Rekrutmen CPNS Ditiadakan Tahun Ini, Formasi Hanya Dibuka Lewat Skema Sekolah Kedinasan
YouTube/Kota Jakarta Utara
Nasional

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menyatakan pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK dalam Seleksi CASN tahun ini.

WowKeren - Pemerintah memutuskan hanya akan merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dalam Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2022. Dengan demikian, formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak tersedia tahun ini.

"Untuk Seleksi CASN Tahun 2022, pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK, dan di tahun ini, formasi untuk CPNS tidak tersedia. Untuk itu, berbagai kebijakan tengah disusun sebagai dasar kebijakan dalam pelaksanaan Seleksi CASN tahun 2022 ini," Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo dalam keterangan tertulis, Selasa (18/1).

Salah satu alasan peniadaan formasi CPNS tahun ini adalah pemerintah Indonesia berkaca dari kebijakan yang diimplementasikan oleh beberapa negara maju. Kebijakan yang dimaksud adalah jumlah ASN yang merupakan civil servant (PNS) lebih sedikit, sedangkan jumlah government worker/public services (PPPK) lebih banyak.

"Mengacu kepada hal contoh baik tersebut, maka pemerintah Indonesia perlu mengikuti langkah yang telah dilakukan oleh berbagai negara maju sebagai langkah memodernisasi birokrasi secara cepat," papar Tjahjo.


Selain itu, pertimbangan lainnya terkait dengan keterbatasan waktu. Rangkaian pelaksanaan Seleksi CPNS disebut membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan Seleksi Penerimaan PPPK. Apabila formasi CPNS dibuka pada tahun 2022 maka dikhawatirkan tidak akan selesai tepat waktu.

Meski demikian, formasi CPNS masih dibuka lewat skema sekolah kedinasan. Formasi CPNS juga bisa kembali dibuka secara terbatas pada tahun 2023 mendatang.

"Namun, bukan sepenuhnya formasi CPNS dihilangkan dalam seleksi CASN tahun 2022. Formasi CPNS masih tetap dibuka melalui skema sekolah kedinasan," terang Tjahjo. "Formasi CPNS juga dapat dibuka kembali secara terbatas pada tahun 2023 yang tentunya mengikuti arah kebijakan untuk tahun 2023 serta dengan kejelasan kriteria bagi formasi jabatan yang akan dibuka untuk skema CPNS maupun PPPK."

Sebagai informasi, sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi yang berada dalam naungan pemerintah, baik lembaga, badan, atau kementerian. Lulusan sekolah kedinasan atau perguruan tinggi kedinasan (PTK) memang diproyeksikan untuk mengisi formasi pegawai di lembaga/kementerian yang bersangkutan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru