Kanye West Profile
Kanye West Profile Photo

Kanye West

Profesi
Rapper
Nama Asli
Kanye Omari West
Tgl Lahir
Jun 8, 1977
Lahir di
Atlanta, Georgia, AS
Profesi
Rapper
Populer
Merilis debut album "The College Dropout" (2004)
Tempat Lahir
Atlanta, Georgia, AS
Tinggi Badan
172,5
Kewarganegaraan
Amerika
Ayah
Ray West
Pekerjaan Ayah
Jurnalis Foto, Penasehat Agama Kristen
Ibu
Donda West
Pekerjaan Ibu
Mantan Dosen Bahasa Inggris, Mantan Manajer Kanye
Suami/Istri
Kim Kardashian (aktris, sejak 24-Mei-14)
Kekasih
Alexis Phifer (model, bertunangan Mei 2007 - 21-Apr-2008), Amber Rose (model, 2009 - 2010)
Anak-anak
North West (perempuan, L. 15-Jun-13), Saint West (laki-laki, L. 05-Des-15), Chicago West (perempuan, L. 15-Jan-18), Psalm West (laki-laki, L. Mei-19)
Populer Sejak
Merilis debut album "The College Dropout" (2004)

Kanye Omari West atau yang lebih dikenal sebagai Kanye West adalah anak tunggal dari pasangan Ray West dan Donda West. Dia lahir pada 7 Juni 1977 di Atlanta, Georgia. Saat Kanye berusia 3 tahun, kedua orangtuanya memutuskan bercerai sehingga ibu Kanye pindah ke Chicago untuk membesarkan anak semata wayangnya tersebut.

Tinggal di Chicago membuat Kanye semakin akrab dengan seni, khususnya menyanyi. Sang ibu, Onda West, ingat benar bahwa Kanye menulis puisi pertamanya ketika ia masih berusia 5 tahun. Tidak hanya itu, dia bahkan sudah mulai menyanyi rap ketika duduk di kelas tiga sekolah dasar dan menulis lagu di kelas tujuh.

Kanye kemudian merekam lagu kreasinya , "Green Eggs and Ham", di sebuah studio kecil dengan biaya sewa USD 25 (Rp 290 ribu) per jam. Kecintaan Kanye pada musik membawanya berkenalan dengan produses NOID. Pertemuan dengan dewa hip-hop tersebut memberi ia kesempatan belajar membuat sampel musiknya sendiri serta mengorbitkan hasil karyanya.

Keputusan Kanye lebih serius di dunia musik berdampak buruk untuk pendidikannya. Ia memutuskan berhenti kuliah dari Chicago State University dimana ibunya menjadi salah satu profesor sastra Inggris. "Keputusan Kanye sangat menggangguku," ujar ibunya. "Bangku kuliah adalah tiket untuk kehidupan yang lebih baik." Namun, Kanye bersikeras bahwa sukses tak harus melalui jalan kuliah.

Tak butuh waktu lama untuk Kanye dapat membuktikan janjinya kepada sang Ibu. Ia berhasil bekerja sama dengan artis Hollywood terkenal bahkan di awal karirnya (1999). Beberapa nama yang pernah bekerja sama dengan Kanye West di sepanjang tahun 1999-2000 antara lain Trina & Tamara, Harlem World, The Madd Rapper dan Lil' Kim.

Ayah kandung North West ini mendapatkan apresiasi terbesarnya lewat kerja samanya dengan Jay-Z di album "Blueprint". Album yang sukses mencapai posisi teratas tangga lagu kenamaan the Billboard Hot 200 tersebut berhasil membawa nama Kanye menjadi salah satu produser musik paling diinginkan. Beberapa karyanya di album keluaran tahun 2001 itu antara lain "Takeover", "Izzo (H.O.V.A.)" dan "Never Change".

Sukses sebagai produser belum membuat artis berusia 36 tahun ini puas. Bersama Jay-Z, Kanye bermaksud untuk memproduksi album solonya sendiri. Namun, sebelum sempat menyelesaikan albumnya, sahabat Miley Cyrus ini pun harus mengalami kecelakaan yang hampir merenggut nyawanya. Ia menderita patah tulang di bagian rahang serta harus mendapatkan jahitan di bagian mulut.

Kecelakaan yang dialami Kanye tidak membuatnya berhenti berkarya. Trauma yang ia alami akibat kejadian tersebut menginspirasi penyanyi ini untuk menulis lagu berjudul "Through the Wire". Bersama beberapa komposisinya yang lain, lagu tersebut masuk dalam tracklist album debutnya "The College Dropout". Seminggu setelah rilis (10 Februari 2004), album ini berhasil mencapai angka penjualan sebanyak 440 ribu kopi. Selain itu, tiga single di album tersebut, "Through The Wire", "Jesus Walks" dan "All Falls Down" berhasil masuk the top 20 of Billboard Hot 100 chart.

Tidak hanya jago di dunia musik, Kanye juga menekuni dunia bisnis. Merk baju Pastel Clothing dan label rekaman G.O.O.D Music adalah bukti lain kesuksesannya. Beberapa artis seperti Common, %Keisha Cole%, Farnsworth Bentley, GLC, dan Consequence ada di bawah naungan penyanyi yang dikenal dengan pendapatnya mengenai penyebab HIV AIDS di Amerika pada 2005 ini.

Dalam hal asmara, Kanye pernah bertunangan desainer Alexis Phifer di 2006. Namun, pesona desainer tersebut nampaknya tak cukup kuat membuat hubungan mereka bertahan lama. Dua tahun setelah bertunangan, mereka memutuskan berpisah. Kanye berpacaran dengan model Amber Rose di 2008.

Kanye kemudian membina kisah cinta yang cukup serius dengan Kim Kardashian. Hubungan tersebut diklarifikasi Kim di acara Oprah Winfrey, Juni 2012. "Aku kehilangan ayahku sedangkan dia kehilangan ibunya. Di berbagai hal kita berdua saling melengkapi" ujarnya. Dari hubungannya tersebut, ia dikarunia seorang putri bernama North West atau yang akrab dipanggil Nori.

Selain karena keberhasilannya dalam berkarir, sosok Kanye dikenal karena ulahnya yang sering menyebabkan kontroversi. Kanye pernah naik ke panggung MTV VMAs tahun 2009 dan merebut microphone dari tangan Taylor Swift. Kanye tak senang karena Taylor mengalahkan Beyonce Knowles di kategori Best Female Video. Dia juga beberapa kali diberitakan beradu fisik dengan paparazzi. Berita yang terakhir, Kanye dihadapkan dengan tuduhan kekerasan dan percobaan perampasan terhadap seorang paparazzi yang membuatnya terancam hukuman maksimal 1 tahun penjara.

Kanye West Lirik Lagu

Loading...