Bahas Fenomena 'Lonely Economy' di Indonesia, Chairul Tanjung: Aneh Tapi Nyata
Nasional

Pengusaha sukses Chairul Tanjung berbicara mengenai sebuah fenomena baru beernama 'Lonely Economy'. Fenomena itu terkait masyarakat yang memilih bertahan hidup seorang diri.

WowKeren - Chairman dan Founder CT Corp Chairul Tanjung mengungkap adanya fenomena baru bernama lonely economy saat ini yang aneh tapi nyata terjadi. Fenomena itu terkait pemikiran atau keputusan untuk bertahan hidup seorang sendiri. Beberapa masyarakat bahkan lebih memilih untuk tidak menikah atau menunda memiliki anak walaupun pun sudah berumah tangga.

"Ada fenomena baru yang membuat kita merasa aneh tapi nyata, yaitu fenomena lonely economy. Karena hidup sendiri enggak perlu masak, apa-apa order daring," ungkap Chairul Tanjung atau yang akrab disama CT itu, dalam CNBC Indonesia Economic Outlook pada Selasa (22/3).

Menurut mantan Menteri koordinator bidang perekonomian itu, sebagian orang memilih untuk tak menikah dan bahkan menunda anak. Mereka lebih suka untuk sendiri.

CT menegaskan dalam beberapa tahun terakhir terjadi banyak perubahan dalam kehidupan manusia. Namun, CT meyakini bahwa masyarakat akan semakin terbiasa dengan perubahan ini.

"Tuhan tidak akan kasih cobaan melebihi kemampuan umatnya. Krisis di satu sisi membawa masalah, tapi di sisi lain membawa berkah," kata CT.


Dalam kesempatan yang sama, Chairul Tanjung juga membahas soal krisis pandemi dan perang Rusia-Ukraina yang memberikan dampak positif untuk RI. Pasalnya, kedua hal itu membuat harga komoditas melonjak.

Penerimaan RI, kata Chairul Tanjung, meningkat jika harga komoditas melonjak. Hal ini karena ekspor Indonesia masih berbasis komoditas, seperti batu bara.

"Harga komoditas naik karena ekonomi Indonesia masih berbasis sumber daya alam, sehingga penerimaan pemerintah meningkat yang tadinya minus jadi surplus. Begitu juga dengan neraca dagang menjadi surplus luar biasa dan capai rekor tertinggi sejak 15 tahun terakhir," pungkas ayah dari Putri Tanjung tersebut.

Seperti diketahui, di Indonesia belakangan memang semakin marak wacana soal hidup tanpa menikah atau childfree bagi yang sudah berumah tangga. Childfree merupakan keputusan pasangan suami istri untuk tidak memiliki anak dalam pernikahan mereka.

Di sejumlah negara, angka pernikahan dan kelahiran yang rendah telah menjadi permasalahan tersendiri. Di antaranya adalah negara Jepang dan Korea Selatan.

(wk/amel)


You can share this post!

Related Posts