Penonton MotoGP Mandalika Dibatasi Maksimal 60 Ribu, Tak Perlu Tes Antigen Jika Penuhi Syarat Ini
Nasional

Kemendagri mengeluarkan aturan terkait gelaran MotoGP Mandalika melalui Inmendagri Nomor 17 tahun 2022 tentang PPKM Level 4, Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Luar Jawa-Bali.

WowKeren - Gelaran MotoGP Mandalika di Mandalika International Street Circuit siap digelar pada 18-20 Maret 2022 mendatang. Kementerian Dalam Negeri lantas mengeluarkan aturan terkait gelaran MotoGP Mandalika melalui Instruksi Mendagri Nomor 17 tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Luar Jawa-Bali.

Berdasarkan aturan tersebut, jumlah penonton yang diizinkan masuk ke venue MotoGP Mandalika maksimal 60 ribu orang. Penonton di kelas festival maksimal 10 persen dari total pengunjung.

Selain itu, syarat vaksinasi COVID-19 akan diterapkan dalam gelaran MotoGP Mandalika. Menurut aturan dalam Inmendagri tersebut, menyatakan bahwa seluruh pembalap, kru, ofisial, hingga penonton yang telah divaksinasi lengkap tidak wajib menunjukkan hasil RT-PCR atau rapid test antigen.

"Seluruh pembalap, crew, official, hingga penonton yang telah mendapatkan vaksin 2 kali tidak diwajibkan menunjukan hasil RT-PCR atau Rapid Test Antigen," jelas Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal ZA, dalam keterangan tertulis, Selasa (15/3).


Aturan tersebut juga berlaku untuk penonton yang berasa dari luar Pulau Lombok. Mereka yanng telah divaksin dua kali tak perlu menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen pada saat tiba di Lombok.

"Diharapkan dalam penyelenggaraan MotoGP dapat menciptakan multiplier effect bagi ekonomi lokal dan regional melalui upaya memaksimalkan pelibatan UMKM, sehingga mampu meningkatkan dan mempercepat agenda pemulihan ekonomi nasional," lanjutnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri MotoGP Mandalika pada 20 Maret 2022. Sebanyak 3.247 personel gabungan TNI dan Polri dipersiapkan untuk mengamankan ajang balap bergengsi tersebut.

Menurut Kapolda NTB Inspektur Jenderal Djoko Poerwanto, pengamanan akan difokuskan di seputaran Sirkuit Mandalika dan di semua pintu masuk Lombok. "Di luar Sirkuit Mandalika, pengamanan akan dilakukan di semua pintu masuk baik darat, laut, maupun udara," papar Djoko, Senin (14/3).

Di sisi lain, pemerintah terus memastikan ketersediaan penginapan untuk para penonton MotoGP Mandalika. Menurut Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Helson Siagian, pemerintah tidak hanya menyiapkan akomodasi di darat saja. Satu kapal pesiar dan lima kapal pinisi telah disiagakan pemerintah sebagai hotel terapung yang bisa ditempati para penonton MotoGP.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait