Robert Downey Jr. Profile
Robert Downey Jr. Profile Photo

Robert Downey Jr.

Profesi
Aktor
Nama Asli
Robert John Downey Jr.
Tgl Lahir
Apr 4, 1965
Lahir di
New York, New York, USA
Profesi
Aktor
Populer
Berperan sebagai Charlie Caplin di film "Chaplin" (1992)
Tempat Lahir
New York, New York, USA
Tinggi Badan
175
Kewarganegaraan
Amerika
Warna Rambut
Coklat
Warna Mata
Coklat
Ayah
Robert Downey Sr.
Pekerjaan Ayah
Sineas, sutradara film independen
Ibu
Elsie Ford
Pekerjaan Ibu
aktris
Pendidikan
  • Bersekolah di Santa Monica High School di Santa Monica, California
  • Deborah Falconer (actress, 29-May-92 - 26-Apr-04), Susan Levin (producer, sejak 27-Agt-05)
Saudara
Allyson (kakak)
Suami/Istri
Deborah Falconer (actress, 29-May-92 - 26-Apr-04), Susan Levin (producer, sejak 27-Agt-05)
Kekasih
Sarah Jessica Parker (aktris, 1984-1991)
Anak-anak
Indio Falconer Downey (laki-laki, L. 07-Sep-93), Exton Elias Downey (laki-laki, L. 07-Feb-12), Avri Roel Downey (perempuan, L. 04-Nov-14)
Populer Sejak
Berperan sebagai Charlie Caplin di film "Chaplin" (1992)

Robert Downey Jr. lahir di New York, 4 April 1965. Dia adalah anak kedua dari dua bersaudara. Robert memiliki kakak perempuan bernama Allyson. Semasa kecil, Robert dibesarkan dikalangan pembuat film. Ayahnya, Robert Downey, Sr., dikenal sebagai sineas yang kerap menyutradarai film independen. Sementara ibunya, Elsie Ford, adalah seorang aktris.

Dibesarkan di dunia film membuat Robert menjadi jatuh cinta. Dia kemudian memulai debutnya di dunia akting dalam film "Pound" (1970) yang disutradarai oleh ayahnya. Kala itu, Robert masih berusia lima tahun.

Beranjak remaja, Robert yang serius untuk meniti karir sebagai seorang aktor memilih untuk bersekolah di Stagedoor Manor Performing Arts Training Center di New York. Tak lama setelah perceraian orang tuanya di tahun 1978, Robert pindah ke California dan tinggal bersama ayahnya. Saat di California, Robert sempat menempuh pendidikan di Santa Monica High School tetapi kemudian keluar dan kembali ke New York untuk mengejar impiannya sebagai seorang aktor.

Masa-masa muda Robert merupakan masa yang penuh perjuangan. Saat berusia 20 tahun, Robert mendapat peran untuk bermain di acara televisi, "The Avengers" (SNL). Namun, setahun setelah terpilih, Robert dipecat demi menyelamatkan acara yang waktu itu mendapat rating terendah versi Nielsen dan dikritik karena menampilkan karakter pemain yang biasa-biasa saja. Kegagalannya itu tidak mengurungkan niatnya untuk menjadi aktor. Dia pun mencoba peruntungannya di beberapa film, seperti "Tuff Turf" (1985), "Chances Are" (1989) dan film yang juga dibintangi sahabat karibnya, Mel Gibson, "Air America" (1990).

Tahun 1992, nama Robert semakin dikenal usai berperan sebagai Charlie Chaplin di film "Chaplin" (1992). Untuk perannya itu, Robert melakukan berbagai persiapan khusus seperti belajar bermain biola dan tenis. Dia bahkan memiliki pelatih pribadi yang membantunya membentuk postur tubuh sekaligus gaya mirip Charlie Chaplin.

Berkat kerja kerasnya di film "Chaplin", dia berhasil meraih nominasi pertamanya lewat penghargaan Oscar untuk kategori Best Actor. Sayangnya Robert dikalahkan oleh aktor Al Pacino lewat perannya di film "Scent of a Woman" (1992). Sukses sebagai Charlie, Robert mulai mendapat banyak tawaran untuk bermain film Hollywood, seperti "Heart and Souls" (1993), "Only You", "Natural Born Killers" dan "Richard III".

Tentu saja ketenaran di masa muda tidak langsung membuat Robert menjadi sukses. Bahkan Robert justru terjerumus dan menjadi pecandu obat-obatan terlarang. Antara tahun 1996 hingga 2001, Robert berkali-kali ditangkap dan menjalani rehabilitasi. Tak lama setelah itu, Robert pun mengungkapkan sisi gelapnya bahwa dia telah menjadi pencandu sejak berusia delapan tahun. Robert menambahkan kalau ayahnyalah yang pertama kali memberikan obat-obatan tersebut karena ayahnya juga seorang pecandu.

Tak hanya ditangkap karena kepemilikan heroin dan kokain, dia juga ditangkap karena memiliki senjata ilegal. Robert bahkan berkali-kali keluar masuk penjara akibat ulahnya itu. Akibat dari perbuatannya, karir Robert sebagai aktor pun terancam. Meski demikian Robert masih menyempatkan diri untuk tampil di beberapa episode serial televisi "Ally McBeal" (2000-2002).

Tahun 2001, Robert yang mulai lelah menjalani hidupnya yang penuh masalah itu bertekad untuk berubah dan lebih serius menjalani rehabilitasi. Kembalinya Robert ke dunia hiburan ditandai dengan penampilannya di video musik single Elton John,"I Want Love". Sutradara video musik tersebut, Sam Taylor-Wood, memuji penampilannya yang terlihat lebih santai dan segar. Namun, kembali bekerja tak semudah seperti membalikkan tangan. Beberapa studio besar enggan memberinya tawaran karena khawatir dengan kebiasaan buruk Robert.

Akhirnya, berkat bantuan sahabat karibnya Mel, Robert berhasil mendapatkan peran di mini seri TV "The Singing Detective" (2003). Bahkan Mel bersedia menjadi penjamin apabila Robert melanggar kontrak. Berkat penampilannya di film tersebut, para produser studio Hollywood mulai percaya bahwa dia telah berubah dan memberinya tawaran untuk bermain di film-film besar, seperti "Gothika", "Kiss Kiss Bang Bang" dan "Iron Man".

Usai keberhasilannya memerankan karakter Tony Stark/Iron Man di "Iron Man", nama Robert sebagai aktor semakin melambung dan membuatnya berhasil mendapatkan peran utama di beberapa film box office, yakni "The Soloist", "Sherlock Holmes" dan "Iron Man 2". Kepiawaiannya berakting dapat kembali disaksikan di film yang akan dirilis tahun ini "Due Date" dan film yang akan dirilis 2012 mendatang, "The Avengers".

Loading...
Robert Downey Jr. Lirik Lagu