'Kick Off' Vaksin Booster COVID-19 Mulai 12 Januari 2022, Disediakan 2 Skema Seperti Ini
AFP/JIJI
Nasional

Pemerintah membenarkan target dimulainya vaksinasi COVID-19 dosis ketiga alias booster adalah 12 Januari 2022. Pemerintah saat ini tengah mempersiapkan regulasi dan skema pelaksanaannya.

WowKeren - Pemerintah sudah memastikan vaksinasi COVID-19 dosis penguat alias booster akan dimulai pada tahun 2022. Kini jadwal vaksinasi pertamanya sudah disampaikan oleh Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto, yakni ditarget dimulai pada 12 Januari 2022.

Menurut Airlangga, program booster vaksin COVID-19 ini ditujukan untuk warga lanjut usia dan kelompok rentan terlebih dahulu. Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan juga akan dijadwalkan menerima booster COVID-19 gratis.

"Pemerintah berharap di Januari nanti tanggal 12 akan dimulai vaksinasi booster," kata Airlangga, Jumat (31/12). Program ini kemudian dilanjutkan untuk masyarakat umum non-PBI BPJS Kesehatan secara berbayar.

Program booster vaksinasi COVID-19 ini nantinya dijalankan dengan 2 skema. Yakni pemberian vaksin homologus alias dosis 1-3 menggunakan platform dan merek yang sama. Sedangkan skema kedua adalah secara heterologus, atau pemberian vaksin dosis ketiga berbeda dengan yang digunakan saat penyuntikan dosis 1 dan 2.


Airlangga memastikan dua skema booster yang disiapkan sudah melalui rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). Selain itu, vaksin yang digunakan juga dipastikan akan mendapat izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization / EUA) terlebih dahulu dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Targetnya, BPOM akan memberikan EUA untuk vaksin homologus pada awal 2022. "Dan Indonesia (vaksin booster) yang siap adalah, selain yang homologus, yang disiapkan untuk suntikan ketiga yaitu Pfizer, Moderna, Sinovac, dan Sinopharm," imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu, juga membenarkan bahwa vaksinasi booster sedianya dimulai pada 12 Januari 2022. Saat ini pemerintah masih menyiapkan regulasi hingga kesiapan stok vaksin booster.

"Iya betul rencana kick off tanggal 12 Januari 2022. Kami sedang melakukan persiapan-persiapan terkait regulasi, pemetaan sasaran, kesiapan logistik vaksin, alur pelayanan, dan rencana simulasi," lanjutnya. "Sebelum tanggal 12 Januari, di Jabodetabek."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait