Get Healthy : Tiktokers Ini Berbagi Tips Menu Diet Mudah dan Murah, Cocok Untuk Anak Kos!
Instagram/netaoktv
Health
Get Healthy

Kesulitan terbesar anak kos yang sedang diet adalah mengatur menu makanan. Dianggap ribet dan mahal, namun Neta berhasil membuat makanan diet yang mudah dan murah. Ini dia rahasianya.

WowKeren - Bagi beberapa orang, diet menjadi hal yang sangat sulit dilakukan. Apalagi jika diet dilakukan di kos yang dekat dengan akses camilan dan makanan cepat saji. Hal ini tentu saja membuat anak kos kesulitan untuk mengatur pola makan sehat. Akibatnya, banyak anak kos mengurungkan niatnya untuk diet.

Selain itu, sebagian anak kos juga menganggap bahwa menu makanan diet itu hambar dan mahal. Padahal, makanan diet juga bisa dibuat enak dan murah. Seperti yang dilakukan oleh Neta Oktavia, pemilik akun TikTok healthyhacks. Wanita berusia 23 tahun ini berhasil membuat menu-menu diet yang enak, murah, serta mudah. Saking mudahnya, Neta menyebut bahwa menunya ini bisa diaplikasikan oleh para anak kos yang suka mager.



Photo-INFO

Dokumentasi Neta

Berkat hobi dan pengalaman memasaknya selama kuliah, Neta paham betul apa yang menjadi kendala anak kos. Mulai dari tidak punya banyak waktu hingga kesalahan menyimpan bahan makanan. Dua hal inilah yang kadang membuat anak kos merasa bahwa menyiapkan makanan diet itu ribet. Padahal menurut Neta, menyiapkan dan menyimpan makanan adalah hal yang praktis jika sudah mengetahui caranya.

Kepada WowKeren untuk rubrik Get Healthy, Neta berbagi tips seputar cara mengolah menu makanan diet yang mudah namun tetap murah. Penasaran seperti apa saja? Simak penuturan Neta berikut ini.

(wk/yoan)

1. Ganti Dengan Bahan Makanan Rendah Kalori


Ganti Dengan Bahan Makanan Rendah Kalori
pexels/Cats Coming

Makanan cepat saji adalah godaan yang paling sering dialami oleh anak kos. Penyajian yang praktis menjadi alasannya sangat digemari. Namun, makanan ini tentu harus dihindari saat diet. Neta pun memilih untuk memasak sendiri dan mengganti bahan makanan yang rendah kalori.

"(Misalnya) ingin makan burger. Ternyata burger itu kalorinya lumayan gede. Sekitar 500-600 kalori per pieces. Makanya, dari situ itu aku suka ganti, biasanya dengan jamur yang lebih low kalori," ungkap Neta. "(Atau) ingin banget makan ayam geprek. Nah, ada resep ayam geprek dicampur dengan oat."

Mengganti isi burger dari daging menjadi jamur tentu saja dapat menghemat budget. Bagi anak kos, alternatif ini bisa digunakan jika nafsu makan tinggi namun sedang menjalani diet. Jadi, keinginan makan terpenuhi dan kalori yang masuk lebih sedikit.

2. Ganti Saus dan Bumbu Instan, Pakai Rempah Alami


Ganti Saus dan Bumbu Instan, Pakai Rempah Alami
pexels/Karolina Grabowska

Neta menyarankan untuk membeli rempah-rempah alami ketimbang menghabiskan budget berbelanja bumbu instan dan saus. Menurut Neta, kandungan gula dalam saus cukup tinggi sehingga kandungan kalorinya lebih besar.

"Jadi bukan saus tomat, saus cabai, bukan. (Tapi) kayak bahan rempah-rempah alami. Bawang putih dan merah bubuk, coriander (ketumbar), dan basil. Banyak juga rempah-rempah sekarang itu dibikin praktis," ujar Neta. "Hanya rempah-rempah kayak gitu saja sudah enak banget."

Selain menghemat budget, mengganti saus dengan rempah alami juga membuat makanan lebih sehat. Rempah alami yang ditumis dengan sedikit minyak juga membuat makanan lebih enak.

"Jadi sebenarnya lucu (ketika) banyak (orang) makan yang cuma rebus-rebusan saja," lanjut Neta. "Minyak itu tidak jahat, yang paling jahat itu adalah ketika gula yang terlalu banyak sehingga menumpuk, terus menjadi lemak."

3. Perhatikan Cara Penyimpanan Makanan


Perhatikan Cara Penyimpanan Makanan
Dokumentasi Neta

Neta menyebut cara penyimpanan bahan makanan merupakan hal dasar yang harus dikuasai oleh anak kos. Pasalnya, cara penyimpanan yang salah akan membuat bahan makanan lebih cepat busuk. Akibatnya, budget belanja akan terbuang sia-sia dan harus menyisihkan waktu lagi untuk belanja.

"Banyak dari kita yang enggak tahu cara mengelola bahan-bahannya. Sehingga, anak kos itu keburu malas. Bahan-bahannya (bisa) cepat busuk karena mereka salah penyimpanan atau pembelian," jelas Neta. "Malah lebih boros masak kayak gitu."

Neta menjelaskan bahwa bahan makanan bisa bertahan 3-5 hari asal disimpan dengan benar. Jadi, selama itu anak kos bisa menghemat waktu dan budget makannya.

"Sayur-sayuran itu jangan dibiarkan dimasukkan saja di kulkas. Jadi, harus kita plastikin. Lebih bagus lagi kita tambahkan koran," terang Neta. "Ayam-ayaman yang cepet baunya itu harus benar-benar di freezer. Beli langsung cuci."

4. Selektif Memilih Sayur-sayuran


Selektif Memilih Sayur-sayuran
pexels/Suzy Hazelwood

Bagi anak kos yang tidak menyediakan kulkas di tempat kosnya, jangan khawatir. Meski sulit jika tidak ada kulkas, bukan berarti tidak ada jalan keluar. Karena itu, anak kos harus pintar-pintar memilih bahan makanan agar bisa awet dan tidak cepat busuk.

"Pilihlah sayur-sayuran yang memiliki tenggang waktu cukup lama. Atau memiliki kandungan air yang lebih sedikit. (Seperti) wortel, baby corn, kol, atau kembang kol," saran Neta. "Kalau kita tambahkan buah-buahan, pilih yang setengah matang, setengah enggak (mentah). Jadi, jangan semuanya matang."

Dengan trik memilih bahan makanan seperti yang disarankan Neta, anak kos bisa menyimpan makanan lebih lama meski tidak mempunyai kulkas. Buah yang dibeli pun matang secara bertahap sehingga tidak cepat busuk. Jika tidak punya waktu cukup untuk belanja, membeli makanan di luar pun tidak menjadi masalah.

"Lauknya kita bisa beli, nasinya pakai oat, terus kacang-kacangan, kita sangrai kacang," lanjut Neta. "(Atau) kalau di warteg (pilih) sayur-sayurannya. Kurangin nasi dan banyakin proteinnya."

5. Perhatikan Pilihan Menu Makan Saat Nongkrong


Perhatikan Pilihan Menu Makan Saat Nongkrong
pexels/Lina Kivaka

Kehidupan anak kos tentu saja tidak lepas dari nongkrong di kafe bersama teman-teman. Bagi yang sedang diet, nongkrong di kafe adalah godaan terbesar. Pasalnya, menu yang tersedia biasanya makanan yang dihindari ketika diet. Neta mengungkapkan, sesekali jajan makanan di luar itu juga tidak masalah. Selama porsinya tidak berlebihan dan tetap defisit kalori.

"Jadi sebenarnya enggak apa-apa untuk menikmati hidup biar enggak stres-stres amat. Makan yang manis-manis itu boleh banget. Kalau kita ingin makan yang manis-manis, berarti kita hilangkan di sisi minumnya. Minumnya air putih saja," jelas Neta. "Atau ingin minum cokelat, berarti makan camilannya jangan berlebihan. Satu, dua suap saja. (Karena) yang paling penting itu kalorinya."

6. Rencanakan Menu Makanan Diet Lebih Awal


Rencanakan Menu Makanan Diet Lebih Awal
pexels/Vegan Liftz

Merencanakan menu makanan diet lebih awal akan menghemat banyak waktu ketika mengolahnya. Untuk anak kos yang sering mengeluh tidak punya waktu untuk memasak, Neta menyarankan paling tidak sudah merencanakan menu pada malam hari sebelum masak di pagi harinya.

"Kita harus tahu mau masak apa. Minimal, malemnya kita harus tahu bahan-bahan yang dibutuhkan," ungkap Neta. "(Kalau spontan) bingung gitu mau masak apa, bahannya enggak ada. Itu bakal ribet banget. Kita juga harus bisa paham food preparation kalau memang enggak punya banyak waktu."

Hal ini tentu saja tidak sulit dilakukan jika kita sudah mempersiapkan bahan makanan sebelumnya. Dengan rekomendasi sayur pilihan Neta yang tahan lama, kita bisa menyulapnya menjadi menu makanan dalam waktu singkat.

"Saya tahu kalian di ruangan sempit berjuang untuk diet, tapi bingung dari mana. Olahraga mager, masak mager. Cuma yang paling harus ditekankan, kalau enggak kita sendiri yang mengubah, tidak ada yang bisa mengubah. Kalau bukan sekarang kapan lagi? Kalau bukan kita siapa lagi?" pesan Neta.

7. Rekomendasi Menu Diet Anak Kos Paling Mudah Dan Murah Ala Neta


Rekomendasi Menu Diet Anak Kos Paling Mudah Dan Murah Ala Neta
pexels/Taryn Elliott

Neta merekomendasikan beberapa menu paling mudah dan murah. Rekomendasi ini bisa digunakan bagi anak kos yang tidak punya banyak waktu untuk memasak. Tidak hanya murah dan mudah, Neta juga memperhitungkan kandungan nutrisi makanan.

"Rekomendasi saya itu, bubur oat. Itu rekomendasi paling oke. Karena sudah ada semuanya. Protein ada, karbohidrat ada, terus dia mengenyangkan. Lima menit juga jadi," ujar Neta. "Terus kalau kita ingin tambahkan proteinnya, tinggal rebus telur."

Selain bubur oat, makanan mudah selanjutnya adalah kol gulung dengan isi tahu. Makanan ini mirip dengan lumpia. Namun, kulit lumpia diganti dengan kol. Resep ini cukup mudah diaplikasikan dan tentunya cocok untuk kantong anak kos.

"Kayak yang pernah viral itu kol gulung yang di dalamnya ditambahkan tahu, atau enggak, ayam. Jadi, luarnya itu (biasanya) kita membungkusnya pakai (kulit) lumpia, tapi ini pakai kol," pungkas Neta.

You can share this post!