Tiba-Tiba Cegukan Saat Puasa? Nggak Usah Takut Batal, Ini Loh 8 Cara Gampang Mengatasinya
SerbaSerbi

Ternyata ada banyak metode untuk menghilangkan cegukan saat puasa. Penasaran apa saja caranya?

WowKeren - Cegukan memang menjadi hal biasa yang bisa dialami oleh siapa saja. Biasanya orang-orang akan segera minum air putih untuk menghilangkan cegukan. Lalu bagaimana ketika cegukan saat puasa seperti ini?

Tenang saja, kalian nggak perlu membatalkan puasa dengan sengaja minum air putih kok. Ternyata ada banyak metode untuk menghilangkan cegukan saat puasa. Penasaran apa saja caranya? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Tahan Napas

Selain minum air atau menelan makanan, ternyata menahan napas juga ampuh untuk menghilangkan cegukan lho. Coba ambil napas dalam dengan hidung lalu tahan napas selama kira-kira sepuluh detik.

Jika dirasa sudah cukup, hembuskan pelan-pelan dan ulangi lagi sampai tiga atau empat kali. Jika cegukannya belum hilang, kalian bisa mengulanginya lagi setiap dua puluh menit.

2. Bernapas Dalam Kantong Kertas

Selain menahan napas, kalian juga bisa menghilangkan cegukan dengan menggunakan kantong kertas lho. Caranya juga gampang banget. Kalian hanya perlu menyiapkan kantong kertas kosong yang cukup kuat.

Jika sudah siap, tempelkan leher kantong kertas ke mulut dan hidung lalu bernapaslah dalam kantong tersebut. Tanpa disadari, karbon dioksida itu akan membuat otot diafragma melemas dan cegukannya jadi hilang.

3. Duduk Memeluk Lutut

Jika kedua cara di atas masih belum sanggup menghilangkan cegukannya, kalian bisa mencoba teknik duduk menekuk lutut. Posisi ini akan memberikan tekanan pada area diafragma agar udara yang terjebak bisa keluar.

Caranya gampang banget kok. Kalian hanya perlu duduk dengan posisi kaki ditekuk lalu peluk bagian lutut. Condongkan badan ke depan seperti mau meringkuk dan tahan posisimu selama dua menit.

4. Pijat Area Ulu Hati

Untuk cara yang lebih ampuh, coba pijat di area ulu hatimu. Otot-otot diafragma yang menjadi lokasi cegukan memang letaknya persis di bawah ulu hati. Tepatnya di atas perut.


Dengan begitu, beri tekanan lembut pada area tersebut dengan ujung jari-jari. Lakukan selama 20-30 detik atau hingga cegukannya hilang. Tapi tak perlu terlalu kuat ya memijatnya.

5. Sengaja Batuk

Selain itu kalian juga bisa menghilangkan cegukan dengan batuk lho. Cobalah sengaja batuk di sela-sela cegukan sebelum cegukan selanjutnya.

Kalau bingung, kalian bisa batuk sekeras mungkin jika merasa cegukan akan muncul lagi. Kalau perlu ulangilah cara ini hingga 4 kali atau cegukannya benar-benar hilang.

6. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Seperti saat sakit perut, siapa sangka jika menggunakan minyak kayu putih juga bisa menghilangkan cegukan. Caranya, gunakan minyak tersebut dengan mengoleskannya ke bagian leher sampai dengan perut. Dengan begitu organ dalam dapat berfungsi kembali dengan normal.

7. Tutup Hidung, Telinga dan Mata

Ada pula metode dengan menutup hidung, telinga dan mata. Caranya letakkan kedua jempol tangan ke flap kecil yang ada di bagian depan saluran telinga. Lalu tekanlah ke dalam untuk menutup kanal.

Sementara itu, gunakan kedua jari kelingking untuk menutup hidung dari 2 sisi lalu tutuplah mata kalian. Ambil napas dalam-dalam dan coba tahan selama kalian mampu. Dengan begitu cegukan bisa hilang dengan mudah.

8. Mengageti Tubuh

Kalian juga bisa menghilangkan cegukan dengan mengageti tubuh lho. Caranya, lakukan sesuatu secara tiba-tiba seperti mendadak berdiri untuk membuat tubuh kalian terkejut.

Bisa juga dengan meminta orang lain untuk mengejuti atau menggelitik badanmu. Karena sensasi kejut dan geli mampu mengalihkan perhatianmu dari cegukan.

Itulah beberapa cara ampuh untuk menghilangkan cegukan saat puasa. Dari kedelapan cara di atas nggak ada hal yang bikin puasamu batal kan. Selamat mencoba!

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru