Piala Dunia Hingga Umrah, Ini Deretan Agenda 2022 yang Dibayangi Ancaman Omicron
YouTube
Dunia
Kaleidoskop 2021

Selamat Tahun Baru! Selamat menyambut pelaksanaan deretan agenda hingga isu-isu yang menarik untuk diantisipasi pada 2022, namun dibayangi pandemi COVID-19 Omicron.

WowKeren - Pembatasan mobilitas dan larangan berkumpul merupakan strategi untuk mengendalikan pandemi COVID-19. Karena itulah, sejumlah agenda terpaksa dibatalkan atau ditunda karena situasi yang belum memungkinkan.

Meski demikian, beberapa agenda siap kembali digelar tahun 2022 ini, tentu dengan penerapan berbagai protokol kesehatan. Termasuk di antaranya turnamen olahraga sebesar Piala Dunia hingga agenda keagamaan Umrah dan Haji.

Bukan hanya kedua agenda tersebut, WowKeren juga sudah merangkumkan sederet agenda dan isu, baik di Indonesia maupun internasional, yang patut diantisipasi. Simak daftar selengkapnya berikut ini ya.

(wk/elva)

1. Olimpiade Musim Dingin Beijing dan Piala Dunia Qatar 2022


Olimpiade Musim Dingin Beijing dan Piala Dunia Qatar 2022
Twitter/beijing2022

Olimpiade-Paralimpiade Musim Panas akhirnya digelar di Tokyo, Jepang pada 2021 setelah diundur setahun. Kini giliran Beijing, Tiongkok yang menjadi tuan rumah untuk Olimpiade Musim Dingin yang rencananya diselenggarakan 4-20 Februari 2022.

Bergeser sedikit ke daerah lain di Tiongkok, olimpiade musim dingin juga ditemani oleh sebuah festival yang tak kalah meriah di Harbin. Bertajuk "38th Harbin Ice and Snow Festival", festival ini digelar sejak 5 Januari 2022 sampai akhir Februari.

Di sisi lain, Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 bukan satu-satunya agenda olahraga dunia yang digelar tahun depan. FIFA juga akan menyelenggarakan Piala Dunia pada 21 November sampai 18 Desember 2022 di Qatar.

Namun sejauh ini Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 sudah memastikan tidak boleh ada penonton di venue karena masih pandemi COVID-19. Apalagi karena virus Corona varian Omicron tengah sangat berkembang beberapa waktu belakangan.

2. RI 'Laris Manis' Jadi Tuan Rumah, Termasuk Mandalika MotoGP


RI 'Laris Manis' Jadi Tuan Rumah, Termasuk Mandalika MotoGP

Tiongkok punya Olimpiade Musim Dingin, Qatar dengan Piala Dunia, maka Indonesia juga tidak mau kalah. Sebab Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat juga telah dijadwalkan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP pada 20 Maret 2022.

Sebenarnya bukan hanya MotoGP yang akan digelar di Indonesia. Yang tengah ramai beberapa waktu belakangan, yakni Formula E, juga sudah dijadwalkan untuk digelar di DKI Jakarta pada 4 Juni 2022. Namun pelaksanaannya masih memicu kontroversi terkait sirkuit pelaksanaannya.

Dari cabang olahraga bulu tangkis pun Indonesia juga siap menjadi tuan rumah, setidaknya di Indonesia Masters dan Indonesia Open. Selain itu Indonesia juga menjadi tuan rumah turnamen basket FIBA Asian Cup pada 12-24 Juli 2022.

Wah, cukup banyak ya? Mari berharap agar situasi pandemi COVID-19 makin terkendali sehingga masyarakat bisa meramaikan langsung di venue.

3. Hanoi SEA Games 2021 dan Hangzhou Asian Games 2022


Hanoi SEA Games 2021 dan Hangzhou Asian Games 2022
Facebook

Seperti Tokyo Summer Olympics-Paralympics, Hanoi SEA Games 2021 juga mundur setahun dari jadwal semestinya. Turnamen olahraga untuk negara-negara Asia Tenggara ini dijadwalkan terselenggara di Vietnam pada 12-23 Mei 2022.

Mundurnya jadwal tersebut membuat ada 2 turnamen olahraga tingkat Asia yang diselenggarakan di tahun yang sama. Adalah Asian Games 2022 yang akan digelar di Hangzhou, Tiongkok pada 10-25 September 2022.

Familiar dengan Asian Games? Mari flashback ke tahun 2018, ketika Indonesia, tepatnya Jakarta dan Palembang, menjadi tuan rumah agenda tersebut. Di sisi lain, Hangzhou Asian Games 2022 membuat Tiongkok menjadi tuan rumah 2 turnamen olahraga sekaligus tahun ini.

4. Waktunya Rekreasi! Rio de Janeiro Carnival dan Oktoberfest Jerman 2022


Waktunya Rekreasi! Rio de Janeiro Carnival dan Oktoberfest Jerman 2022

Beralih dari olahraga, sejumlah festival kebudayaan juga mulai diselenggarakan di tengah pandemi COVID-19. Tentu saja pelaksanaannya disesuaikan perkembangan situasi di lapangan serta dengan protokol kesehatan ketat.

Termasuk di antaranya Rio de Janeiro Carnival yang akan digelar pada 25 Februari sampai 5 Maret 2022. Festival kebudayaan ini melibatkan banyak penampil dengan pakaian serta make up menakjubkan, berparade sambil menari Samba bersama-sama di lokasi. Tentu saja festival ini dipadati oleh banyak pengunjung sekaligus.

Bukan hanya memamerkan keragaman budaya, ada pula satu lokasi yang bisa dikunjungi yakni Praca XV di dekat titik temu Sambodromo. Mengutip riocarnival.org, lokasi tersebut adalah tempat lahirnya Brasil yang pada 2022 genap berusia 200 tahun, sehingga patut diantisipasi apakah akan ada agenda khusus untuk turut merayakannya.

Selain itu ada pula agenda Oktoberfest di Munich, Jerman yang dijadwalkan pada 17 September hingga 5 Oktober 2022. Festival bir berskala besar ini bisa dihadiri orang-orang dari penjuru dunia, tentu dengan reservasi sebelumnya. Oktoberfest kali ini cukup disorot karena sudah pelaksanaan tahun 2020 dan 2021 dibatalkan akibat wabah COVID-19.

5. Ada COVID-19 Omicron, Bagaimana Nasib Umrah dan Haji?


Ada COVID-19 Omicron, Bagaimana Nasib Umrah dan Haji?

Agenda keagamaan yang melibatkan kerumunan besar juga ikut terdampak pandemi COVID-19. Termasuk Umrah dan Haji yang pelaksanaannya terus dibayangi dengan ketidakpastian.

Seperti Indonesia yang masih menunda pemberangkatan jemaah Umrah dari masyarakat umum setelah temuan varian Omicron di Arab Saudi. Bahkan Kementerian Agama belum ingin berspekulasi soal kemungkinan kelanjutan pemberangkatan jemaah Umrah pada Januari 2022.

Nasib serupa juga dialami oleh ibadah Haji, yang bahkan sudah 2 kali berturut-turut dibatalkan oleh Indonesia karena kondisi pandemi COVID-19. "Tarik ulur" semacam ini juga terjadi di berbagai negara, menyesuaikan dengan perkembangan wabah di lapangan.

6. Presidensi G20 dan KTT di Bali


Presidensi G20 dan KTT di Bali

Indonesia telah resmi menerima Presidensi G20 pada akhir 2021. Mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger" yang bercermin dengan kondisi pandemi COVID-19, Presidensi G20 dipegang oleh Indonesia sampai 30 November 2022.

Sebagai ujung Presidensi G20, Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, pada 30-31 Oktober 2022. Pemerintah sudah mulai mempersiapkan segala yang diperlukan sejak kini.

7. Patut Dikawal: RUU PKS, UU Cipta Kerja, hingga Pindah Ibu Kota


Patut Dikawal: RUU PKS, UU Cipta Kerja, hingga Pindah Ibu Kota
satlawproject.eu

Masih berkaitan dengan politik, birokrasi, dan konstitusi di Indonesia, tahun 2022 juga diwarnai dengan sejumlah isu kontroversial. Seperti keberadaan sejumlah beleid yang ditagih untuk disahkan tahun 2022, seperti Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) yang sulit menemui titik terang dalam beberapa tahun terakhir.

Ada pula UU Cipta Kerja yang sudah disahkan namun baru-baru ini dinyatakan inkonstitusional. Mahkamah Konstitusi pun menjatuhkan putusan memberi kesempatan bagi pemerintah untuk merevisi dalam 2 tahun atau UU Cipta Kerja tidak bisa berlaku.

Tak ketinggalan beleid lain seperti Permendikbud PPKS yang mengusung isu serupa RUU PKS, atau penentuan detail pelaksanaan Pemilihan Umum 2024. Regulasi terkait pemindahan Ibu Kota serta penanganan pandemi COVID-19 juga patut diantisipasi perkembangan ke depannya.

8. Ada COVID-19 Omicron, RI Sigap Tancap Gas Vaksinasi Booster


Ada COVID-19 Omicron, RI Sigap Tancap Gas Vaksinasi Booster
Pixabay

Deretan agenda dan isu yang dibahas sebelumnya sedikit banyak terpengaruhi oleh pandemi COVID-19. Apalagi karena keberadaan varian baru Omicron terus memicu kekhawatiran dengan tingginya tingkat penularan.

Di Indonesia sendiri sudah ada 68 pasien COVID-19 Omicron, salah satunya kasus transmisi lokal, sehingga pemerintah berencana segera menyelenggarakan vaksinasi booster. Yang terbaru, pemerintah disebut akan memulai program booster COVID-19 pada 12 Januari 2022 dengan prioritas kepada lansia.

Berbeda dengan vaksinasi dosis primer, booster akan diberikan secara berbayar kepada masyarakat umum. Meski demikian, belum diketahui merek dan harga dari vaksin yang akan digunakan, maupun bagaimana mekanisme pelaksanaannya nanti.

Yang pasti, sangat disarankan untuk segera mendapat dosis ketiga vaksin COVID-19 demi menangkal Omicron atau varian lain. Selain itu, disiplin protokol kesehatan hingga mengurangi bepergian ke luar negeri bisa membantu mencegah penularan varian Omicron.

9. Masih COVID-19, Bisakah 2022 Bebas Sekolah Offline Sampai Konser?


Masih COVID-19, Bisakah 2022 Bebas Sekolah Offline Sampai Konser?

Tentu himpunan di atas tidak mencakup semua agenda dan isu yang akan terjadi pada 2022. Bila situasi pandemi COVID-19 makin terkendali, bukan tidak mungkin agenda-agenda yang melibatkan kerumunan besar seperti konser musik akan diselenggarakan.

Banyak faktor yang berpengaruh untuk berakhirnya pandemi. Seperti terkait pengembangan vaksin, obat, atau metode penyembuhan atas wabah COVID-19.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri mendorong kesetaraan distribusi vaksin COVID-19 untuk mengakhiri pandemi pada 2022, sebagaimana harapan kita semua, bukan? Bila pandemi makin terkendali, sekolah offline, pusat perbelanjaan hingga fasilitas karaoke akan kembali bisa dinikmati tanpa rasa cemas.

Jadi, jangan lupa selalu jaga kesehatan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sekali lagi, Selamat Tahun Baru 2022 pembaca WowKeren!



You can share this post!

Related Posts