iPhone 5 Diisukan Bakal Miliki Dock Connector Lebih Kecil
SerbaSerbi

Dock connector pada iPhone 5 akan didesain menjadi 19-pin dan anti air ini membuat aksesoris lama tidak kompatibel.

WowKeren - Belakangan ini banyak spekulasi dan bocoran yang berkembang seputar iPhone 5, termasuk spesifikasi body. Smartphone anyar Apple ini disebut-sebut akan hadir dengan lubang dock connector lebih kecil. Dari yang semula berukuran 30-pin, akan didesain menjadi 19-pin.

Menurut sumber terpercaya, perubahan ini dilakukan untuk memberi ruang agar lubang earphone bisa dipindahkan ke bagian bawah. Pasalnya, pada iPhone generasi sebelumnya jack audio 3,5 mm ditempatkan di bagian atas smartphone. Konektor baru ini diisukan bakal anti air dan bersifat magnetis.

Rumor mengatakan Apple merubah desain dock connector-nya menjadi lebih kecil agar iPhone 5 bisa dibesut dalam bentuk lebih tipis. Selain itu Apple juga bermaksud menyaingi kompetitor yang menggunakan port micro USB berukuran lebih kecil. Alasan estetika keindahan desain body juga menjadi pertimbangan Apple.


Perubahan drastis ini otomatis akan membuat aksesoris lama nantinya tidak berfungsi pada iPhone 5. Hal ini tentunya membuat pengguna lama iPhone khawatir. Namun Apple tetap bungkam untuk mengkonfirmasi kebenaran isu sambungan konektor tersebut.

Dock connector adalah pusat pengisian daya baterai dan sinkronisasi ke komputer serta aksesoris lainnya. Selama satu dekade terakhir, Apple menggunakan dock berukuran 30-pin untuk iPod, iPhone dan iPad. Mereka enggan menyematkan port microUSB yang bersifat universal agar gadget Apple lebih eksklusif.

(wk/)

You can share this post!