5/10). "Tapi selanjutnya apakah periode kedua gubernur lagi atau ada tawaran ke nasional, itu saya sudah istikharakan untuk akan berlabuh di salah satu partai."

Dalam acara tersebut, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini menuturkan bahwa ia masih memikirkan baik-baik akan berlabuh ke partai mana. Ia menyebut bahwa bisa saja memilih Partai Amanat Nasional (PAN) yang mengundangnya menjadi narasumber dalam acara tersebut.


"Terlalu jauh untuk disimpulkan sekarang, tapi kalau auranya bagus, seperti tadi ya membesarkan hati, kira-kira begitu bahwa jodoh tidak jodoh tidak sesederhana penglihatan seperti sekarang," papar Kang Emil. "Nanti tunggu di detik-detik akhir."

Lebih lanjut, Kang Emil menuturkan bahwa pada beberapa bulan terakhir, ia telah berkomunikasi dengan sejumlah Parpol. Di antaranya adalah pimpinan Parpol Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Golkar Airlangga Hartarto, dan PAN Zulkifli Hasan. "Semua partai sudah ketemu dan semua membicarakan kerja sama pembangunan Indonesia lewat Jabar, mungkin relevannya terkait 2024 itu nanti pada 2022 baru mulai agak panas," imbuhnya.

Disinggung mengenai persiapannya dalam maju ke Pilpres 2024, Kang Emil menyebut bahwa tidak ada tim khusus. Ditambah lagi, hingga saat ini Kang Emil belum menjadi anggota partai manapun.

Meski demikian, Kang Emil menerangkan bahwa ia tetap terbuka dengan parpol manapun, termasuk PAN jika didorong maju sebagai calon di pemilu mendatang. Menurutnya, masih terlalu dini untuk membicarakannya sekarang, maka dari itu, ia masih menunggu dinamika politik yang berkembang.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts