Dua Gunung di Indonesia Masuk Daftar Gunung Api Paling Berbahaya
Dunia

Dalam daftar tersebut, gunung api paling berbahaya adalah Gunung Suribachi yang berada di pulau Iwo Jima, Jepang.

WowKeren - Pakar vulkanologi dari Universitas Manchester baru-baru ini mengeluarkan daftar sepuluh gunung berbahaya yang ada di dunia. Dari kesepuluh gunung tersebut dua diantaranya berasal dari Indonesia.

Dalam daftar itu, gunung api paling berbahaya adalah Gunung Suribachi yang berada di pulau Iwo Jima, Jepang. Jika gunung ini mengalami erupsi, diperkirakan akan terjadi tsunami dahsyat dengan gelombang laut setinggi 25 meter yang bisa meluluhlantahkan wilayah selatan Jepang serta pesisir Tiongkok, termasuk Shanghai dan Hongkong.


Pakar vulkanologi Profesor Albert Ziljstra menyebutkan, jika sejak Gunung Tambora di Sumbawa meletus pada 1815 silam, belum pernah ada erupsi dahsyat lainnya. Pada waktu itu, dampak dari erupsi Tambora membuat dunia seakan tanpa musim panas. Dia pun mengatakan jika di abad ini, ada peluang salah satu erupsi akan sedahsyat Tambora.

Selain Gunung Suribachi, sembilan gunung berapi lain yang masuk dalam daftar adalah Gunung Chilpete/Apoyege di Nikaragua, Gunung Campi Flageri di Italia, Gunung Aso di Jepang dan Gunung Api Trans Meksiko. Selanjutnya di urutan keenam ada Gunung Agung di Bali, Gunung Kamerun, Gunung Taal dan Gunung Mayon Filipina dan ditutup oleh Gunung Kelud di Indonesia.

(wk/)

You can share this post!