Don Cheadle Profile
Don Cheadle Profile Photo

Don Cheadle

Profesi
Aktor
Nama Asli
Donald Frank Cheadle, Jr.
Tgl Lahir
Nov 29, 1964
Lahir di
Kansas City, Missouri, AS
Profesi
Aktor
Populer
Berperan sebagai D.A. John Littleton di serial TV "Picket Fences" (1993-1995)
Tempat Lahir
Kansas City, Missouri, AS
Tinggi Badan
174
Kewarganegaraan
Amerika
Warna Rambut
Hitam
Warna Mata
Hitam
Ayah
Donald Frank Cheadle Sr.
Pekerjaan Ayah
Psikolog anak
Ibu
Betty Cheadle
Pekerjaan Ibu
Manajer bank, guru psikologi
Pendidikan
  • Lulus dari California Institute of the Arts, Valencia, CA dengan Gelar BA di Fine Arts tahun 1986
Saudara
Colin Cheadle (aktor), Andrew Kilbourne (saudara tiri), Cindy Cheadle (guru)
Kekasih
Bridgid Coulter (aktris)
Anak-anak
Ayana Tai (lahir 1995), Imani (lahir 1997)
Populer Sejak
Berperan sebagai D.A. John Littleton di serial TV "Picket Fences" (1993-1995)

Donald Frank, Jr. alias Don Cheadle lahir di Kansas City, Missouri pada 29 November 1964. Dia adalah putra pasangan Donald Frank Cheadle, Sr. yang bekerja sebagai psikolog anak dan Bettye North yang berprofesi manajer bank dan guru psikologi. Don memiliki dua saudara yakni Dawn dan Colin.

Ketertarikan Don pada akting dimulai ketika mendapat peran sebagai tikus bernama Templeton dalam drama kisah "Charlotte's Web" yang ditampilkan di sekolahnya. Saat itu Don selalu membawa dan membaca naskah drama itu kemanapun dia pergi. "Saya tidak tahu kenapa (membawa naskah drama), tetapi saya merasa serius untuk terus berakting," tutur Don, sebagaimana dilansir answer.com.

Beranjak dewasa, Don kerap tampil di pertunjukan drama SMUnya. Menyadari minatnya yang semakin besar, Don memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di California Institute of the Arts, Los Angeles. Di institut tersebut, Don akhirnya semakin membulatkan tekad untuk menjalani profesi sebagai aktor.

Karir Don sebagai aktor dimulai saat dia membintangi drama TV legendaris "Fame" (1982). Dua tahun kemudian Don mendapat kesempatan untuk bermain film layar lebar, "3 Days" (1984). Kemampuan aktingnya mulai dikenal saat Don berperan sebagai sahabat Will Smith di serial TV "The Fresh Prince of Bel-Air" (1990). Dalam perjalanan karirnya, Don merupakan pemikir yang sangat menikmati berbagai peran yang pernah dimainkannya. Adapun kepiawaiannya berakting dapat disaksikan diantaranya di film "Volcano" (1997), "Boogie Nights" (1997), "Traffic" (2000), "Ocean's Twelve", "Hotel Rwanda, "Traitor" dan "Brooklyn Finest".

Tahun 2010, Don tampil membintangi sekuel film adaptasi dari komik Marvel berjudul sama, "Iron Man 2". Dalam film superhero tersebut, Don berperan sebagai Kolonel James 'Rhodey' Rhodes/War Machine, sahabat Tony Stark/Iron Man (Robert Downey Jr.), yang sebelumnya diperankan aktor Terrence Howard di film "Iron Man". Kemampuan Don menghidupkan karakter Rhodey dapat disaksikan di film superhero yang akan tayang 2012 mendatang "The Avengers".

Di kehidupan pribadi, aktor yang kini berusia 45 tahun ini adalah figur pria yang setia dan sangat menyayangi anak-anaknya. Don memiliki kekasih bernama Bridgid Coulter. Dari hubungan asmara tersebut, Don dan Bridgid dikaruniai dua putri yakni Ayana Tai (lahir 1995) dan Imani (lahir 1997). Saat ini, Don dan keluarganya bertempat tinggal di Santa Monica, California.