AKB48 Profile
AKB48 Profile Photo

AKB48

Profesi
Grup vokal wanita
Tgl Lahir
Dec 7, 2005
Lahir di
Akihabara, Tokyo, Jepang
Profesi
Grup vokal wanita
Populer
Merilis single "Sakura no Shiori" (2010)
Tempat Lahir
Akihabara, Tokyo, Jepang
Kewarganegaraan
Jepang
Populer Sejak
Merilis single "Sakura no Shiori" (2010)

AKB48 merupakan sebuah grup idola asal Jepang bentukan Yasushi Akimoto tahun 2005. Konsep grup ini seperti sekolah dimana para member akan ditraining, tampil hingga lulus. Selain itu AKB48 hadir dengan konsep unik yakni idola yang bisa kalian temui setiap hari. Mereka mengadakan penampilan eksklusif setiap harinya di teater Akihabara.

AKB48 terdiri dari 4 team yakni Team A, Team K, Team B dan Team 4. Mulanya Yasushi mengadakan sebuah audisi yang diikuti oleh 7.924 gadis. Dari berbagai serangkaian audisi terpilihlah 24 member. 20 member kemudian masuk ke dalam Team A dan debut pada 8 Desember di teater AKB48.

Yasushi lalu kembali mengadakan audisi untuk mencari kandidat team K. Dari 11.892 partisipan yang ikut, terpilihlah 19 orang untuk bergabung bersama team K.

AKB48 mengeluarkan single debut mereka pada Februari 2006 dengan "Sakura no Hanabiratachi". Lagu tersebut sukses menembus TOP 10 oricon Weekly charts. Dengan konsep yang unik, popularitas AKB48 meroket setiap tahunnya dan menjadikannya sebagai idol grup terbesar di Jepang. Bahkan Guinness World Record memberi penghargaan sebagai rekor Grup pop terbesar sedunia.

Sepanjang karirnya AKB48 telah merilis lebih dari 30 single. Beberapa yang terkenal seperti "Heavy Rotation", "Beginner", "Give Me Five" sukses merajai berbagai chart di Jepang. Bahkan AKB48 berhasil 2 kali memenangkan Artist of the Year dalam ajang Billboard Japan Music Awards 2011-2012.

Tak hanya bernyanyi saja, para member AKB48 juga dituntut untuk serba bisa. Beberapa dari mereka kemudian terjun ke dunia akting dan variety show. Bahkan mereka mempunyai sebuah acara TV sendiri yaitu "AKBINGO!", "Weekly AKB", "Naruhodo Higshchool" dan lain-lain.

AKB48 juga mempunyai beberapa sister grup. Sister grup ini dibentuk berdasarkan wilayah tempat theater. Seperti SKE48 yang berbasis di Sakae, Nagoya lalu NMB48 di Namba, HKT48 di Hakata. Bahkan Yasushi Akimoto juga melebarkan konsep AKB48 sampai ke luar negeri, JKT48 (Jakarta, Indonesia), TPE48 (Taipei, Taiwan) dan SNH48 (Shanghai, China).

Dari sister grup tersebut, ada beberapa member AKB48 ditransfer dari grup ke grup lainnya. Seperti Haruka Nakagawa yang ditransfer ke JKT48 dan Sae Miyazawa ke SNH48. Selain itu ada beberapa juga yang memiliki posisi ganda di 2 grup, diantaranya Jurina Matsui di SKE48, Rena Nozawa di JKT48 dan Aki Takajo di JKT48.

AKB48 Lirik Lagu