Antara Android Hingga Windows, Ini Smartphone yang Paling Susah Diretas
SerbaSerbi

Seorang hacker handal mengungkapkan smartphone teraman diantara BlackBerry, Android, IOS dan Windows.

WowKeren - Saat ini telah muncul banyak sistem operasi mobile yang telah beredar di pasaran. Mulai dari BlackBerry, Android, IOS hingga Windows Phone sudah akrab digunakan oleh para pengguna gadget di seluruh dunia.

Seorang hacker handal bernama Steve Lord mengungkapkan daftar mobile operating system yang paling susah untuk diretas. Sebagai pemenang di posisi pertama ditempati oleh sistem operasi buatan Microsoft, Windows Phone.

"Sekarang ini, Windows Phone tampak yang paling sulit untuk diretas," ujar white hacker itu pada What Mobile dilansir dari Kompas Tekno, Selasa (10/11). Meskipun bukan masuk di urutan pertama, Steve ternyata mengagumi sistem keamanan BlackBerry.


"BlackBerry memiliki sejarah panjang dari perangkat yang berfokus pada keamanan," lanjut Steve. Untuk sistem operasi yang mudah dibobol, Steve memilih Android sebagai juaranya. Setelah Android, IOS juga disebut memiliki sistem keamanan terlemah.

"Kemudian datanglah iPhone (IOS), kemudian Blackberry di versi yang lama," ungkap Steve. "Jika aku harus menyerang melalui jaringan atau lewat e-mail atau pesan, Android merupakan target termudah. Jika aku punya akses fisik ke perangkat, aku biasanya menemukan Android sebagai target termudah."

Alasan mengapa Windows Phone adalah smartphone teraman adalah karena pangsa pasarnya kecil. Berkat itu, hacker menjadi kurang antusias untuk menemukan kelemahan Windows Phone. Jika memang ada kerawanan yang ditemukan dan bisa dieksploitasi, tingkat kemanfaatannya masih lebih rendah dari Android atau IOS.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel