Bikin Gempar, Ini 8 Momen Tak Telupakan di Panggung K-Pop Tahun 2016
Musik

Berikut ini deretan kabar tragis hingga yang menggembirakan di panggung musik K-Pop sepanjang 2016.

WowKeren - Kancah musik K-Pop di awal tahun 2017 ini bisa jadi dihiasi dengan banyaknya grup yang debut maupun comeback. Tetapi tampaknya hal itu sejauh ini belum bisa menjadi obat dari banyaknya kejadian di masa lalu.

Seperti kita tahu, sepanjang 2016 kemarin pecinta musik K-Pop senantiasa dimanjakan dengan debut grup-grup keren. Namun di sisi lain, fans juga dibuat patah hati dengan berita bubar dan keluarnya member dari beberapa grup idol ternama.


Di bawah ini WowKeren rangkumkan dari Soompi sejumlah momen tak terlupakan yang terjadi di panggung K-Pop. Khususnya yang membuat gempar fans sepanjang 2016 lalu.

  1. Pertama adalah kabar bubarnya sederet grup papan atas dan penuh talenta. Siapa lagi kalau bukan 4Minute dan Kara, serta yang paling mengejutkan adalah 2NE1 yang resmi dibubarkan di tengah kabar akan segera melakukan comeback.
  2. Kedua. Selain kabar bubar, fans K-Pop akhirnya bisa bernafas lega mendengar reuni dari sejumlah grup lawas dan idol senior yang memulai comeback. Adalah Sechs Kies yang mengejutkan fans lantaran bersatu kembali di bawah YG Entertainment setelah bubar 16 tahun silam. Sechs Kies mengawali comeback dengan menggelar konser sejak awal 2016, kemudian hadir merilis single "Three Words" disusul album baru. Tak lama setelahnya, Shinhwa menyusul comeback dan bahkan tampil di konser musik akhir tahun. Selanjutnya ada S.E.S, grup cewek generasi pertama SM Entertainment yang merilis album tepat di awal tahun 2017. Ada pula solois Se7en yang merilis album baru dan kabar comeback Rain juga tak kalah memberikan kejutan.
  3. Ini dia yang juga ikut menjadi faktor kebangkitan musik K-Pop. Comeback Bangtan Boys lewat album "WINGS". BTS terus menerus menunjukkan taringnya sejak hadir dengan mini album series "The Most Beautiful Moment in Life". Mereka semakin bersinar dan dikenal dunia setelah merilis "WINGS" dengan title track "Blood Sweat & Tears" Oktober 2016.
  4. Twice. Grup asuhan JYP Entertainment yang debut tahun 2015 ini juga meledak di 2016. Twice bahkan membuat fans K-Pop hingga non K-Popers ikut demam "Sha Sha Sha" dari lagu "Cheer Up" hingga terakhir kali comeback hadir merilis "TT".
  5. Selanjutnya ada bangkitnya genre musik yang tidak biasa di panggung K-Pop. Bukan hanya hip hop, EDM, tapi juga jenis musik soul dan R&B ikut mewarnai industri musik K-Pop. Nama-nama penyanyi seperti Crush dan Dean juga mulai diperhitungkan. Mereka bahkan bersaing dengan grup idol dalam mendominasi chart musik.
  6. Keenam ada comeback Big Bang. Comeback yang sudah ditunggu-tunggu sampai membuat fans lebih dari sekedar tak sabar akhirnya terjadi. Big Bang pun hadir dengan full album "MADE" setelah setahun lamanya dan menambah 3 single baru.
  7. Anutusiasme publik menyambut jebolan idol baru dari ajang "Produce 101" juga menjadi warna tersendiri di industri musik Korea Selatan. Ajang ini bahkan melahirkan IOI beranggotakan 11 cewek cantik dari berbagai agensi yang berpromosi sebagai satu grup selama satu tahun. Tak tanggung-tanggung, ajang serupa versi cowok juga dibuat setelah lahirnya IOI.
  8. Terakhir adalah pertumbuhan platform musik digital yang dipilih jadi alternatif baru perilisan karya. Sebut saja SM STATION yang rajin merilis MV dan single baru di channel YouTube-nya setiap sepekan sekali. Ada juga JellyFish yang hadir denganJelly Box, perilisan melalui Naver V Live dan lain-lain.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru