Catat! Antisipasi Macet Arus Balik, Polisi Terapkan Skenario One Way Dari Semarang Arah Jakarta
Instagram/dishubdkijakarta
Nasional

Puncak arus balik Lebaran 2022 sendiri diprediksi bakal terjadi pada 6-8 Mei. Maka dari itu, pihak kepolisian menyiapkan sejumlah skenario antisipasi terjadi kemacetan.

WowKeren - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sebelumnya telah memprediksi bahwa puncak arus mudik terjadi pada 28-29 April 2022 nanti. Sementara pihak kepolisian meprediksi arus balik bakal terjadi pada 6-8 Mei 2022.

Untuk mengatasi kemacetan pada arus balik, Ditlantas Polda Metro Jaya diketahui telah menyiapkan skenario one way guna mengantisipasi kepadatan kendaraan. Adapun skenario ini akan mulai diterapkan pada 6 Mei.

Sementara itu, Ditlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menuturkan bahwa penerapan one way itu akan dilaksanan di jalan tol mulai 6 hingga 8 Mei mendatang. Kebijakan ini diterapkan sejak gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 3 Gerbang Tol Halim Jakarta Timur.

Nantinya, kata Sambodo, semua akses tol disebut hanya akan dipakai untuk kendaraan yang menuju Jakarta. "Jadi bayangkan dari Semarang sana jalur A dan B dipakai semua, dan semua akan bermuara di Halim, kecuali yang dari arah Jakarta ke Cikampek," ujar Sambodo dalam keterangannya, dilihat Selasa (19/4).


"Saat one way, berlawanan arah tidak dipakai, jadi one way hanya dipakai jalur A, B, dan tol MBZ (Mohammed Bin Zayed)," imbuhnya.

Lebih lanjut, Sambodo menuturkan untuk kendaraan dari Tol Dalam Kota akan dikeluarkan di Cawang. Kemudian nanti bisa ke arah Tol Priok atau jalur Jagorawi. "Bagi masyarakat bisa keluar di Halim, jadi bisa ke bawah ambil jalur arteri," papar Sambodo.

Selain itu, Sambodo menuturkan ada sekitar 9 ribu personel Ditlantas Polda Metro Jaya yang akan diterjunkan untuk memantau, serta mengamankan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022. Lalu juga disiapkan sekitar 40 pos pengamanan dan pos pelayanan di sejumlah titik.

Pada pos tersebut, masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster bisa mendapatkannya secara gratis. Terkait dengan lokasinya, Sambodo mengatakan bahwa Polda Metro Jaya masih melakukan pemetaan.

"Di titik di Kedung Waringin dan Jatiuwung yang ke arah Merak itu kita siapkan ada pos pelayanan, rest area khusus sepeda motor, ada tempat untuk isi bensin dan ngaso (istirahat) sebentar," beber Sambodo.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait