Sule
Sule Profile Photo

Sule

Profesi
Komedian, aktor, penyanyi
Nama Asli
Entis Sutisna
Tgl Lahir
Nov 15, 1976
Lahir di
Cimahi, Jawa Barat, Indonesia
Biografi Sule

Sutisna atau yang lebih banyak dikenal sebagai Sule terlahir di Cimahi, Jawa Barat, pada 25 November 1976. Ia merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Menurut Sule, ia seharusnya memiliki 10 saudara namun tujuh di antaranya telah meninggal dunia.

"Kenapa tersisa empat? Yang tujuh itu meninggal dunia karena Emak itu mempunyai penyakit, Put. Yaitu ada tanda putih. Katanya orang-orang dulu, kalau mempunyai tanda putih itu harus diobati ke orang pintar. Karena kalau misalkan punya anak pasti akan meninggal," beber Sule kepada Putri Delina di video YouTube anak keduanya tersebut.

Setelah tujuh anaknya meninggal dunia, ayah Sule meminta bantuan seorang ustaz untuk menyelamatkan anak berikutnya. Kakak Sule yang bernama Iwan Setiawan pun akhirnya dipakaikan anting emas sejak kecil sebagai salah satu syarat agar bisa bertahan hidup. Selain itu, Iwan juga tidak boleh mengakui Dodo Mulyana sebagai ayahnya. Syarat yang sama juga harus dilakukan oleh Sule.

"Lahirlah Bapak, Bapak juga sama. Bapak juga dianting dulu itu. Dari kecil dianting tuh bukan gaya-gayaan, Put. Nah, setelah itu Bapak juga tidak mengakui si Abah bapaknya. Tapi diurus, diakui anaknya Pak Danu Bengkong. Bengkong itu tukang sunat," ungkap Sule.

Kala adik Sule yang bernama Yeni Siti Romlah lahir, mereka sudah tidak perlu melakukan syarat apapun untuk membuatnya bertahan hidup. Begitu pula ketika sang anak bungsu, Kikin Solikin, lahir.

Masa kecil Sule sendiri sudah dipenuhi dengan perjuangan. Ia harus berjualan jagung rebus keliling sejak masih duduk di bangku kelas 3 SD. Sang ayah membuat Sule berjualan untuk mengajarkan kerja keras demi bisa mendapat uang jajan.

"Kelas 3 SD sampai SMP kayak dagang jagung gini di atas kepala. Jualan (jagung) di Cimahi, di kompleks, di kampung, keliling aja. Jagung bakar ini," beber Sule kala mengobrol dengan Armand Maulana. "Jadi Abah ngajarinnya seperti itu, 'Kalau kamu mau uang, kerja. Gimana? Tenang saya cariin usaha’. Ada tukang kebun, ada jagung dibeli, direbus, terus dijual. Untung, bisa jajan. Mengajarkan kerja keras."

Meski demikian, Sule juga menunjukkan bakat melawak sejak kecil dan sering tampil di atas panggung Agustusan. Bakat tersebut agaknya diturunkan dari sang ayah yang berprofesi sebagai tukang bakso namun senang membanyol dan membuat pelanggannya tertawa. Selain itu, Sule juga sempat dididik oleh pelawak senior Kang Ibing.

Sule kemudian memulai karier di dunia komedi lewat grup lawak SOS yang dibentuknya bersama Oni Suwarman dan Obin Wahyudin. Bersama SOS, Sule sukses menjadi juara pertama ajang pencarian bakat Audisi Pelawak Indonesia (API) yang tayang di TPI pada 2005. Selain itu, Sule juga menjuarai acara bakat "Superstar Show" pada 2008.

Dengan popularitasnya yang terus menanjak, Sule digandeng Wishnutama untuk bergabung dalam acara "Opera Van Java" yang tayang sejak 2008. Acara tersebut terbukti menjadi salah satu program paling berpengaruh di karier Sule dan semakin mempopulerkan namanya. Sejak saat itu, Sule telah membintangi berbagai sitkom, sinetron, hingga film.

Pada 2009, Sule dipercaya menjadi bintang utama dalam sitkom "Awas Ada Sule" yang menampilkan sejumlah komedian dan artis populer Tanah Air. Dalam sitkom tersebut, Sule memerankan karakter asisten rumah tangga (ART) yang iseng hingga kerap mengundang tawa. Ia juga aktif sebagai presenter acara talkshow ringan bernuansa komedi. Salah satunya adalah program "Ini Talkshow" yang ia pandu bersama Andre Taulany.

Selain sibuk di layar kaca, Sule juga aktif di dunia musik. Pada 2010, Sule merilis single berjudul "Susis" yang berarti "Suami Sieun Istri". Lagu tersebut meledak di pasaran sehingga Sule merilis single lanjutan berjudul "Susis Juga Manusia" pada 2017 lalu. Ia juga telah menelurkan album bertajuk "Prikitiew".

Sementara itu, bayaran yang diterima Sule semakin tinggi seiring dengan meningkatnya popularitas sang komedian. Saat pertama kali tampil di televisi bersama grup SOS, Sule hanya menerima honor Rp 1,5 juta yang harus dibaginya bersama kru dan personel lain. Pada akhirnya, Sule hanya kebagian Rp 50 ribu.

Setelah program "Opera Van Java" menerima rating tinggi dan populer di Tanah Air, Sule mendapat bayaran hingga Rp 50 juta per episode-nya. Ia sukses menjadi salah satu komedian termahal Tanah Air dan diperkirakan memiliki penghasilan Rp 1 miliar per bulannya.

Selain prestasinya, kehidupan pribadi Sule juga mendapat banyak sorotan. Sule sempat menikah dengan Lina Jubaedah pada 1997 hingga dikaruniai empat orang anak. Lina mendampingi Sule sejak awal sang komedian berjuang meniti karier. Saat Sule masih belum memiliki penghasilan tetap, keduanya memutuskan untuk mengontrak rumah dan menjalankan bisnis untuk menghidupi anak-anak mereka. Mulai dari berjualan ayam goreng hingga kebaya.

Setelah 21 tahun membina rumah tangga dan mencapai kesuksesan bersama, Lina mengajukan gugatan cerai terhadap Sule pada 2018. Kuasa hukum Lina kala itu menjelaskan bahwa alasan gugatan cerai tersebut adalah rasa kesal yang terakumulasi lantaran Sule selalu mengambil keputusan sendiri tanpa berdiskusi dengan istri. Gugatan cerai Lina tersebut membuat publik dan bahkan Sule sendiri merasa terkejut.

Proses cerai tersebut berjalan alot, dengan Sule yang bersikeras mempertahankan rumah tangga mereka. Namun Sule dan Lina akhirnya dinyatakan resmi bercerai pada 20 September 2018. "Saya sudah mempertahankan semuanya, sampai dijemput, sampai datang, sampai bla bla lah semuanya sudah, segala usaha lah. Katanya diguna-guna, katanya, ya saya berusaha terus. Tapi ya takdirnya sudah seperti itu ya. Kita harus ikhlas," terang Sule.

Setelah bercerai dari Lina, Sule sempat dikabarkan dekat dengan sejumlah perempuan yang lebih muda. Salah satunya adalah Nathalie Holscher yang kemudian resmi dinikahi Sule pada 15 November 2020. Sebelum menikahi Sule, Nathalie yang dulunya berprofesi sebagai DJ bahkan rela menghapus tatonya dan memutuskan untuk memeluk agama Islam alias mualaf. Dari pernikahannya dengan Nathalie, Sule dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Adzam Adriansyah Sutisna yang lahir pada 12 Desember 2021.

Sayangnya, Nathalie menggugat cerai Sule pada 3 Juli 2022. Dalam gugatan di Pengadilan Agama Cikarang tersebut, Nathalie hanya menuntut hak asuh anak dan nafkah anak. Menurut Bahyuni selaku kuasa hukum Sule, sang komedian wajib memberikan dua unit mobil, satu rumah di kawasan Tambunan, Bekasi, Jawa Barat, dan nafkah untuk Adzam sebesar Rp 25 juta per bulan.

"Kang Sule itu memberikan 1 mobil Alphard, 1 mobil Mazda, dan kemudian memberikan nafkah untuk Adzam sebesar Rp25 juta per bulan. Kemudian, rumah juga diberikan kepada Ibu Nathalie," beber Bahyuni.

Kini, Sule masih belum mengumumkan tambatan hati baru. Namun Nathalie sempat menggoda Sule soal seorang cewek bule yang disebut-sebut dekat dengan mantan suaminya tersebut. Ketika digoda Nathalie soal sosok cewek bula tersebut, Sule tampak kikuk dan terkesan menghindar.

Di sisi lain, Sule ternyata sempat mengundang kontroversi hingga dilaporkan ke polisi. Kontroversi tersebut terkait ucapan komedian Budi Dalton yang membuat candaan bersifat sensitif terhadap umat Islam. Awalnya, Budi Dalton menyebut bahwa miras (minuman keras) juga memiliki arti lain. "Miras kan minuman Rasulullah," ujar Budi Dalton dalam potongan video yang viral di media sosial.

Candaan Budi Dalton tersebut lantas turut ditertawakan oleh komedian Mang Saswi dan juga Sule. Hal tersebut membuat Sule, Budi Dalton, dan juga Mang Saswi dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada 23 November 2022. Pihak pelapor menilai tertawaan Sule dan Mang Saswi sebagai pembenaran atas ucapan Budi Dalton.

"Kenapa Sule dan Mang Saswi kami laporkan? Di situ kan ketika Budi Dalton menyatakan miras adalah minuman Rasulullah mereka secara refleks tertawa dan kami anggap ikut terlibat. Di situ sama halnya dia membenarkan dan mengiyakan. jadi kami anggap terlibat," ujar Ketua Ampera, Syahrul Rizal, selaku pelapor.

Menyusul kontroversi tersebut, Budi Dalton telah memberikan klarifikasi dan meminta maaf terkait candaannya tersebut. Budi Dalton mengaku tidak bermaksud untuk menistakan agama Islam dengan ujarannya. "Saya itu bermaksud untuk mengubah image negatif tentang apa itu miras menjadi nilai yang positif. Minuman Rasul yang saya maksud itu ada zam-zam, madu dan lain-lain," terangnya.

Menurutnya, video viral tersebut dipotong-potong hingga menimbulkan kesalahpahaman terkait ujarannya. Meski demikian, ia mengaku tidak ada pembenaran atas sikap yang dilakukannya. Ia pun kembali menyampaikan permintaan maaf atas kegaduhan yang timbul imbas ujarannya.

Sementara itu, Sule hingga kini masih belum buka suara terkait kasus yang menyeret namanya tersebut. Ia hanya menyerahkan perkara tersebut kepada Budi Dalton. "Itu sudah diklarifikasi sama kang Budi, jadi kang Budi aja yah," tutur Sule kepada awak media kala ditanya terkait kasus tersebut.

Meski sempat terseret kontroversi, Sule juga kerap menunjukkan sikap dermawan yang patut dicontoh. Sule termasuk dalam sederet artis Tanah Air yang menggalang dana bantuan untuk mendiang Julia Perez pada 2017 lalu. Tanpa gembar-gembor dan dalam waktu singkat, Sule mengumpulkan dana bantuan untuk Jupe dengan mengamen di sebuah restoran.

Selain itu, Sule juga dikabarkan menggelar doa bersama dan memberi santunan untuk 100 anak asuh Laznas Rumah Yatim Jabodetabek dalam rangka ulang tahun pertama putra bungsunya, Adzam, pada 11 Desember 2022 lalu. Dalam acara yang digelar di kediaman Sule di Tambun, komedian tersebut turut melakukan sesi sharing dengan anak-anak asuh dan tak lupa memberi santunan serta buah tangan.

Perjuangan Sule dari nol hingga kini bisa menjadi salah satu komedian termahal di Tanah Air tentu saja bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Kini, Sule lebih aktif membuat konten original di kanal YouTube-nya.

Filmografi

Film

  1. "Janda Kembang" sebagai Erik (2009)
  2. "Arwah Kuntilanak Duyung" sebagai Tukang ojek (2011)
  3. "Sule, Ay Need You" sebagai Sule (2012)
  4. "Sule Detektif Tokek" sebagai Sule (2013)
  5. "Hongkong Kasarung" sebagai Sule (2018)

Sinetron/Sitkom

  1. "Mansoor La Gokilun/Ingat Ingat Lupa" sebagai Sule (2008)
  2. "Awas Ada Sule" sebagai Sule (2009)
  3. "Tom & Juned" sebagai Tom (2011)
  4. "Awas Ada Sule 2" sebagai Sule (2012)
  5. "Oesman 77" sebagai Pak Oesman (2013)
  6. "Awas Ada Sule Lagi" sebagai Sule (2018)
  7. "4 Sehat 5 Sule" sebagai Sule (2020)

Acara Televisi

  1. "Saung SOS"
  2. "Saung Sule"
  3. "Made in Indonesia"
  4. "Opera Van Java"
  5. "OKB"
  6. "Opera Van Java Sahur"
  7. "Dah Dig Dug Nunggu Bedug"
  8. "Sahurnya OVJ"
  9. "OVJ Sahurnya Indonesia"
  10. "PAS Mantab"
  11. "Opera Anak"
  12. "SOS"
  13. "Bukan Talent Biasa"
  14. "Siang Seru Sama Sule"
  15. "Ini Talkshow"
  16. "Ini Sahur"
  17. "Saung Cinta"
  18. "Kita Bergaya"

FTV

  1. "Rahasia Hati Sopir Istri" (2014)
  2. "Sule Sok British" (2017)
  3. "Sule Racun Cinta di Kedai Kopi" (2018)
  4. "Sintaku Dimakan Cacing" (2019)
  5. "Sule Saingan" (2019)
  6. "Sule Kangen Mantan" (2019)
  7. "Sule KKN di Desa Penyanyi" (2020)
  8. "Sule Mengejar Hoki" (2020)

Diskografi

Album

  1. "Prikitiew" (2010)

Kolaborasi

  1. "Smile U don't Cry" (bersama Andre Taulany) (2011)
  2. "Saranghaeyo" (bersama Eru) (2013)
  3. "Smile U don't Cry (remix)" (bersama 3 Djanggo) (2013)
  4. "Kok-Rup-Sih" (bersama Mang Saswi) (2016)
  5. "Tresna Duaan" (bersama Rita Tila) (2018)
  6. "Terpisah Jarak dan Waktu" (bersama Baby Shima) (2019)
  7. "Perjalanan Cinta" (bersama Nabilla Gomes) (2020)
  8. "Satu di Hati" (bersama Nathalie Holscher) (2020)
  9. "Runtah" (bersama Doel Sumbang) (2021)

Single

  1. "Sinyal Cinta" (2009)
  2. "Susis" (2010)
  3. "Bola Salju" (2010)
  4. "Be Happy" (2010)
  5. "Putus Cinta" (2010)
  6. "Salingkuh" (2010)
  7. "Cicilalang" (2011)
  8. "Senyumlah Ibu" (2012)
  9. "Mimin I love you" (2012)
  10. "Wanita Luar Biasa" (2015)
  11. "Revormasi Cinta" (2015)
  12. "Follow Me" (2015)
  13. "Cinta Suci" (2015)
  14. "Aku Cinta Indonesia" (2015)
  15. "Lagu Baruku" (2015)
  16. "Happy New Year" (2016)
  17. "Abah Ema" (2016)
  18. "Ada Kodok" (2016)
  19. "Oh Kekasihku" (2016)
  20. "Kesempurnaan Cinta" (2016)
  21. "Blues Night" (2017)
  22. "Susis Juga Manusia" (2017)
  23. "Kang Dedi Urang Lembur" (2017)
  24. "My Embe" (2017)
  25. "Ramadhan Telah Tiba" (2017)
  26. "Lebaran Datang" (2017)
  27. "Wanita Luar Biasa" (2017)
  28. "Aya Hiji Kurung" (2017)
  29. "Goyang Sule" (2017)
  30. "Jangan Jajan di Jalan" (2018)
  31. "Mimin Dugem" (2018)
  32. "Wanita Terhebat" (2018)
  33. "Hapunten Abah" (2018)
  34. "Pati Lalaki" (2018)
  35. "Balada Seniman" (2018)
  36. "Lampah Diri" (2018)
  37. "Gara Gara Dia" (2018)
  38. "Ngalanglayung" (2019)
  39. "Cuci Mata" (2019)
  40. "Gombal" (2019)
  41. "Iraha Lebaran (Hanaang) Runtah" (2019)
  42. "Pengen Nikahan" (2019)
  43. "Hayu Puasa" (2020)
  44. "Corona Melanda" (2020)
  45. "Randa Anak Dua" (2020)
  46. "Santuykan Aja" (2021)
  47. "Hanya Dirimu" (2021)
  48. "Ramadhan Datang" (2022)

Penghargaan

Indonesian Comedy Awards

  1. 2022: Komedian Terfavorit
  2. 2023: Komedian Terfavorit (nominasi)

Indonesian Television Awards

  1. 2016: Pembawa Acara Talkshow Terpopuler
  2. 2017: Duet Pembawa Acara Terpopuler (bersama Andre Taulany), Pembawa Acara Terpopuler (nominasi)
  3. 2018: Pembawa Acara Terpopuler, Duet Pembawa Acara Terpopuler (bersama Andre Taulany) (nominasi)
  4. 2019: Komedian Terpopuler, Pembawa Acara Terpopuler (nominasi)
  5. 2020: Pembawa Acara Televisi Terpopuler (nominasi)

Kiss Awards

  1. 2022: Komedian/Komika Terkiss (nominasi)

Nickelodeon Indonesia Kid’s Choice Awards

  1. 2011: Komedian Terfavorit
  2. 2012: Komedian Terfavorit
  3. 2013: Komedian Terfavorit
  4. 2014: Komedian Terfavorit (nominasi)
  5. 2015: Presenter Favorit (nominasi)

Panasonic Gobel Awards

  1. 2010: Komedian Terfavorit (nominasi)
  2. 2011: Komedian Terfavorit
  3. 2012: Komedian Terfavorit
  4. 2013: Komedian Terfavorit (nominasi)
  5. 2014: Komedian Terfavorit (nominasi)
  6. 2015: Komedian Terfavorit (nominasi)
  7. 2016: Presenter Talkshow Terfavorit (nominasi)
  8. 2017: Komedian Terfavorit (nominasi), Presenter Talkshow Variety & Entertainment Terfavorit (nominasi)
  9. 2018: Presenter Talkshow Variety & Entertainment Terfavorit (nominasi)
  10. 2019: Presenter Talkshow Variety & Entertainment Terfavorit (nominasi)

Selebrita Awards

  1. 2019: Selebriti Komedian Terfavorit

Trivia

  1. Nama Sule merupakan singkatan dari "Susut Leho" yang berarti pengelap ingus dalam bahasa Sunda
  2. Kerap disangka nama asli Sule, Entis ternyata hanya nama panggilan sayang dari sang ibu
  3. Awalnya bercita-cita menjadi penyanyi
  4. Pernah berjualan jagung bakar di tempat sabung ayam namun malah ikut kena gerebek polisi
  5. Sempat menekuni dunia seni tari sebelum memulai karier sebagai pelawak
  6. Pernah dibayar Rp 2.000 per jam kala menjadi pelawak di radio
  7. Sempat tergabung dalam trio pelawak SOS
  8. Bayaran pertamanya kala pertama tampil di TV hanya Rp 50 ribu
  9. Membeli toa alias megafon untuk mushola kecil dengan penghasilan pertamanya sebagai artis
  10. Memiliki kebiasaan unik, yakni mencari makanan kala sudah tertidur lelap
  11. Sering tampil bersama hingga bersahabat akrab dengan Andre Taulany
  12. Putra sulung Sule, Rizky Febian, sukses menjadi penyanyi terkenal
  13. Sukses bangun rumah mewah bak istana di Perumahan Dukuh Bima, Grand Wisata, Bekasi, Jawa Barat
  14. Sule sempat takut bertemu Rhoma Irama karena sering memparodikan sang Raja Dangdut
  15. Dulunya sering nongkrong dengan tukang becak hingga sopir angkot untuk mengadopsi anekdot-anekdot lucu sebagai bahan lawakan