BLACKPINK Profile
BLACKPINK Profile Photo

BLACKPINK

Profesi
Grup vokal wanita
Lahir di
Korea Selatan
Profesi
Grup vokal wanita
Populer
Debut perdana dari YG Entertainment (2016)
Tempat Lahir
Korea Selatan
Kewarganegaraan
Korea Selatan
Populer Sejak
Debut perdana dari YG Entertainment (2016)

BLACKPINK merupakan girl group asal Korea Selatan yang digawangi Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rose. Sebelum resmi debut sebagai BLACKPINK, girl group asuhan YG Entertainment ini memiliki nama lain, yaitu PINK PUNK. Ketika menjadi bintang tamu di acara radio pada 2017, BLACKPINK mengungkapkan alasan nama grup mereka diubah. Menurut mereka, nama BLACKPINK dibuat sendiri oleh CEO YG Entertainment saat itu, Yang Hyun Suk.

"Salah satu nama sementara kami adalah PINK PUNK, tapi dia (Yang Hyun Suk) membuat bagian 'Pink' lebih keren dan membuatnya menjadi BLACKPINK," ungkap mereka.

Dalam debut showcase BLACKPINK di MOSS Studio di Nonhyeon-dong, Seoul, Yang Hyun Suk mengatakan bahwa tampilan dan musik BLACKPINK paling mewakili gaya yang ingin dicapai oleh YG Entertainment. "Selama 20 tahun terakhir, kami telah mencoba untuk menjauh dari arus utama dengan lebih fokus pada keterampilan dan karisma, dibanding penampilan. Namun kali ini kami ingin memberikan bobot yang sama pada bakat dan penampilan," kata Yang Hyun Suk.

Keempat member BLACKPINK sendiri bukan merupakan wajah asing bagi para penggemar artis YG Entertainment. Saat masih menjadi trainee, Jennie sudah membintangi MV "That XX" milik G-Dragon BIGBANG pada 2012. Jennie juga sempat berduet dengan G-Dragon untuk membawakan lagu "Black" di acara musik "Inkigayo" pada 2013.

Sementara itu, Rose pernah ditampilkan dalam lagu G-Dragon yang berjudul "Without You" pada 2012. Sedangkan Lisa yang merupakan artis non-Korea pertama YG muncul dalam MV "Ringa Linga" milik Taeyang BIGBANG pada 2013.

Sama seperti Jennie dan Lisa, Jisoo pun sempat muncul di MV artis YG Entertainment lain sebelum debut. Member tertua BLACKPINK ini menunjukkan kemampuan aktingnya di MV "Spoiler & Happen Ending" milik Epik High pada 2014 dan MV "I'm Different" milik Hi Suhyun pada 2014.

BLACKPINK resmi debut pada 8 Agustus 2016 dengan single album perdana mereka, "Square One", yang berisi lagu "Boombayah" dan "Whistle". Dalam waktu kurang dari sehari, dua lagu debut BLACKPINK sukses mendominasi tangga lagu lokal hingga memuncaki tangga lagu negara lain seperti Finlandia, Indonesia, hingga Hong Kong.

"Boombayah" dan "Whistle" bahkan menduduki posisi 1 dan 2 di Billboard’s World Digital Songs, membuat BLACKPINK menjadi grup yang paling cepat memuncaki tangga lagu tersebut. Mereka juga memperoleh kemenangan music show pertamanya dengan "Whistle" di Inkigayo pada 21 Agustus 2016, hanya 13 hari setelah debut. Prestasi luar biasa dalam waktu singkat itu lantas membuat BLACKPINK dijuluki sebagai "monster rookie".

Popularitas BLACKPINK di kancah internasional semakin meledak ketika mereka merilis single "DDU-DU DDU-DU" dari mini album pertama yang bertajuk "SQUARE UP". MV "DDU-DU DDU-DU" yang dirilis pada 15 Juni 2018 menjadi video musik yang paling banyak ditonton dalam 24 jam tahun itu, dengan lebih dari 36,2 juta views. Angka tersebut melampaui MV "Fake Love" milik BTS yang ditonton 35,9 juta kali dalam 24 jam pertama.

"DDU-DU DDU-DU" juga menjadi single pertama BLACKPINK yang mampu menembus tangga lagu Billboard Hot 100 di posisi 55. Dengan pencapaian itu, BLACKPINK menjadi girl group K-Pop pertama yang muncul di tangga lagu Billboard Hot 100 setelah Wonder Girls menempati posisi 76 dengan single "Nobody" versi bahasa Inggris pada tahun 2009.

Dengan kesuksesan besar dan berbagai rekor baru, BLACKPINK merilis film dokumenter Netflix pertama mereka pada 2020. Disutradarai oleh Caroline Suh, kuartet tersebut menceritakan perjalanan karier mereka lewat "BLACKPINK: Light Up The Sky". Dokumenter tersebut menampilkan cuplikan video BLACKPINK yang belum pernah dilihat sebelumnya, serta cerita di balik layar dari kehidupan asrama dan acara di belakang panggung.

"Ini adalah pengalaman baru bagi kami untuk melihat masa lalu yang telah kami lupakan. Kami telah menunjukkan jalan glamor kami menuju ketenaran, tetapi kali ini, kami ingin mengabadikan kehidupan sehari-hari kami, dan saya pikir BLINK telah menunggu momen ini," ujar Jennie.

BLACKPINK kemudian merilis film layar lebar bertajuk "BLACKPINK The Movie" tahun lalu. Film yang awalnya dirilis dengan penayangan terbatas pada 4 Agustus 2021 itu melampaui 500.000 penonton bioskop di seluruh dunia. Per 18 Agustus 2021, "BLACKPINK The Movie" telah meraup USD 4,8 juta dari hampir 100 wilayah.

Di balik kesuksesannya yang luar biasa, BLACKPINK sempat beberapa kali terlibat dalam kontroversi. Kala merilis MV "How You Like That" pada 26 Juni 2020, BLACKPINK kembali memecahkan rekor sebagai artis dengan video YouTube yang paling banyak dilihat dalam 24 jam. Meski begitu, MV tersebut dituding mengeksploitasi agama Hindu sebagai estetika belaka karena salah satu adegan Lisa menunjukkan patung Dewa Ganesha sebagai properti. Selain itu, letak patung Dewa Ganesha yang ditaruh di lantai juga dikritik karena umat Hindu percaya patung dewa harus selalu ditempatkan di permukaan yang tinggi dan tidak boleh di lantai.

Banyak warganet memprotes adegan tersebut hingga tagar #YGApologize dan #Ganesha masuk dalam jajaran trending topic Twitter. Menyusul kritik tersebut, YG Entertainment akhirnya mengedit MV "How You Like That" tanpa mengunggah ulang video tersebut. Setelah 29 Juni 2020, Patung Ganesha yang dipersoalkan sudah tak tampak lagi di adegan Lisa.

Selain "How You Like That", salah satu adegan di MV "Lovesick Girls" yang dirilis BLACKPINK pada 2 Oktober 2020 juga menuai kritik. Kali ini, protes datang dari Serikat Pekerja Kesehatan dan Medis Korea yang menyoroti kostum perawat yang dipakai Jennie di MV tersebut. Serikat Pekerja Kesehatan dan Medis Korea menilai penggambaran seorang perawat yang mengenakan topi, rok ketat pendek, dan sepatu hak tinggi dalam MV itu berkontribusi pada stereotip yang menyimpang tentang perawat.

Tak lama kemudian, YG Entertainment mengumumkan keputusannya untuk mengedit semua adegan yang menampilkan Jennie dalam kostum perawat. Outfit Jennie dalam adegan tersebut lantas diganti menjadi oversize sweater dan thigh high boots. Meski menyatakan bahwa adegan tersebut tidak memiliki maksud khusus, YG Entertainment tetap menyampaikan permintaan maafnya kepada para perawat yang merasa tak nyaman dengan adegan itu.

"Kami menyampaikan permintaan maaf kami kepada para perawat yang merasa tidak nyaman, dan sekali lagi kami menyampaikan rasa hormat kami kepada semua petugas kesehatan yang bekerja keras demi kesehatan warga," tulis YG Entertainment dalam pernyataannya.

Adapun single "How You Like That" serta "Lovesick Girls" merupakan bagian dari studio album pertama BLACKPINK, "The Album", yang rilis pada 2 Oktober 2020. Setelah merilis "The Album", BLACKPINK tidak merilis karya baru alias comeback sebagai group selama hampir dua tahun. Meski begitu, para member BLACKPINK disibukkan dengan aktivitas solo mereka masing-masing.

Rose merilis single album solo perdananya, "R", yang berisi lagu "On The Ground" dan "Gone" pada 12 Maret 2021. Enam bulan kemudian, Lisa menyusul jejak Rose dengan merilis single album solo perdananya yang berisi lagu "Lalisa" dan "Money" pada 10 September 2021. Baik Rose maupun Lisa sama-sama menunjukkan prestasi mereka dengan memecahkan sejumlah rekor baru.

Berbeda dari member lainnya, aktivitas solo Jisoo tidak berhubungan dengan musik. Wanita kelahiran 3 Januari 1995 itu dipercaya sebagai pemeran utama wanita dalam serial drama JTBC yang berjudul "Snowdrop". Dalam serial drama yang tayang mulai 18 Desember 2021 hingga 30 Januari 2022 tersebut. Jisoo beradu akting dengan aktor tampan Jung Hae In.

Sementara itu, Jennie yang sudah lebih dulu merilis single solo perdananya pada tahun 2018 mengejutkan penggemar dengan keterlibatannya di proyek serial TV HBO yang bertajuk "The Idol". Penyanyi terkenal asal Amerika Serikat, The Weekend, menjadi co-creator serial TV yang dijadwalkan tayang tahun ini tersebut.

Pada 2022, Jennie, Jisoo, Rose, dan Lisa akhirnya siap kembali menyapa penggemar mereka sebagai BLACKPINK dengan studio album kedua mereka yang bertajuk "BORN PINK" dan juga tur dunia. Sebelum itu, BLACKPINK telah merilis single pra-rilis bertajuk "Pink Venom" pada 19 Agustus 2022 lalu. Lewat MV "Pink Venom", BLACKPINK lagi-lagi memecahkan rekor YouTube dan menjadi artis wanita dengan video musik yang paling banyak ditonton dalam 24 jam pertama dengan 90,4 juta views.

Dengan popularitas dan kesuksesan yang semakin besar di setiap comeback-nya, tak heran jika BLACKPINK disebut sebagai salah satu group terkaya di dunia K-Pop. Menurut laporan South China Morning Post, kekayaan bersih BLACKPINK tercatat mencapai USD 62 juta atau setara Rp 920,4 miliar per Agustus 2022.

Selama enam tahun berkarier di dunia musik, keempat member BLACKPINK juga menerima banyak endorsement yang menguntungkan. Mereka tercatat telah bekerja dengan banyak label high-end seperti Dior, Calvin Klein, Chanel, YSL, Celine, Bulgari, hingga Tiffany & Co. Girl group pelantun "Pretty Savage" itu bahkan dikabarkan memiliki asrama di Han River Bamseom Apartments, salah satu kompleks apartemen paling bergengsi di Seoul.

Di sisi lain, keempat member BLACKPINK juga kerap menunjukkan kedermawanannya dengan berdonasi. BLACKPINK masuk dalam jajaran selebriti Korea Selatan yang membantu para korban kebakaran hutan di Provinsi Gangwon pada 2019. Keempat member menyumbangkan masing-masing 10 juta won atau setara Rp 107,9 juta, sehingga total terkumpul 40 juta won atau setara Rp 431,6 juta.

Selain itu, BLACKPINK juga tak lagi menerima hadiah dari penggemar sejak 12 Oktober 2021. Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rose hanya akan menerima surat penggemar saja. Lewat kebijakan tersebut, BLACKPINK mendorong para penggemar mereka untuk memberikan hadiah dan dukungan ke tempat-tempat lain yang lebih membutuhkan.

Bukan hanya kesuksesan dan ketenaran, perjalanan BLACKPINK selama enam tahun di dunia musik juga diwarnai oleh jatuh bangun. Hal itulah yang membuat kisah Jennie, Jisoo, Rose, dan Lisa menjadi sangat menginspirasi. Jika ingin tahu lebih banyak informasi mengenai BLACKPINK, kalian bisa mencari berita terbaru di laman profilnya berikut ini!

Diskografi

Single Album/Digital Single

  1. "SQUARE ONE" (2016)
  2. "SQUARE TWO" (2016)
  3. "As If It's Your Last" (2017)
  4. "How You Like That" (2020, Pra-rilis)
  5. "Ice Cream (feat Selena Gomez)" (2020, Pra-rilis)
  6. "Pink Venom" (2022, Pra-rilis)

Mini Album

  1. "BLACKPINK – Japanese Version" (2017)
  2. "SQUARE UP" (2018)
  3. "Kill This Love" (2019)

Studio Album

  1. "BLACKPINK IN YOUR AREA – Japanese Version" (2018)
  2. "Kill This Love – Japanese Version" (2019)
  3. "The Album" (2020)
  4. "The Album – Japanese Version" (2021)
  5. "BORN PINK" (rilis 16 September 2022)

Kolaborasi

  1. "Kiss and Make Up" (bersama Dua Lipa) (2018)
  2. "Sour Candy" (bersama Lady Gaga) (2020)

Rilis Lain

  1. "So Hot (THEBLACKLABEL Remix)" (2017)
  2. "Ready For Love (BLACKPINK X PUBG MOBILE)" (2022)

Tur

  1. "Japan Budokan Debut Showcase" (2017)
  2. "BLACKPINK ARENA TOUR" (2018)
  3. "BLACKPINK WORLD TOUR [IN YOUR AREA]" (2018-2019)
  4. "BLACKPINK WORLD TOUR [IN YOUR AREA] JAPAN DOME TOUR" (2019-2020)
  5. "BLACKPINK LIVESTREAM CONCERT [THE SHOW]" (2021)
  6. "BLACKPINK BORN PINK WORLD TOUR" (Oktober 2022)

Filmografi

Film Dokumenter

  1. "BLACKPINK: Light Up the Sky" (2020)
  2. "BLACKPINK The Movie" (2021)

Reality Show

  1. "BLACKPINK House" (2018)
  2. "24/365 with BLACKPINK" (2020)

Penghargaan

Asia Artist Awards

  1. 2016: Rookie of the Year

Melon Music Awards

  1. 2016: Best New Artist
  2. 2018: Best Dance Award (Female), Top 10 Artist
  3. 2020: Best Dance Award (Female), Top 10 Artist

Mnet Asian Music Awards

  1. 2016: Best Music Video, Best Of Next Award (Female)
  2. 2018: Worldwide Fans’ Choice Top 10
  3. 2019: Worldwide Fans’ Choice Top 10
  4. 2020: Best Female Group, Worldwide Fans’ Choice Top 10, Dance Performance – Female Group, 2020 Visionary

Golden Disk Awards

  1. 2017: Rookie Award
  2. 2018: Digital Song Bonsang
  3. 2019: Digital Song Bonsang, Cosmopolitan Artist Award
  4. 2021: Album Bonsang, Digital Song Bonsang

Seoul Music Awards

  1. 2017: New Artist Award
  2. 2018: Bonsang

Gaon Chart Music Awards

  1. 2017: Artist of the Year (Digital Music Category – August/November), Rookie of the Year
  2. 2018: World New Artist Award
  3. 2019: Artist of the Year (Digital Music Category – June)
  4. 2021: Artist of the Year (Digital Music Category – June/October), Mubeat Global Choice Award, Social Hot Star of the Year

Busan One Asia Festival

  1. 2017: Style Icon Award

MTV Video Music Awards Japan

  1. 2018: Best Dance Video

MTV Video Music Awards

  1. 2020: Song of Summer
  2. 2022: Best Metaverse Performance

MTV Millenial Awards Brazil

  1. 2020: Best International Feature
  2. 2021: Global Hit

E! People's Choice Awards

  1. 2019: The Group of 2019, The Music Video of 2019, The Concer Tour of 2019

Spotify Awards

  1. 2020: Most Listened K-pop Artist (Female)

iHeartRADIO Music Awards

  1. 2020: Favorite Music Video Choreography

Trivia

  1. Jadi girl group kedua YG Entertainment setelah 2NE1
  2. Miyeon (G)-IDLE dirumorkan seharusnya debut bersama BLACKPINK
  3. Arti nama grup mengkontradiksi persepsi warna pink, meski pink digambarkan sebagai warna tercantik, cantik bukanlah segalanya. Sehingga BLACKPINK cantik tapi juga berbakat.
  4. Nama fandom BLACKPINK adalah BLINK, gabungan dari black (hitam) dan pink (merah muda)
  5. Nama BLINK pertama kali diumumkan BLACKPINK pada 14 Januari 2017
  6. Beda dari grup lainnya, BLACKPINK tidak punya leader
  7. Jadi girl group K-Pop pertama yang tampil di Coachella
  8. Jadi musisi dengan subscribers terbanyak di YouTube, capai 80,2 juta per 8 September 2022
  9. "DDU-DU DDU-DU" jadi MV grup K-Pop yang paling banyak ditonton, dengan 1,9 miliar views per 8 September 2022
  10. Jadi artis Asia pertama yang ditunjuk sebagai duta SDG (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) PBB pada 17 September 2021
  11. Member BLACKPINK membantu desain lightstick resmi mereka yang bernama "BI-Ping-Bong"
  12. Jennie disebut paling jago memasak dan bahkan dijuluki "Jennie Ramsey" oleh member BLACKPINK
  13. Jisoo hobi beri julukan unik untuk member BLACKPINK dan orang lain
  14. Ayah Rose adalah orang yang menyarankannya untuk ikut audisi YG Entertainment
  15. Ayah tiri Lisa adalah seorang chef terkenal
  16. Dalam satu kesempatan, Lisa dan Rose ngaku sama-sama naksir aktor Gong Yoo
  17. Semua member BLACKPINK punya hewan peliharaan, mulai dari ikan hingga anjing
  18. Member BLACKPINK berteman dengan para member TWICE dan sering memamerkan kedekatan mereka

BLACKPINK Lirik Lagu