MotoGP Mandalika Sukses Digelar, Indonesia Masih Punya PR dari Sampah Hingga Akomodasi Penonton
Nasional

Gelaran acara MotoGP 2022 di sirkuit Mandalika nyatanya menyisakan sejumlah persoalan. Kini Indonesia pun harus melakukan evaluasi dan berbenah untuk memperbaiki sejumlah persoalan tersebut.

WowKeren - Ajang MotoGP 2022 Mandalika sukses membawa kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Berbagai peristiwa yang terjadi hingga hari H ajang MotoGP digelar di sirkuit Mandalika Minggu (20/3) pun sempat menjadi trending pembicaraan di media sosial. Tapi nyatanya pergelaran MotoGP Mandalika juga menyisakan sejumlah persoalan.

Setidaknya ada 3 masalah yang terjadi pasca ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika selesai dilaksanakan. Apa saja?

1. Sampah

Acara MotoGP Mandalika 2022 berhasil menarik perhatian publik dari berbagai daerah hingga luar negeri. Namun dengan membludaknya penonton, maka sampah yang ada juga tak bisa terhindarkan. Dalam salah satu cuitannya, akun Twitter @waste4change bahkan menyebut bahwa sampah harian MotoGP Mandalika 2022 bisa mencapai 20 Ton.

"MotoGP Mandalika hasilkan 26 ton sampah perhari? Kok bisa? Dengan banyaknya pengunjung yang datang, nyatanya juga menghasilkan banyak sampah berserakan nih di tribun penonton," tulis akun tersebut.

2. Penonton Terlantar


Usai menikmati keseruan MotoGP Mandalika 2022, nyatanya banyak penonton yang terlantar tak bisa pulang. Pasalnya, shuttle bus yang membawa mereka ke sirkuit Mandalika tak terlihat keberadaannya.

Ternyata jumlah shuttle bus tak sanggup menampung para penonton yang membludak lebih dari perkiraan. Hal ini turut disayangkan, pasalnya, sebelumnya Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sudah menyiapkan 287 unit shuttle bus berkapasitas 24 penumpang, 278 unit bus antarmoda, manajemen rekayasa lalu lintas, hingga dukungan layanan penyeberangan.

"Ini akibat lonjakan masyarakat yang antusias. Kami meminta maaf atas kejadian tersebut sehingga mengakibatkan kemacetan dan sejumlah penumpang tidak terlayani dengan baik. Kami besok akan segera menggelar rapat evaluasi untuk melihat penyebabnya," Kata Dirjen Budi Setiyadi, Selasa (23/3).

3. Lalu Lintas Macet

Masyarakat yang usai menonton MotoGP 2022 di Sirkuit Internasional Mandalikajuga terkena kemacetan panjang. Kemacetan bahkan diketahui mencapai 3 kilometer dan membuat kendaraan tidak bisa bergerak karena banyak mobil pengunjung yang memadati jalan.

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi mengenai kemacetan yang terjadi di Sirkuit Mandalika.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Hal ini menjadi evaluasi kami di Kemenhub, khususnya bagaimana memperkuat pengaturan lalu lintas serta kelancaran sarana pendukung," pungkas Adita, Senin (21/3).

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru