Film Review: 'The Adventures of Tintin: The Secret of the Unicorn'
Film

Tidak sengaja membeli model kapal kuno, Tintin terlibat dalam pencarian kapal karam yang berisi harta karun dari abad ke-17.

WowKeren - Latar belakang cerita 'The Adventures of Tintin: The Secret of the Unicorn' diawali dari abad 17 saat kapten kapal 'Unicorn', Sir Francis Haddock, membawa muatan harta karun yang tak ternilai harganya. Namun sayang di tengah laut, 'Unicorn' dibajak Rackham Merah. Demi melindungi harta tersebut, Sir Francis Haddock terpaksa meledakkan dan menenggelamkan kapalnya. Berikutnya Sir Francis Haddock membuat 3 model mini dari kapal 'Unicorn' yang mana masing-masing kapal itu menyimpan selembar kertas perkamen kecil berisi rahasia untuk menemukan harta karun itu.

Tintin, seorang wartawan muda asal Belgia, bersama anjing putih yang setia menemaninya, Snowy, secara tidak sengaja membeli satu dari model mini kapal 'Unicorn'. Tanpa pernah tahu rahasia harta karun yang dibawa kapal 'Unicorn', Tintin telah terlibat di dalamnya. Ia diculik oleh Sakharine yang berusaha mengumpulkan ketiga lembar kertas perkamen rahasia yang tersimpan di tiang kapal mini 'Unicorn'. Saat melarikan diri, Tintin bertemu dengan Kapten Archibald Haddock yang masih keturunan Sir Francis Haddock, pewaris rahasia Unicorn. Sayangnya, Kapten Haddock ternyata seorang pemabuk dan tidak ingat lagi cerita 'Unicorn' yang sudah diwariskan turun temurun dari nenek moyangnya.

Petualangan Tintin di film 'The Adventures of Tintin: The Secret of the Unicorn' ditampilkan dengan animasi berbasis 3 dimensi dengan sangat apik oleh Steven Spielberg dan Peter Jackson yang sudah dikenal lewat tangan dinginnya di serial Lord of The Rings (LOTR) dan King Kong. Dengan teknologi digital Weta live action seperti yang sudah dilakukan Peter untuk menghidupkan Gollum di LOTR, raut dan gerak wajah Tintin pun terlihat sangat nyata. Perhatikan ketika rambut Tintin bergerak helai demi helai ditiup angin. Animasinya terlihat seperti gambar hidup.

Bila Anda sudah pernah membaca buku komiknya, tentunya Anda sudah mengetahui adegan demi adegan yang menanti di film ini. Namun tidak semuanya jalan cerita di film ini sama dengan komik aslinya. Omar Ben Salaad, saudagar Arab yang memiliki model Unicorn ketiga sebenarnya tidak ada di cerita komiknya. Begitu pula kaitan si pencopet dompet dengan pencarian kertas Unicorn yang tidak tepat. Tentunya hal ini cukup mengecewakan pembaca komiknya.

Tapi kekecewaan Anda akan terobati dengan aksi seru Tintin saat pesawat yang dibajaknya terbakar dan jatuh di padang pasir. Juga saat Tintin dan Kapten Haddock mengejar Sakharine yang membawa lari ke-3 kertas rahasia Unicorn. Benar-benar aksi yang menawan. Selipan komedi juga tidak dilupakan oleh Steven. Lihatlah betapa lucunya anjing Rotweller penjaga kastil Marlinspike Hall bermain-main dengan Snowy ataupun raut wajah lucu Kapten Haddock saat melihat Tintin berhasil mencuri kunci dari awak kapal Karaboudjan.


The Adventures of Tintin: The Secret of the Unicorn ini adalah film yang diadaptasi dari komik ke-11 serial Tintin yang dikarang oleh Herge, kartunis asal Belgia. Di seri inilah pertama kalinya Tintin bertemu dengan Kapten Haddock. Film yang diperkirakan berbujet USD 130 juta (Rp 1,2 triliun) ini didukung oleh 2 studio film besar Hollywood, yaitu Universal Pictures dan Paramount Pictures. Sekuelnya yaitu 'Harta Karun Rackham Merah' kabarnya sudah dalam proses produksi.

Bila Anda mengharapkan tontonan segar yang menghibur, kisah petualangan Tintin ini adalah jawabannya. Petualangan menegangkan bercampur komedi dengan animasi kelas dunia tentu tidak akan Anda lewatkan. Tontonlah film ini mulai dari detik pertama karena 3 menit awalnya akan menampilkan nama-nama cast dan crew film yang dikemas dengan animasi kreatif dari cuplikan berbagai komik Tintin. Selamat menonton!

Rating : 8/10.

[Lihat trailer film The Adventures of Tintin: The Secret of the Unicorn]

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel