Lahirkan Konten <i>Epic</i> Hanya dari Ponsel
YouTube/Jalan Sugik
Selebriti

Derasnya arus dunia kreator membuat algoritma YouTube jadi kian dinamis. Meski demikian, Sugik Ratno mampu menaklukkannya. Lewat konten, ia justru beberkan trik-trik rahasia YouTube. Seperti apa kisah selengkapnya?

WowKeren - Alih-alih menggunakan kamera, Sugik mengungkapkan bahwa seluruh kontennya diproduksi hanya menggunakan ponsel. Tak hanya pengambilan gambar, proses editing pun ia lakukan dengan menggunakan aplikasi di ponsel. Dari pengalamannya, ia ingin menyampaikan pada para YouTuber pemula bahwa hasil yang luar biasa juga bisa didapatkan lewat hal-hal yang sederhana.

"Awal YouTube itu orang pikir saya ada studio dan pakai laptop. Padahal, awal mula saya tidak ada peralatan. Saya hanya menggunakan handphone yang RAM-nya cuma 800 mb karena tidak mengerti dan tidak punya laptop. Saya fokus editing video pakai aplikasi Kinemaster di android. Mengisi suara dan upload semuanya dari handphone. Jadi memang saya melakukan semuanya pakai handphone. Memang sudah jadi motto saya, YouTuber handphone," ujar Sugik menjelaskan.

Menggunakan ponsel sebagai ujung tombak pembuatan konten membuat Sugik kerap mengalami kendala mulai dari file yang rusak hingga ponsel yang tiba-tiba restart. Meski demikian, hal ini tidak menjadi penghalang bagi Sugik untuk bisa sukses monetisasi channel YouTube-nya.

"Channel saya baru bisa monetisasi di awal 2019, satu tahun setelah dibuat. Sebenarnya di pertengahan 2018 sudah memenuhi syarat, tapi waktu saya daftarkan, ditolak," jelas Sugik. "Channel YouTube itu bisa dimonetisasi setelah memiliki 1000 subscribers dan yang pasti videonya tidak melanggar pedoman YouTube. Walaupun sudah dimonetisasi, tapi jika melakukan kesalahan, bisa dibatalkan. Kalau sudah begitu, kita bisa mengajukan (monetisasi) lagi setelah satu bulan."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel