Jennifer Lawrence Profile
Jennifer Lawrence Profile Photo

Jennifer Lawrence

Profesi
Aktris, penyanyi
Nama Asli
Jennifer Shrader Lawrence
Tgl Lahir
Aug 15, 1990
Lahir di
Louisville, Kentucky, AS
Profesi
Aktris, penyanyi
Populer
Berperan sebagai Mariana di film "The Burning Plain" (2008)
Tempat Lahir
Louisville, Kentucky, AS
Tinggi Badan
170
Kewarganegaraan
Amerika
Ayah
Gary Lawrence
Pekerjaan Ayah
Pemilik Perusahaan Konstruksi
Ibu
Karen
Pekerjaan Ibu
Kamp Anak-Anak
Suami/Istri
Cooke Maroney (sejak 19-Okt-19)
Kekasih
Nicholas Hoult (aktor, 2011 - Jan-13, Jul-13 - Agt-14), Chris Martin (vokalis band "Coldplay", 2014), Darren Aronofsky (sutradara)
Populer Sejak
Berperan sebagai Mariana di film "The Burning Plain" (2008)

Jennifer Shrader Lawrence atau yang akrab disapa Jennifer Lawrence lahir di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat 15 Agustus 1990. Dia adalah putri pasangan seorang pemilik perusahaan konstruksi Gary Lawrence dan pemilik camp anak-anak, Karen. Jennifer memiliki dua kakak bernama Blaine dan Ben.

Karir Jennifer di dunia hiburan Hollywood berawal dari ketidaksengajaan. Di usianya yang ke-14 ia bertemu dengan seseorang yang menawarinya casting. Dari situlah karirnya sebagai aktris dimulai. Proyek pertamanya di dunia hiburan adalah sebagai bintang iklan MTV.

Berhasil debut sebagai bintang iklan, Jennifer semakin serius berkarir di dunia hiburan. Ia kemudian membintangi serial TV pertamanya, "Monk", yang ia dapat sesaat setelah pindah ke Los Angeles. Selang setahun kemudian, Jennifer kembali berperan di serial TV lainnya "Medium" dan "Cold Case".

Tak hanya muncul di beberapa judul serial TV, Jennifer mulai merambah layar lebar. Meski filmnya "The Burning Plain" tidak mendapatkan apresiasi yang bagus dari para penonton, inilah awal nama Jennifer mulai dikenal. Ia semakin melejit saat tampil di film "Winter's Bone" (2010).

Di film tersebut, Jennifer didapuk membawakan peran Ree Dolly. Tak hanya merawat sang ibu yang mengalami gangguan mental, Ree juga harus menyelesaikan kasus hukum yang menyeret nama ayahnya. Film ini mendapat apresiasi bagus dari penikmatnya. Rotten Tomatoes memberikan nilai 8.3/10.

Tidak hanya sampai disitu, film peraih penghargaan Best Picture di ajang Sundance Film Festival itu membawa Jennifer menuai prestasi. Ia berhasil masuk nominasi Aktris Terbaik di Academy Award, Golden Globe, Independent Spirit Awards dan Oscar. "Aku sangat bahagia hingga aku tidak bisa berkata apa-apa," ungkap Jennifer tentang keberhasilannya masuk nominasi Oscar. "Disandingkan dengan empat nama aktris lain di nominasi Oscar sangat menakjubkan bagiku. "

Langkah Jennifer di tahun 2011 semakin mantap. Dia kembali mendapat peran di film "The Beaver" bersama aktor kenamaan Mel Gibson dan Jodie Foster. Aktris berusia 23 tahun ini juga menjadi salah satu pemain franchise film terkenal "X-Men: First Class".

Setahun setelah dirilisnya "X-Men", Jen dinilai sukses menghidupkan karakter Katniss Everdeen di film "The Hunger Games". Film yang dibuat berdasarkan novel karangan Suzanne Collins berjudul sama ini berhasil masuk daftar 200 film box office di seluruh dunia. Angka penjualan film arahan sutradara Gary Ross ini mencapai USD 350 juta (Rp 4 triliun). Jennifer juga mendapatkan review yang baik dari para pengamat film dari perannya tersebut. "Jen membawakan peran Katniss dengan bagus. Karakter kuat dan tak kenal takut di novel berhasil diwujudkannya dengan baik," ungkap seorang netter di Rotten Tomatoes. Situs khusus ulasan film tersebut juga memberikan nilai sebesar 7.2/10 untuk film yang rilis 2012 ini.

Jennifer Lawrence kembali tampil apik di filmnya "Silver Linings Playbook". Kepiawaiannya berakting sebagai Tiffany Maxwell mendapatkan apresiasi yang bagus. Beberapa pengamat film menyatakan bahwa dibalik usianya yang masih muda, Jennifer dapat membawakan peran dewasa dengan baik. Tak hanya itu, perannya di film ini membawanya sebagai aktris terbaik di beberapa ajang penghargaan seperti Academy Awards, 2nd AACTA International Awards dan The 70th Golden Globe Awards (2013). Namun, diantara beberapa penghargaan yang ia terima lewat film garapan David O. Russell, penghargaan terbesarnya adalah Piala Aktris Terbaik Oscar 2013.

Proyek film juga mengantarkan Jennifer mengenal aktor asal Inggris Nicholas Hoult. Hubungan yang berawal di lokasi syuting film "X-Men: First Class" itu berjalan selama 2 tahun. Namun pada Januari 2013 hubungan keduanya dikabarkan kandas. Meski begitu, mereka kembali rujuk seiring dengan kebersamaan di lokasi film "X-Men: Days of Future Past".

Tak hanya karir dan percintaan, masa lalu Jen pun menjadi sorotan. Pasalnya, ia menyatakan sempat menjadi bahan olok-olokan ketika masih kecil. "Aku sering pindah sekolah semasa aku SD. Saat itu teman-teman wanitaku memusuhiku," jelas Jennifer pada The Sun. Selain itu, aktris yang juga anak bungsu ini sempat dikabarkan bermasalah dengan Kristen Stewart. Persaingan film kedua aktris cantik ini, "Twilight" dan "The Hunger Games" dinilai sebagai pemicunya. Namun, menanggapi isu tersebut Jen dengan santai menjelaskan bahwa tidak ada masalah diantara dia dan mantan Robert Pattinson tersebut. Bahkan keduanya belum terlalu kenal ketika rumor perselisihan itu berhembus.

Jennifer Lawrence Lirik Lagu