Guntur Bumi Profile
Guntur Bumi Profile Photo

Guntur Bumi

Profesi
Penceramah, atlet penembak, penyanyi
Nama Asli
Muhammad Susilo Wibowo
Tgl Lahir
Feb 17, 1982
Lahir di
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Profesi
Penceramah, atlet penembak, penyanyi
Populer
Tergabung dalam acara reality show "Pemburu Hantu" (2006)
Tempat Lahir
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Suami/Istri
Puput Melati (penyanyi/aktris, 2011 - 21-Feb-14, proses rujuk)
Anak-anak
Argia Lufen Atalia Wibowo (laki-laki, tiri), Azzahra Assyila Rahma (perempuan, 01-Jun-12), Ahmad Nabil Almer Guntur Bumi Al-Qurtubi (laki-laki, L. 02-Jun-13)
Populer Sejak
Tergabung dalam acara reality show "Pemburu Hantu" (2006)

Muhammad Susilo Wibowo atau yang akrab disapa dengan Ustad Guntur Bumi (UGB) merupakan salah satu dai kondang Indonesia. Masa kecil UGB dihabiskan dengan mengenyam pendidikan Islam di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur milik almarhum KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur. Dari sanalah ia mendapat berbagai ilmu salah satunya pengobatan alternatif.

Wajah UGB mulai menghiasi layar kaca TV Indonesia ketika bergabung dengan sebuah program acara bernama "Pemburu Hantu" (2004) yang kala itu disiarkan di Lativi (sekarang menjadi TV One). Dalam acara tersebut, ia menjadi salah satu anggota termuda dalam tim yang mencoba mencari beberapa hantu lalu dimasukkan ke dalam botol. Kemampuan UGB yang tak biasa tersebut tentunya mengundang decak kagum dari masyarakat. Puncaknya adalah saat ia dikabarkan berhasil menemukan Buaya Putih di Muara Sungai Pleret Semarang.

Namun sayangnya, UGB memilih untuk keluar dari tim pemburu hantu. Diakuinya saat itu ia mendapat masukan dari Ustad Jeffry Al Buchori atau Uje untuk berdakwah.

"Almarhum ustad Uje adalah orang yang membujuk saya ke dunia dakwah," ungkap UGB. "Awalnya saya dari pemburu hantu, namun dia yang menuntun saya untuk berdakwah."

Mengikuti saran Uje, UGB kemudian memutuskan untuk berdakwah di kampung halamannya, Semarang, sembari membuka pengobatan alternatif. Salah satu metode penyembuhan dan dakwah milik UGB yang paling terkenal adalah ruqyah syariah dimana ia memanjatkan doa kepada ribuan jemaah yang sakit sehingga bisa sembuh atas pertolongan Allah. Sejak saat itu banyak orang yang percaya akan kemampuan UGB termasuk dalam hal mengobati berbagai macam penyakit. Tak hanya penyakit fisik, namun berbagai gangguan lain seperti jin jahat maupun santet juga dikabarkan mampu disembuhkan oleh UGB.

Dalam perjalanan karirnya sebagai pendakwah, UGB sempat beberapa kali tersandung masalah. Masalah yang cukup besar adalah ketika ia dituduh menipu pasien-pasiennya, awal 2014. Kejadian ini bermula ketika salah seorang pasiennya bernama Hans Yuta melapor ke MUI setelah ibu dan neneknya tak kunjung sembuh meski sudah mengikuti pengobatan UGB. Bahkan saat itu Hans sudah menyerahkan berbagai harta seperti emas dan kerbau sebagai mahar. Sejak saat itu mulai bermunculan pasien-pasien lainnya yang juga mengaku telah tertipu dengan metode pengobatan UGB yang dinilai terlalu komersil tersebut.

Mengenai kehidupan berumah tangganya, Ustad yang memiliki hobi menembak ini menikah dengan mantan penyanyi cilik Indonesia, Puput Melati, pada Juni 2011. Dari pernikahan tersebut, pasangan ini dikaruniai 2 orang anak bernama Azzahra Assyila Rahma dan Ahmad Nabil Almer Guntur Bumi Al-Qurtubi.

Sayangnya pernikahan tersebut sempat beberapa kali diterpa berbagai masalah seperti isu pernikahan siri UGB dengan Nuri Maulida pada 2012 silam. Namun UGB membantah keras hal tersebut. Setelah itu rumah tangga pasangan ini kembali ditimpa masalah ketika Puput menggugat cerai UGB pada akhir 2013 silam dan resmi bercerai pertengahan Februari 2014. Namun keputusan cerai tersebut ternyata hanyalah emosi sesaat. Tak berapa lama kemudian UGB dan Puput memutuskan untuk rujuk kembali.

Guntur Bumi Lirik Lagu