Terbuat Dari Rumput, Sumpit Spesial Buatan Jepang Ini Bisa Dimakan
SerbaSerbi

Bikin penasaran, kira-kira seperti apa rasa sumpit spesial yang terbuat dari rumput?

WowKeren - Warga Jepang memang selalu menggunakan sumpit sebagai alat makannya. Mulai dari sumpit berbahan besi yang ramah lingkungan maupun kayu sekali pakai. Untuk itu Jepang menciptakan inovasi baru yaitu sumpit yang dapat dimakan.

Dilansir dari Rocketnews24, sumpit itu terbuat dari rumput igusa jenis reeds yang biasa dipakai untuk membuat anyaman tatami. Sekilas sumpit tersebut memang tampak seperti biasa. Bahkan terlihat seperti sumpit kayu yang biasa dipakai warga desa.

Namun saat digunakan, barulah terasa perbedaannya. Sumpit kayu umumnya terasa kaku, tapi sumpit buatan Marushige Confectionery pabrikan Nagoya ini bertekstur lebih lembut. Teksturnya yang tak terlalu kuat itulah yang membuat sumpit ini bisa digigit dan dimakan.


Bahan baku sumpit unik ini sendiri diambil secara khusus dari rumput igusa yang tumbuh di Prefektur Kumamoto. Meski dulu sempat berjaya saat menjadi wilayah utama penghasil igusa, namun popularitas tatami sendiri mulai menurun dan digantikan bahan bangunan yang lebih modern.

Sumpit ini pun diharapkan dapat membantu para petani igusa sekaligus menjaga ekosistem lingkungan dari sampah sumpit. Jadi daripada membuang-buang sumpit, Marushige menyarankan untuk memakan sumpit yang telah dipakai.

Sayangnya, rasa sumpit ini tidaklah seenak yang diharapkan. Saat dites dalam dua restoran Tokyo, sumpit itu disebut benar-benar terasa seperti rumput igusa. Sehingga para pelanggan lebih baik memakannya bersama kudapan lain. Namun sumpit ini memiliki serat tinggi yang berasal dari rumput.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru