Jangan Ngaku Pecinta Kopi Kalau Belum Tahu 10 Trik Bikin Minuman Enak
SerbaSerbi

Berikut langkah-langkah membuat minuman dengan bahan alami kopi.

WowKeren - Kopi merupakan minuman berwarna hitam pekat yang memiliki keharuman khas. Mau diseduh panas ataupun disajikan secara dingin, kopi ini memiliki penggemarnya masing-masing. Kopi pun bisa dinikmati segala kasta manusia, kaya-miskin, tua atau muda. Minuman ini pun menjadi simbol keakraban sambil nongkrong di warung. Kini, kafe dengan kopi sebagai minuman utama pun telah menjamur dimana-mana.

Menikmati kopi nggak hanya di kafe-kafe saja. Kamu pun bisa mengadopsi resep di berbagai situs online dan membuatnya di rumah. Berikut tips dan trik membuat minuman enak dari kopi:

  • Es Batu Rasa Kopi
  • Jangan pernah lagi membikin es kopi di pagi hari. Kamu bisa bikin racikan ini pengganti minuman favoritmu. Kamu mulai bisa bikin minuman dengan tambahan es batu rasa kopi. Racikan ini pun bisa bikin kamu makin semangat sebelum beraktivitas.

    Es baru kopi sebenarnya bukan hal baru. Racikan ini disadur dari Kori coffee, minuman es kopi dari Jepang. Berikut cara membuat es batu rasa kopi ini:

    1. Ambil kopi bubuk dan campurkan pada segelas air hangat. Usahakan bukan kopi instan.
    2. Tunggu hingga dingin dan pindahkan ke cetakan es batu.
    3. Masukkan dalam freezer dan diamkan hingga semalaman.
    4. Kamu bisa menggunakan es batu ini kapan pun diinginkan.
    Di pagi hari, kamu bisa membuat minuman dengan campuran es batu ini. Misalnya es moka atau apapun yang lebih manis. Karena es batu ini terbuat dari kopi pekat dan tanpa gula, usahakan memilih minuman yang berbahan susu.

  • Sirup Rasa
  • Mungkin kamu penyuka kopi dengan beberapa tetes tambahan sirup. Tanpa adanya itu, lidahmu merasa hampa. Mood kamu makin turun ketika ingin merasakannya di pagi hari namun nggak punya waktu di kafe. Tenang, kamu bisa bikin sirup rasa itu sendiri di rumah.

    Beberapa rasa sirup yang digemari itu ada vanila, rasberi, kelapa dan karamel. Berikut cara bikin sirup di rumah:

    1. Vanila: Campurkan 1 gelas gula dan air dalam panci kecil. Ambil vanili, sayat bagian tengah dan ambil bijinya. Masukkan biji vanili yang telah dikupas ke dalam panci. Panaskan campuran dengan api sedang, aduk sesekali hingga gula larut. Kurangi panas ke tingkat lebih rendah dan biarkan mendidih sekitar 10-15 menit. Angkat dari kompor, membuang biji vanili dan biarkan dingin. Simpan di kulkas.
    2. Rasberi: Campurkan 1 gelas gula, air dan tiga perempat rasberi dalam panci kecil. Panaskan campuran dengan api sedang, aduk sesekali hingga gula larut. Kurangi panas ke tingkat yang lebih rendah dan biarkan mendidih sekitar 10-15 menit. Angkat dari api dan tuangkan melalui saringan halus. Biarkan dingin dan simpan di kulkas.
    3. Kelapa: Campurkan tiga perempat gula, air dan seperempat krim kelapa dalam panci kecil. Panaskan campuran dengan api sedang dan aduk sesekali hingga gula larut. Angkat, aduk dan biarkan dingin. Simpan di kulkas.
    4. Karamel: Campurkan tiga perempat gula, air dan seperempat karamel kental. Masak dengan air sedang dan aduk hingga gula larut. Matikan api, dinginkan dan simpan dalam kulkas.
    Racikan sirup gula dapat kamu gunakan kapanpun dibutuhkan. Selain itu nggak cuma buat kopi saja. Kamu juga bisa mencampurkan sirup itu untuk minuman lainnya.

  • Kopi Cair
  • Pernahkan kamu memiliki impian punya kopi cair? Rasa kopi ini nggak berbeda dengan yang lain. Hanya saja bentuknya nggak familiar dari keseharian kamu yang sering melihat kopi bubuk. Kelebihan dari kopi cair adalah kamu tinggal memasukkannya ke segala jenis minuman yang akan dibuat.

    Kopi cair bisa kamu dapatkan di beberapa supermarket di kota besar. Namun bila ingin membuat sendiri, berikut langkah mudahnya:

    1. Masukkan 2 gelas kopi bubuk dan 4 gelas air dalam alat seduh yang disebut French press. Aduk hingga merata, tempatkan plastik di atasnya dan segel dengan karet.
    2. Waktu yang disarankan ketika nge-brew sekitar 12 hingga 18 jam. Semakin lama, adukan akan mencipta rasa dan harum yang khas.
    3. Tekan tutup penyeduh bila kamu merasa waktunya selesai.
    Kopi cair kamu siap digunakan. Untuk pemakaian yang lama, masukkan dalam botol gelas steril. Jangan lupa taruh di dalam kulkas.

  • Es Kopi Kilat 5 Detik
  • Bagi pecinta kopi sejati kadang merasa "haram" meminum kopi instan. Namun sebenarnya ini bukan hal yang mesti dipikir secara serius. Sesekali saja kamu boleh menyeduh dengan bantuan kopi instan. Redam prinsipmu itu karena kita akan bikin kopi kilat 5 detik dengan ramuan instan.

    Untuk lebih amannya, pilih kopi instan hitam. Sudah siap? Berikut langkah-langkah membuat kopi kilat 5 detik:

    1. Letakkan satu sendok kopi instan ke dalam cangkir. Isi dengan setengah gelas air.
    2. Tuangkan sirup sesuai seleramu dan campurkan sedikit susu.
    3. Aduk dan taraaa kopi kilat kamu sudah jadi.
    Kopi ini nggak kalah dengan minuman yang bisa kamu konsumsi di pagi hari. Menariknya, kopi ini nggak membutuhkan waktu lama.

  • Susu Buih
  • Pengen kopi enak tapi nggak ada mesin kopi mewah? Nggak masalah. Yang harus kamu lakukan adalah menggoyang susu dalam botol untuk membuat busa kemudian segera masukkan dalam microwave untuk menstabilkan. Ya, selama ini mesin kopi mewah memang diandalkan untuk membuat susu lebih berbuih. Untuk beberapa minuman kopi dengan campuran susu, teknik ini snagat penting.

    Ingat peribahasa, tak ada akar, rotanpun jadi. Bila nggak punya mesin kopi mewah, beginilah cara membuat susu buih:

    1. Isi botol dengan susu sebanyak yang biasa kamu tambahkan dalam kopi. Tapi usahakan tidak lebih dari setengah botol sehingga ada ruang untuk membuat busa.
    2. Tutup botol dan kocok sekeras yang kamu bisa sampai susu berbusa. Kocok hingga buih mencapai dua kali lipat dalam jumlah sebelumnya.
    3. Buka penutup botol dan masukkan dalam microwave selama 30 detik. Busa susu akan naik dan panas microwave akan membantu menstabilkan.
    4. Tuangkan susu hangat ke kopi dan sendok busa susu di atas minuman.
    Lihat, kopi kamu nggak kalah sama seperti buatan kafe, kan? Agar tetap aman dikonsumsi, usahakan memilih susu yang non fat.


  • Eksperimen dengan Espreso
  • Espreso adalah kopi yang dibuat dengan mengekstraksi biji menggunakan uap panas bertekanan tinggi. Dari para pecinta kopi, espreso memegang "kasta" paling tinggi karena dianggap "darah murni". Espreso disajikan tanpa banyak campuran. Bahkan yang paling ekstrim, tanpa gula. Bila nggak kuat, orang yang meminum espreso bisa pusing dan jantung berdetak kencang.

    Namun untuk penggemar kopi jenis ini, sangat disayangkan bila nggak menyimpan espreso di rumah. Bila malas terus menerus ke kafe, kamu bisa bikin sendiri di rumah. Berikut langkah muda membuat espreso di rumah:

    1. Kamu butuh french press dan kopi bubuk favorit. Gunakan 3 sampai 4 sendok makan espresso per 1 cangkir air. Perbandingan ini tergantung pada seberapa kuat kamu inginkan.
    2. Di sela memasak air, masukkan espresso ke french press. Tunggu air hingga mendidih sekitar 93 derajat celsius. Jika air telah mendidih, matikan api dan tunggu hingga 30 detik untuk mencapai suhu yang tepat.
    3. Tambahkan seperempat cangkir air, biarkan selama 30 detik untuk memungkinkan kopi mengembang. Cara ini untuk melepaskan gas agar menghasilkan kopi yang lebih lembut.
    4. Tambahkan tiga perempat gelas air dan diamkan selama 60 detik.
    5. Tutup french press dan tekan pemutar agar memisahkan ampas dan cairan.
    Espreso kamu bisa segera dinikmati. Bila terasa terlalu keras, segera tambahkan gula.

  • Buat Krimermu
  • Krimer kerap dijadikan kambing hitam. Dalam kopi instan, krimer menjadi kandungan buruk karena bahan susu dan gula. Beberapa orang menganggap gula yang digunakan tidak alami dan berasal dari bahan olahan. Bila ingin menghindari itu, kamu bisa membuat krimer sendiri.

    Cara nggak sulit dan kamu bisa mencobanya di rumah sebelum berangkat beraktivitas. Berikut cara mudah membuat minuman kopi dengan tambahan krimer:

    1. sediakan satu setengah gelas susu, 2 sendok teh kayu manis, 1 sendok makan gula coklat, 2 sendok teh ekstrak vanila, 1 sendok teh ekstrak mentega dan susu kental manis secukupnya.
    2. Dalam panci kecil, gabungkan susu, kayu manis dan gula cokelat. Masak dengan api sedang. Aduk terus hingga gula larut. Masukkan ekstrak vanila, mentega dan susu manis dan aduk pelan.
    3. Matikan api dan masukkan larutan itu ke dalam satu botol besar. Dinginkan sampai siap digunakan. Kocok sebelum dipakai.
    Krimer ini bisa kamu pakai sesuka hati. Nggak melulu ketika bikin kopi. Kamu pun bisa memakainya untuk minuman manis lainnya.

  • Kopi dalam Es Krim Lolipop
  • Es krim lolipop merupakan jenis hiburan masa kecil yang susah dilupakan. Sekali menangis dan orang tua menyodorkan es krim ini, sedih pun hilang. Es krim lolipop memang nggak seheboh dulu. Namun untuk mengenangnya, beberapa menyukanya membuat rasa yang berbeda. Misalnya mengganti bahan es krim dengan kopi.

    Es krim lolipop memiliki ciri yang khas dengan stik sebagai pegangan. Kamu bisa menambahkan menjadi dua stik bila kandungan es krim dirasa terlalu berat. Begini cara membuat es krim lolipop rasa kopi:

    1. Sisihkan sepertiga cangkir krim dan mempermanis dengan sedikit gula. Aduk hingga larut.
    2. Tuangkan sedikit krim ke bagian bawah cetakan sekitar 2cm. Bekukan cetakan sampai padat sekitar satu jam.
    3. Campur kopi, krim dan gula secukupnya dalam gelas ukur. Aduk sampai gula larut. Lakukan cara ini hingga mendapatkan takaran 2 seperempat cangkir. Diamkan hingga dingin
    4. Tuangkan campuran kopi dingin ke dalam setiap cetakan es krim. Tutup bagian atas dengan foil dan masukkan stik. Bekukan hingga padat.
    Es krim kamu sudah jadi. Sajikan ketika ada acara keluarga atau bisa kamu nikmati di kala matahari bersinar terang dan panas.

  • Es Batu Unik
  • Bila biasanya kamu menemukan es batu berbahan dasar air, kali ini di topik ini terdapat 2 buah trik dengan mengangkat itu. Selain berbahan kopi, ada pula es batu dengan rasa lainnya. Misal untuk kali ini lebih banyak variasi rasa. Kamu bisa menambahkan gula, susu dan kopi. Bentuknya berbeda dengan es batu biasanyanya. Karena pembekuan menggunakan botol maupun gelas kopi yang biasa kamu pakai.

    Minuman ini cocok dikonsumsi ketika musim panas. Berikut cara mudah membuat es batu rasa:

    1. Buat minuman kopi sesuai dengan takaran kamu biasanya. Jangan lupa seduh dengan air panas.
    2. Dinginkan minuman dan masukkan dalam botol.
    3. Tutup botol dan masukkan dalam kulkas. Tunggu hingga beku.
    Melahap es batu paling enak dengan bantuan sendok. Tunggu es batu agak mencair agar mudah disendok.

  • Penghalus Kopi
  • Bila nggak punya penghalus biji kopi, kamu bisa menggunakan blender. Memang pada dasarnya nggak disarankan menggunakan alat ini terus menerus karena bisa mematahkan mata pisau dalam blender. Namun kamu bisa menggunakannya sesekali menunggu tabungan mencukupi untuk membeli grinder.

    Usahakan di rumah punya blender. Kalau nggak punya, bisa pinjam tetangga. Begini langkah mudah menghaluskan kopi menggunakan blender:

    1. Gunakan pisau yang akan menggiling biji kopi menjadi serpihan kecil. Pembeda pisau blender dengan grinder terletak pada hasil serpihan. Grinder lebih halus sehingga kopi kamu lebih lembut.
    2. Biasanya ada tombol pulse pada blender agar dapat mengatur durasi penggilingan. Ada baiknya menekan tombol ini untuk melihat hasil awal sebelum menekan 1 atau 2.
    3. Mulailah memblender dan tunggu hingga biji kopi berubah menjadi serpihan sesuai dengan kebutuhan.
    Jangan bandingkan hasil serpihan dengan menggunakan grinder kopi biasa. Karena blender sulit menghasilkan bubuk kopi yang konsisten. Tapi dengan hasil seperti itupun kamu bisa menggunakannya untuk menyeduh kopi.

Trik di atas nggak melulu soal minuman kopi. Ada beberapa tips berkaitan dengan bahan minuman kopi yang bisa kamu terapkan di rumah. Tips ini membantu kamu ketika ingin membuat minuman kopi layaknya di kafe.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru