Laku Keras Saat MotoGP Mandalika, Ini Khasiat Susu Kuda Liar Khas Sumbawa
Nasional

Susu kuda liar tersebut merupakan salah satu produk lokal yang dihadirkan dalam stand MotoGP Mandalika. Bahkan stand tersebut juga ramai dikunjungi pembeli.

WowKeren - Indonesia baru saja selesai menggelar ajang balap sepeda motor internasional MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022 lalu. Dalam gelaran ini juga dimanfaatkan oleh pemerintah untuk mempromosikan produk lokal.

Adapun salah satu produk lokal yang menjadi magnet bagi stand Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bima adalah susu kuda liar. Stand ini disebut selalu dipenuhi pengunjung di dalam arena sirkuit MotoGP lantaran menjual susu kuda liar.

Sebagai informasi, susu kuda liar asal Bima, Sumbawa, NTB itu dikenal memiliki kualitas bagus dan berkhasiat tinggi bagi kesehatan. Sehingga tidak heran jika minuman tersebut diburu dan ramai diserbu pembeli.

Selain susu kuda liar Bima, Disperindag juga menjual dompet, tas, syal, topi, dan karya seni lainnya. Kemudian ada juga produk madu, steak daun kelor, dan aneka kue lainnya yang menjadi ciri khas utama Bima.


"Alhamdulillah, selama dua hari penjualan, produk yang ditampilkan berupa susu kuda habis terjual," ungkap Kadisperindag Kabupaten Bima melalui Kabid Perdagangan Juraidin, Minggu (20/3).

Sementara itu, menurut Ahli Gizi Klinik FKUI-RSCM dr Samuel Oentoro, MS, SpGK, kandungan dalam susu kuda liar itu hampir sama seperti susu sapi atau kambing. Hanya saja, susu kuda liar memiliki keunggulan karena protein yang lebih sedikit dibanding dengan susu sapi sehingga cocok untuk bayi atau orang yang intoleran laktosa.

Lebih lanjut, Samuel menerangkan bahwa dalam 100 gram susu kuda liar terdapat 0,8 persen protein. Sedangkan susu sapi mencapai 3,2 persen. Selain itu, susu kuda liar juga memiliki rasa yang gurih lantaran kandungan gulanya lebih tinggi mencapai 6,8 persen dibanding susu sapi 4,6 persen.

Kemudian, kata Samuel, setiap 100 gram susu kuda liar juga menghasilkan 44 kalori yang lebih sedikit ketimbang susu sapi yang sebesar 64 kalori sehingga membuat orang yang minum susu kuda tidak cepat gemuk. Ia mengatakan bahwa susu kuda liar juga bagus untuk pencernaan karena rantai proteinnya yang lebih mudah dicerna tubuh.

Artinya bahwa seseorang dengan pencernaan yang sehat maka orang akan menjadi lebih fit. Hal ini lah yang kemudian dipercaya banyak orang bahwa susu kuda liar bisa meningkatkan gairah seksual padahal yang sebenarnya adalah lebih kepada pencernaan yang bagus dan kebutuhan gizi yang tercukupi.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait