Lakukan Analisis Lebih Lanjut, Ha Sung Woon Terbukti Tak Mengumpat
Selebriti

Pada 19 April, fans merilis hasil analisis lebih lanjut dari Sound Engineering Institute di Universitas Soongsil di Seoul...

WowKeren - Beberapa waktu lalu, Ha Sung Woon sempat dibanjiri kritikan karena dianggap mengucapkan umpatan di siaran langsung bersama Wanna One. Tak lama kemudian, Digital Forensic Lab berhasil memastikan bahwa kata-kata yang diucapkan Sung Woon bukanlah umpatan seperti yang dituduhkan haters.

Di lain sisi, ternyata ada sebagian orang yang mengatakan tak percaya hasil analisis karena dilakukan oleh perusahaan swasta. Dalam upaya untuk menghapus keraguan publik, fans Ha Sung Woon lalu meminta analisis lebih lanjut pada Sound Engineering Institute di Universitas Soongsil di Seoul.

Pada 19 April, hasil analisis menunjukkan bahwa Ha Sung Woon memang tak menggunakan kata-kata slang/seksual di video tersebut. Lembaga ini menyatakan bahwa suara Ha Sung Woon tidak sesuai dengan suara pada saat 39-40 detik di klip (dimana Ha Sung Woon diduga berkata "Aku lebih baik mengumpat").


Begitu pula dengan suara pada menit 1:00-1:01 (dimana istilah seksual diduga dikatakan oleh Sung Woon). Mereka menyimpulkan bahwa tak satu pun dari kata-kata yang diduga benar-benar diucapkan dalam video. Seperti hasil analisis sebelumnya, institut tersebut menyatakan bahwa suara yang dianggap berulang kata-kata makian bukanlah suara yang dibuat oleh seseorang.

Mereka menyimpulkan bahwa isi file audio hanya percakapan yang ramah dengan tujuan menghilangkan perasaan bosan dan gugup. Sementara itu, penggemar Ha Sung Woon telah menyatakan bahwa hasil analisis akan digunakan saat mereka mengajukan tuduhan pencemaran nama baik karena komentar jahat dan penyebaran rumor palsu.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait