One Direction Profile
One Direction Profile Photo

One Direction

Profesi
Boyband
Tgl Lahir
Aug 21, 2018
Profesi
Boyband
Populer
Menjadi juara ketiga di ajang pencarian bakat "The X Factor" Musim ke-7 (2010)
Kewarganegaraan
Inggris
Populer Sejak
Menjadi juara ketiga di ajang pencarian bakat "The X Factor" Musim ke-7 (2010)

One Direction merupakan boyband asal Inggris yang terdiri dari Niall Horan, Zayn Malik, Liam Payne, Harry Styles dan Louis Tomlinson. Mereka terbentuk setelah mengikuti ajang "One Direction: This Is Us", 2010.

Mulanya mereka mengikuti audisi sebagai penyanyi solo kategori "Boys", namun salah seorang juri Nicole Scherzinger menyarankan mereka untuk membentuk boyband. Berkat saran tersebut kelima pemuda ini akhirnya membentuk boyband di bawah mentor Simon Cowell.

Nama One Direction diusulkan oleh Harry. Ia beranggapan bahwa nama tersebut akan terdengar hebat nantinya.

Namun sayangnya, One Direction hanya mampu meraih juara 3 "The X Factor". Meskipun begitu, popularitas mereka menyebar dengan cepat di Inggris. Mereka disebut-sebut sebagai pemicu kebangkitan kembali era boyband di Eropa tahun 90-an seperti Westlife.

Lulus dari "The X Factor", One Direction kemudian menandatangani kontrak dengan perusahaan rekaman milik Simon Cowell, Syco Records dan Columbia Records. Tak berselang lama kemudian mereka merilis album debut yang bertajuk "Up All Night" (2011). Album tersebut sukses menjawarai berbagai chart di Inggris, Swedia dan sejumlah negara Eropa lainnya dengan single andalannya "What Makes You Beautiful". Mereka berhasil meraih berbagai penghargaan internasional seperti Best New Artist dan Best Pop Video di MTV VMA 2012 dan Global Success Awards di ajang BRIT Awards 2013 berkat album ini.

Meski berasal dari Inggris, namun kepopuleran mereka ternyata sampai juga di Amerika Serikat. Ribuan penggemar memadati kawasan acara "The Today Show",ketika mereka melakukan debut di Amerika Serikat. Fenomena ini memicu istilah "British Invasion" di Amerika Serikat yang dulu juga pernah dipopulerkan oleh The Beatles.

Kepopuleran mereka yang tak biasa ini akhirnya mengilhami untuk mengadakan konser bertajuk "Up All Night" (2011). Konser ini dimulai dari Inggris lalu Australia dan Amerika Utara. Sepanjang konser mereka menyanyikan single-single andalan seperti "Gotta to You", "One Thing" dan "More Than This".

One Direction kembali merilis album kedua yang bertajuk "Take Me Home" (2012). Single utama mereka yang berjudul "Live While We're Young" sukses menjawarai tangga lagu hampir setiap negara. Kesuksesan album ini juga diikuti tur konser dunia "Take Me Home Tour (2013). Konser ini digelar di Inggris, Irlandia, Amerika Utara, Australia dan selalu habis terjual.

Kepopuleran mereka bahkan sampai di negara Asia termasuk Indonesia. Beberapa penggemar One Direction di Indonesia sering berulangkali meminta boyband kesayangan mereka untuk konser di Indonesia. Bahkan hastag #Indonesia Wants One Direction sering bertengger di Trending Topic Indonesia.

Tak hanya itu saja, One Direction juga merilis film konser 3D yang bertajuk "One Direction: This Is Us". Film ini menceritakan tentang perjalanan hidup kelima anggota One Direction dari awal hingga sampai sukses.

Masih di tahun yang sama, One Direction kembali merilis album ketiga mereka yang berjudul "Midnight Memories", 23 November 2013. Mereka juga mengadakan tour ketiga bertajuk "Where We Are" yang dimulai di Kolumbia, 25 April 2014.

One Direction pernah tersandung sedikit masalah, April 2012. Sebuah band Indie asal California yang bernama sama menggugat One Direction atas tuduhan pelanggaran hak merek dagang. Band tersebut mengklaim bahwa nama One Direction sudah mereka pakai sejak tahun 2009 dan telah merilis dua album. Band itu lalu meminta ganti rugi kepada One Direction sebesar USD 1 juta (Rp 12 miliar). Namun pada akhirnya One Direction berhasil memenangkan gugatan tersebut.