Han Hyo Joo Profile
Han Hyo Joo Profile Photo

Han Hyo Joo

Profesi
Aktris, model
Tgl Lahir
Feb 22, 1987
Lahir di
Cheongju, Korea Selatan
Profesi
Aktris, model
Populer
Membintangi sitkom "Nonstop 5" (2005) (TV)
Tempat Lahir
Cheongju, Korea Selatan
Tinggi Badan
172
Kewarganegaraan
Korea Selatan
Pendidikan
  • Pernah sekolah di Yullyang Middle School
  • Pernah sekolah di Cheongju Girl's High School
  • Pernah sekolah di Bulgok High School
  • Pernah kuliah di Dongguk University, jurusan Teater dan Film

Han Hyo Joo lahir di Cheongju, Korea Selatan, pada 22 Februari 1987. Ayah Hyo Joo merupakan seorang perwira Angkatan Udara, sedangkan sang ibu sempat menjadi guru SD sebelum akhirnya menjadi inspektur sekolah negeri. Ia memiliki seorang adik laki-laki yang juga bertugas di angkatan udara.

Memiliki ayah yang bertugas di militer, Hyo Joo merupakan anak yang pandai dalam berolahraga. Menurut teman masa kecilnya, Hyo Joo selalu menang saat balapan. Saat SMA, Hyo Joo memutuskan untuk pindah ke Seoul meski sempat ditentang oleh sang ayah. Lulus dari SMA Bulgok, Hyo Joo melanjutkan pendidikannya dengan mengambil jurusan teater di Universitas Dongguk.

Karier Hyo Joo di dunia hiburan diawali dengan kemenangannya dalam kontes Miss Bing-geure pada 2003. Dua tahun kemudian, Hyo Joo debut akting lewat sitkom "Nonstop 5" dan film "My Boss, My Teacher". Sayangnya, karya debut Hyo Joo tidak terlalu mendapat perhatian.

Pada 2006, Hyo Joo mengamankan peran utama pertamanya di drama "Spring Waltz". Berkat drama tersebut, Hyo Joo menerima nominasi Best New Actress di KBS Drama Awards 2006. Di tahun yang sama, Hyo Joo juga pemeran utama di film indie "Ad-Lib Night". Akting Hyo Joo dalam film tersebut mendapat banyak pujian dari kritikus hingga ia berhasil memenangkan penghargaan Best New Actress dari ajang Korean Association of Film Critics Awards and Singapore International Film Festival.

Nama Hyo Joo makin banyak dikenal usai ia berperan dalam drama "Heaven & Earth" pada 2007 dan "Iljimae" pada 2008. Kedua drama tersebut menuai kesuksesan besar dan mencatatkan rating tinggi. Selain itu, Hyo Joo juga sempat membintangi film indie lain yang berjudul "Ride Away" pada 2008.

Pada 2009, Hyo Joo beradu akting dengan Hero Jaejoong di film "Heaven's Postman". Popularitas Hyo Joo lantas meroket usai membintangi Brilliant Legacy bersama Lee Seung Gi. Berkat drama tersebut, Hyo Joo kebanjiran tawaran menjadi model iklan. Ia kembali menuai kesuksesan besar lewat drama "Dong Yi" yang rilis pada 2010. Hyo Joo bahkan menerima Daesang di MBC Drama Awards 2010 dan penghargaan Best Actress (Television) dari Baeksang Arts Awards 2011.

Hyo Joo juga membintangi film blockbuster "Masquerade" yang menjadi salah satu film Korea terlaris sepanjang masa pada 2012. Akting Hyo Joo di film thriller "Cold Eyes" pada 2013 juga membuatnya memenangkan penghargaan Best Actress dari Blue Dragon Film Awards dan Buil Film Awards.

Tak hanya di Korea Selatan, Hyo Joo juga melebarkan sayapnya ke pasar Jepang dengan membintangi film "Miracle Devil Claus' Love and Magic" pada 2014. Ia beradu akting dengan anggota boygroup J-Pop Arashi, Masaki Aiba.

Selain itu, Hyo Joo juga membintangi film biopik "C'est Si Bon" yang menceritakan perjalanan grup musik folk Twin Folio pada 2015. Di tahun yang sama, Hyo Joo juga membintangi film komedi romantis "The Beauty Inside" tentang seorang pria yang bangun di tubuh berbeda setiap hari. Masih di tahun 2015, Hyo Joo juga berperan sebagai seorang gisaeng dalam film "Love, Lies".

Hyo Joo akhirnya comeback di layar kaca lewat drama "W: Two Worlds Apart" pada 2016. Chemistry manisnya dengan Lee Jong Suk di drama tersebut membuat mereka menerima penghargaan Best Couple Award dari MBC Drama Awards 2016.

Menunjukkan range-nya sebagai aktris, Hyo Joo membintang film thriller "Golden Slumber" dan film sci-fi "Illang: The Wolf Brigade". Dalam kedua film tersebut, Hyo Joo sama-sama beradu akting dengan Kang Dong Won. Karier akting Hyo Joo semakin cemerlang usai dirinya dipercaya untuk berperan di serial Hollywood "Treadstone" yang merupakan bagian resmi dari franchise "Bourne" pada 2019.

Aktris kelahiran 1987 itu juga film aksi Jepang "The Sun Does Not Move" pada 2020. Di film ini, Hyo Joo berperan sebagai mata-mata yang sulit ditangkap dan misterius bernama Ayako. Tahun berikutnya, Hyo Joo beradu akting dengan Park Hyung Sik dalam drama thriller apokaliptik "Happiness".

Pada 2022, Hyo Joo menjadi kapten bajak laut di film "The Pirates: The Last Royal Treasure" yang merupakan sekuel dari blocbuster "The Pirates". Film bajak laut tersebut merupakan film Korea pertama Hyo Joo dalam empat tahun sejak terakhir membintangi "Illang: The Wolf Brigade". Hyo Joo juga sempat muncul dalam film "20th Century Girl" dan memerankan versi dewasa karakter Kim Yoo Jung.

Menjadi salah satu aktris papan atas Korea, Hyo Joo dikenal sangat menjaga privasi kehidupan pribadinya. Sejak debut, Hyo Joo tidak pernah mengkonfirmasi hubungan asmaranya ke publik. Meski demikian, Hyo Joo tak lepas dari rumor kencan dengan sejumlah aktor tampan.

Hyo Joo sempat dirumorkan berpacaran dengan Lee Seung Gi usai keduanya beradu akting di drama "Brilliant Legacy". Namun rumor kencan tersebut tak bertahan lama dan keduanya diyakini hanyalah teman dekat. Sama-sama lahir di tahun 1987, Hyo Joo dan Seung Gi sempat membahas persahabatan mereka di program "Hometown Flex". Seung Gi sendiri kini telah menikah dengan aktris Lee Da In.

Selain Seung Gi, aktor Lee Jong Suk juga sempat dirumorkan dekat dengan Hyo Joo berkat chemistry manis mereka di drama "W: Two World Aparts". Keduanya bahkan sempat menyatakan bahwa mereka adalah tipe ideal satu sama lain. Menurut Hyo Joo, Jong Suk tampak seperti keluar dari manhwa (komik Korea) saking tampannya. Sedangkan Jong Suk menilai Hyo Joo sangat menawan dan mengaku merupakan penggemar beratnya. Meski saling memuji, keduanya tidak pernah mengkonfirmasi rumor kencan tersebut. Jong Suk sendiri belakangan telah mengkonfirmasi hubungan asmaranya dengan IU.

Pada 2018, muncul rumor kencan antara Hyo Joo dan Kang Dong Won usai foto-foto mereka saat jalan bareng di Amerika tersebar. YG Entertainment selaku agensi Dong Won membantah tegas rumor kencan artis mereka dengan Hyo Joo. Menurut agensi, Dong Won dan Hyo Joo hanya teman dekat.

Selain itu, Dong Won juga menanggapi santai rumor kencan tersebut. Ia juga mengungkapkan bahwa hubungannya dengan Hyo Joo tak menjadi canggung setelah munculnya rumor tersebut. "Saat rumor kencan muncul, aku cuma berpikir, 'Oh ada (rumor kencan) ya'. (Han Hyo Joo) dan aku tidak canggung sama sekali. Kami tidak masalah," ujar sang aktor.

Di sisi lain, Hyo Joo rupanya juga tak bebas dari kontroversi. Pada 2013, terungkap bahwa keluarga Hyo Joo menjadi korban pemerasan mantan manajer sang aktris. Menurut polisi, mantan manajer itu secara ilegal memindahkan 16 foto Hyo Joo dan mantan pacarnya dari kamera digital ke ponselnya. Ia kemudian mengancam ayah Hyo Joo akan mempublikasikan foto-foto itu dan menuntut KRW400 juta. Ayah Hyo Joo hanya memberi mereka KRW10 juta.

BH Entertainment selaku agensi Hyo Joo kala itu mengatakan bahwa sang aktris tidak terlibat dalam aktivitas apa pun yang pantas mendapat kritik publik. Foto-foto itu diambil di pesta ulang tahun bersama mantan pacar dan teman-teman Hyo Joo sekitar empat atau lima tahun sebelumnya. Mantan manajer Hyo Joo pun didakwa dengan kasus pencemaran nama baik. Sayangnya, insiden tersebut sempat merusak reputasi Hyo Joo di mata publik.

Selain itu, Hyo Joo juga sempat terseret dalam skandal adik laki-lakinya yang merupakan seorang perwira Angkatan Udara. Di puncak karier Hyo Joo pada 2014, sang adik dirumorkan melakukan bullying terhadap salah seorang tentara hingga menyebabkan tentara tersebut bunuh diri. Kabar tersebut tersebar luas di media sosial.

Meskipun Hyo Joo tidak terlibat langsung dalam insiden tersebut, sang aktris dan keluarganya juga diboikot keras oleh publik karena dianggap berusaha menyembunyikan kebenaran. Anggota keluarga Hyo Joo diduga menghabiskan banyak uang untuk menutupi insiden tersebut, menyebabkan sang aktris memiliki reputasi buruk. Reputasi Hyo Joo semakin terpukul usai munculnya skandal Lee Byung Hun. Karena Hyo Joo dan Byung Hun berada di satu agensi dan sama-sama terseret skandal masing-masing, sejumlah perusahaan dilaporkan menangguhkan iklan kedua selebriti tersebut.

Hyo Joo sendiri memilih bungkam atas rumor tersebut. Reputasinya di mata publik perlahan membaik usai ia membintangi drama "W: Two Worlds Apart" pada 2016. Akting yang fantastis serta chemistry eksplosif antara Hyo Joo dengan Jong Suk berhasil mencuri hati banyak penonton.

Sayangnya, nama Hyo Joo kembali terseret dalam rumor negatif pada 2019. Kali ini, ia dicurigai sebagai salah satu artis yang menggunakan obat-obatan terlarang di klub Burning Sun. Dia dikritik karena sering berpesta dan menghadiri acara di bar tersebut. BH Entertainment langsung mengeluarkan pernyataan resmi yang menyangkal insiden tersebut dan menggugat mereka yang menyebarkan rumor jahat.

Tahun ini, Kantor Pajak Daerah Seoul dilaporkan meluncurkan pemeriksaan pajak yang tidak teratur terhadap Hyo Joo. Hyo Joo disebut dikenakan biaya tambahan sekitar KRW 60 juta hingga KRW 70 juta untuk pajak yang tidak dilaporkan. Menyusul laporan tersebut, BH Entertainment membantah isu penggelapan pajak.

"Han Hyo Joo menerima pemeriksaan pajak biasa dan bukan pemeriksaan pajak khusus. Tidak ada masalah substansial, kelalaian, atau aspek apa pun yang dapat menimbulkan kecurigaan penggelapan pajak," tegas agensi. "Namun, dalam proses penyelidikan, perbedaan interpretasi tentang apa yang dikenai pajak mengakibatkan kesalahan akuntansi. Sebagian dari biaya yang diakui mengakibatkan (Han Hyo Joo) membayar biaya tambahan."

Terlepas dari sejumlah kontroversi yang menyeretnya, Hyo Joo dikenal sebagai selebriti yang rajin berdonasi. Pada 2022, Hyo Joo bergabung menjadi anggota Honor Society Community Chest of Korea. Adapun Honor Society adalah kelompok donatur besar yang telah mendonasikan lebih dari KRW100 juta.

Setelah debutnya pada tahun 2003, Hyo Joo dilaporkan mendonasikan lebih dari KRW100 juta dan dinobatkan sebagai anggota Honor Society wilayah Seoul. Donasi tersebut digunakan untuk membantu mereka yang membutuhkan dalam penyediaan kebutuhan pokok, kemandirian pendidikan, makanan bergizi, dan menjembatani kesenjangan teknologi informasi.

Kini, Hyo Joo masih terus aktif di dunia hiburan Korea Selatan. Ia akan membintangi film Netflix "Believer 2" bersama Choi Jin Woong dan Cha Seung Won. Selain itu, Hyo Joo juga akan berperan sebagai seorang pahlawan dengan indera manusia super di drama aksi "Moving" yang rilis mulai 9 Agustus 2023.

Filmografi

Film

  1. "My Boss, My Teacher" sebagai Yoo Mi Jung (2006)
  2. "Ad-lib Night" sebagai Bo Kyung (2006)
  3. "Ride Away" sebagai Im Ha Jung (2008)
  4. "My Dear Enemy" sebagai cameo (2008)
  5. "Heaven's Postman" sebagai Ha Na (2009)
  6. "Always" sebagai Ha Jeong Hwa (2011)
  7. "Masquerade" sebagai Ratu (2012)
  8. "Love 911" sebagai Dokter Mi Soo (2012)
  9. "Cold Eyes" sebagai Ha Yoon Joo (2013)
  10. "Miracle: Devil Claus’ Love and Magic" sebagai So Young (2014)
  11. "C’est si bon" sebagai Min Ja Young (2015)
  12. "The Beauty Inside" sebagai Yi Soo (2015)
  13. "Love, Lies" sebagai Jung So Yool (2016)
  14. "Golden Slumber" sebagai Sun Young (2018)
  15. "Illang: The Wolf Brigade" sebagai Lee Yoon Hee (2018)
  16. "The Sun Does Not Move" sebagai Ayako (2021)
  17. "The Pirates: The Last Royal Treasure" sebagai Kapten Hae Rang (2022)
  18. "20th Century Girl" sebagai Na Bo Ra dewasa (2022)
  19. "Believer 2" sebagai Keunkal (2023)

Serial Drama

  1. "Nonstop 5" sebagai Hyo Joo (2005)
  2. "Spring Waltz" sebagai Park Eun Young (2006)
  3. "Heaven and Earth" sebagai Park Ji Su (2007)
  4. "Il Ji-Mae: The Phantom Thief sebagai Eun Chae (2008)
  5. "[t=Brilliant Legacy" sebagai Go Eun Sung (2009)
  6. "Dong Yi" sebagai Choi Suk Bin (2010)
  7. "W: Two Worlds Apart" sebagai Oh Yeon Joo (2016)
  8. "Happiness" sebagai Yoon Sae Beom (2021)
  9. "Moving" sebagai Lee Mi Yeon (2023)
  10. "Dominant Species" sebagai Yoon Ja Yoo (akan datang)

Web Series

  1. "Dramaworld 2" sebagai cameo (2021)

Program Televisi

  1. "Inkigayo" sebagai host (2005)
  2. "House on Wheels: For Rent" sebagai cast member (2021)

Diskografi

Soundtrack

  1. "It's the First Time" – "Nonstop 5" OST (2005)
  2. "Ride Away" – "Ride Away" OST (2008)
  3. "Sudden Burst of Tears" (bersama Gan-D buga kingz) – "Soul Special" OST (2009)
  4. "I'll Give It All To You" (bersama Jung Woo) – "C'est Si Bon" OST (2015)
  5. "Love, Lies" – "Love, Lies" OST (2016)
  6. "Spring Lady" – "Love, Lies" OST (2016)

Kolaborasi

  1. "You" (bersama Brown Eyed Soul) (2010)
  2. "Don't You Know" (bersama no reply) (2010)
  3. "8 A.M." (bersama My-Q) (2011)
  4. "Oh Seoul" (bersama My-Q) (2011)
  5. "Hide and Seek" (bersama Broccoli, You Too?) (2012)

Penghargaan

Andre Kim Best Star Awards

  1. 2009: Female Star Awards

APAN Star Awards

  1. 2016: Top Excellence Award (Actress in a Miniseries), Best Couple Award (bersama Lee Jong Suk) (nominasi)

Asian Film Awards

  1. 2014: Best Actress (nominasi)

Baeksang Arts Awards

  1. 2010: Best Actress (Television) (nominasi)
  2. 2011: Best Actress (Television), Most Popular Actress (Television) (nominasi)
  3. 2013: Best Actress (Film) (nominasi)
  4. 2016: Best Actress (Film) (nominasi)

Blue Dragon Film Awards

  1. 2013: Best Leading Actress
  2. 2015: Best Leading Actress (nominasi)

Blue Dragon Series Awards

  1. 2022: Popular Star Award, Best Leading Actress (nominasi)

Buil Film Awards

  1. 2013: Best Actress
  2. 2016: Best Actress (nominasi)
  3. 2018: Popular Star Award (nominasi)

BIFF with Marie Claire Asia Star Awards

  1. 2016: Asia Star Award

CETV Asia’s Top 10 Popular Star Awards

  1. 2012: Hallyu Star Prize

Grand Bell Awards

  1. 2016: Best Actress (nominasi)

Hong Kong Cable TV Awards

  1. 2011: Best Actress

KBS Drama Awards

  1. 2006: Best New Actress (nominasi)
  2. 2007: Popularity Award, Best Couple Award (bersama Park Hae Jin), Best New Actress (nominasi)

Korean Association of Film Critics Awards

  1. 2006: Best New Actress
  2. 2013: Best Actress (nominasi)

Korea Best Dressed Swan Awards

  1. 2007: Best Dressed

Korea Drama Awards

  1. 2010: Top Excellence Award (Actress)

Korean Film Actor's Association Awards

  1. 2015: Top Star Award

Korea World Youth Film Festival

  1. 2013: Favorite Actress

Max Movie Awards

  1. 2016: Best Actress (nominasi)

MBC DramaAwards

  1. 2010: Daesang, Popularity Award, Top Excellence Award (Actress) (nominasi)
  2. 2016: Top Excellence Award (Actress in a Miniseries), Best Couple Award (bersama Lee Jong Suk), Daesang (nominasi)

Mnet 20’s Choice Awards

  1. 2009: Hot Female Drama Star

SBS Drama Awards

  1. 2008: New Star Award
  2. 2009: Excellence Award (Actress in a Special Planning Drama), Top 10 Stars, Best Couple Award (bersama Lee Seung Gi)

Seoul International Drama Awards

  1. 2010: Outstanding Korean Actress

Singapore International Film Festival

  1. 2007: Best Actress

Trivia

  1. Pandai berolahraga dan menyukai cabor atletik saat remaja
  2. Menjadi juara kontes kecantikan remaja yang digelar perusahaan makanan Binggrae pada 2003
  3. Sempat menjadi teman sekamar penyanyi Ivy selama empat tahun sebelum debut
  4. Pernah bertemu dan cium Leeseo IVE saat sang idol baru berusia 3 tahun di program "One Night of TV Entertainment"
  5. Menjadi Duta Angkatan Udara Korea Selatan pada 2007 hingga 2008
  6. Mendapat penghargaan dari Kementerian Strategi dan Keuangan pada 2011 karena menjadi pembayar pajak teladan
  7. Langganan masuk daftar Korea Power Celebrity versi Forbes sejak 2011
  8. Debut akting di Hollywood lewat serial "Treadstone" pada 2019
  9. Berteman dekat dengan Han Ji Min, Chu Ja Hyun, dan Lee Ji Ah.
  10. Fandom Han Hyo Joo disebut sebagai Hyolics
  11. Bisa menyanyi dan bermain gitar
  12. Hobi menonton film hingga membaca buku
  13. Penggemar film Jepang hingga tertarik mempelajari bahasanya
  14. Seorang trilingual dan bisa berbicara bahasa Korea, Jepang, serta Inggris
  15. Sempat menyukai cowok nakal, tipe ideal Hyo Joo kini adalah pria yang pengertian