A$AP Rocky Profile
A$AP Rocky Profile Photo

A$AP Rocky

Profesi
Rapper
Nama Asli
Rakim Mayers
Tgl Lahir
Oct 3, 1988
Lahir di
Harlem, New York, AS
Profesi
Rapper
Populer
Merilis debut mixtape "LiveLoveA$AP" (2011)
Tempat Lahir
Harlem, New York, AS
Kewarganegaraan
Amerika Serikat
Kekasih
Iggy Azalea (penyanyi/model, mantan), Chanel Iman (model, bertunangan, mantan), Kendall Jenner (model), Rihanna (penyanyi)
Populer Sejak
Merilis debut mixtape "LiveLoveA$AP" (2011)

Rakim Mayers atau yang lebih dikenal dengan nama panggung A$AP Rocky adalah seorang rapper berkebangsaan Amerika. Rocky mulai mendalami rap saat ia masih berumur 8 tahun dengan diajari oleh sang kakak, Ricky. Namun sayang saat Rocky berusia 13 tahun, Ricky tewas terbunuh di kampung halamannya, Harlem. Kematian sang kakak membuat rapper kelahiran 3 Oktober 1988 itu semakin termotivasi untuk terus berkarya di dunia rap.

Beranjak remaja, Rocky bergabung dengan A$AP (dibaca ASAP) Mob Crew di tahun 2007. A$AP Mob Crew dikenal sebagai komunitas di Harlem tempat berkumpulnya para seniman (rapper, sutradara musik video dan perancang busana) yang berminat terjun di dunia musik. ASAP sendiri berasal dari akronim "Always Strive And Proper" yang berarti selalu berjuang dan menghasilkan sesuatu yang baik.

Selama berada di bawah bimbingan ASAP Mob Crew, Rocky telah merilis beberapa lagu mixtape "Deep Purple" (2011). Salah seorang fansnya di Paris lalu mengumpulkan lagu-lagu tersebut dan mengunggahnya ke Youtube. "Deep Purple" berisi 7 lagu diantaranya "Grown Up" dan "Purple Swag".

Rocky kemudian beralih ke solo karir. Single "Peso" yang rencananya menjadi debut solo Rocky, bocor secara online pada Agustus 2011. Lagu tersebut diputar beberapa minggu oleh stasiun radio di New York. Tak mau kecolongan lagi, Rocky segera merilis video klip untuk lagu terbarunya yang berjudul "Purple Swag" dan merilis album mixtape "Live.Love.ASAP" (2011. Sejumlah label langsung tertarik dengan Rocky bekarta album tersebut. Ia kemudian menandatangani kontrak senilai USD 3 juta (Rp 30 miliar) dengan label Polo Grounds dan RCA. Uang tersebut sebagian dipakai untuk menyiapkan karir solo dan sisanya untuk mendirikan label musiknya sendiri, ASAP Records.

Karir Rocky semakin melejit saat diminta Rihanna untuk berduet dalam lagu "Cockiness (Love It)". Kolaborasi itu dihadirkan untuk memeriahkan ajang MTV Video Music Awards 2012. Rocky juga menggandeng Rihanna sebagai bintang di video musik lagu "Fashion Killa".

"Dia adalah 'Fashion Killa' di mataku. Aku menghargai selera busananya, karena itulah aku memintanya menjadi model di sini," tutur Rocky menjelaskan. "Ini tentang karya seni. Keseluruhan video ini didasarkan pada karya seni."

Rapper yang pernah menjalin kasih dengan Iggy Azalea (2011-2012) tersebut juga populer lewat single "F**kin' Problems" featuring Drake. Single itu mengantarkan Rocky meraih penghargaan Best Collaboration di BET Awards 2013 dan Best Hip-Hop Video di MTV Video Music Awards Japan 2013.

Meski menuai sukses, Rocky pernah terlibat kasus hukum. Salah satunya yakni Juli 2012. Ketika itu, Rocky ditangkap karena memukul seorang pria di toko pakaian di New York dan menyerang dua fotografer yang mendokumentasikan pemukulan tersebut. Konflik bermula setelah pria bernama Shenick Alcine tersebut mendapati Rocky sedang mengkonsumsi obat terlarang di dalam toko. Akhirnya pertikaian pun terjadi. Beberapa bulan sesudahnya, Rocky membuat kesepakatan dengan mengaku bersalah dan membayar denda sehingga dakwaan terhadapnya bisa dicabut.