BTS Dianggap Aset Negara, Netizen Larang Pemerintah Kirim Jin dkk ke Militer
Twitter/bts_bighit
Selebriti

Dengan sejarah yang ditorehkan BTS baru-baru ini, netizen kembali menuntut agar ketujuh member grup besutan HYBE itu dibebaskan dari militer karena mereka adalah aset negara.

WowKeren - BTS (Bangtan Boys) belum menunaikan kewajiban mereka sebagai warga negara Korea Selatan, yakni masuk wajib militer. Namun netizen kembali menuntut agar ketujuh member grup besutan HYBE itu dibebaskan dari militer karena mereka adalah aset negara.

Pada 22 November KST, BTS menghadiri American Music Awards (AMA) 2021 dengan tiga nominasi penghargaan dan dua penampilan. Grup asal Korea Selatan ini membawa pulang ketiga penghargaan termasuk Favorite Pop Duo or Group, Favorite Pop Song, dan Artist of the Year.

Untuk kategori Artist of the Year (Daesang), BTS berhasil mengalahkan artis-artis ternama seperti Taylor Swift, Ariana Grande, Drake, Olivia Rodrigo dan The Weeknd. Mereka pun menjadi artis Asia pertama dan satu-satunya yang memenangkan penghargaan Artist of the Year di AMA.

Sejarah yang ditorehkan BTS di Amerika ini mengundang beragam komentar dari netizen. Sebagai kebanggaan Korea Selatan, para member BTS disebut sangat layak mendapatkan pembebaskan militer.


Beberapa bahkan frustrasi pada pemerintah karena belum merilis apapun tentang urusan wamil BTS. Padahal Jin harus segera menunaikan kewajibannya sebagai pria Korea, meski belum pengumuman apapun dari HYBE.

"Ini benar-benar diskriminasi. Mereka telah melakukan lebih banyak untuk negara ini daripada 10 ribu medali emas. Saatnya untuk memberi mereka pembebasan militer," komentar netizen. "Pernahkah ada contoh yang lebih besar dalam membawa kehormatan bagi negara kita selain ini? Mereka layak mendapatkan pembebasan," tambah netizen lain.

"Ada pemain bisbol, pemain sepak bola yang kami bahkan tidak tahu namanya yang diberikan pengecualian grup hanya untuk satu orang yang berprestasi. BTS membutuhkan semua member grup mereka. Bagaimana jika mereka terluka saat bertugas? Dapatkah kalian membayangkan dampak yang akan terjadi pada imej Korea? Mereka tidak boleh wamil. Aku tidak bisa mengirim Kim Seokjin ke militer," tulis netizen.

"Aku sendiri seorang pria tapi mereka tidak perlu melayani. Biarkan saja mereka mendapatkan pelatihan dasar dan pergi setelahnya. Mereka adalah aset negara dan bagian dari budaya kita sendiri," sahut yang lain. "Kita tidak pernah memiliki sesuatu yang sebesar BTS yang telah melakukan banyak hal untuk budaya pop Korea. Jangan kirim mereka ke militer," pungkas lainnya.

(wk/chus)


You can share this post!


Related Posts