RI Kembali Catat 1.000 Lebih Kasus COVID-19 Dalam Sehari, DKI Jakarta Sumbang Terbanyak
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Indonesia kembali mencatat lebih dari seribu kasus COVID-19 dalam sehari. Tepatnya ada 1.054 kasus baru hari ini yang didominasi kasus dari DKI Jakarta lalu diikuti Jawa Barat.

WowKeren - Indonesia mulai mencatatkan kenaikan jumlah kasus COVID-19. Bahkan pada Sabtu (15/1) ini, Indonesia perdana mencatatkan lebih dari seribu kasus COVID-19 dalam sehari, sekaligus menjadi yang pertama kali mencapai titik tersebut sejak Oktober 2021.

Dari seribu lebih kasus COVID-19 baru tersebut, hampir sebagian besarnya ada di DKI Jakarta. Ibu Kota mencatatkan 720 kasus COVID-19 baru, disusul Jawa Barat dengan 118 kasus dan Banten sebanyak 107 kasus.

Secara garis besar penambahan kasusnya lebih merata alih-alih terpusat di Jawa dan Bali seperti yang selama ini kerap terjadi. Jawa Timur mencatatkan tambahan 23 kasus COVID-19 baru, diikuti Sulawesi Selatan dengan 10 kasus, dan Kalimantan Timur dengan 9 kasus. Meski demikian ada beberapa provinsi yang mencatatkan nol kasus baru hari ini, seperti Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat.

RI Kembali Catat 1.000 Lebih Kasus COVID-19 Dalam Sehari, DKI Jakarta Sumbang Terbanyak

Twitter/BNPB_Indonesia



Hingga kini Indonesia memiliki 8.463 kasus aktif COVID-19. Sementara itu Indonesia juga mencatatkan tambahan 464 kasus sembuh, sedangkan ada tambahan 4 pasien COVID-19 yang meninggal dunia hari ini.

Tercatat sebanyak 277.856 spesimen diperiksa hari ini di seluruh Indonesia. Sementara itu terdapat sebanyak 4.345 suspek COVID-19 di Tanah Air.

Penambahan kasus secara nasional ini banyak dikaitkan dengan beredarnya varian Omicron di Tanah Air. Pasalnya varian Omicron ini jauh lebih mudah menular ketimbang varian lain.

Karena itulah pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran varian Omicron lebih jauh. Seperti DKI Jakarta yang mengungkap rencana untuk mengetatkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

Selain itu Indonesia juga sudah memulai program vaksinasi COVID-19 dosis penguat alias booster. Program ini diprioritaskan untuk lansia serta menggunakan tiga jenis vaksin, yakni Pfizer, AstraZeneca, dan Moderna.

(wk/elva)


You can share this post!


Related Posts