Jokowi Salat Id di Halaman Istana Yogyakarta Bareng Iriana dan Kaesang, Warga Ungkap Rasa Antusias
Twitter/jokowi
Nasional

Awalnya, masyarakat hanya diperbolehkan mengikuti salat di halaman luar Gedung Agung, namun karena saf di halaman dalam masih tersedia, Paspampres akhirnya mengizinkan warga masuk ke dalam.

WowKeren - Presiden Joko Widodo melaksanakan salat Idul Fitri pada Senin (2/5) pagi ini di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta. Tak sendiri, Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi dan putra bungsu mereka, Kaesang Pangarep.

Salat Id yang dihadiri Jokowi diselenggarakan secara terbatas dan diikuti oleh perangkat kepresidenan, paspampres, serta keluarga pegawai Istana Yogyakarta. Jokowi dan keluarga tampa keluar dari Gedung Agung menuju halaman depan pada pukul 06.28 WIB.

Masyarakat sekitar juga tampak sudah bersiap di halaman luar Gedung Agung sejak pagi. Awalnya, masyarakat hanya diperbolehkan mengikuti salat di halaman luar Gedung Agung, namun karena saf di halaman dalam masih tersedia, Paspampres akhirnya mengizinkan warga masuk ke dalam.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, Masmin Afif, menjadi imam dan khatib salat Id kali ini. Sang khatib menyampaikan khotbah bertema "Solidaritas Sosial di Masa Pandemi".


Usai mengikuti salat Id, Jokowi dan Iriana kembali ke Gedung Agung sekitar pukul 07.00 WIB. Jokowi juga sempat menyapa jemaah yang berada di saf depan.

Di sisi lain, sejumlah warga mengungkapkan kesan mereka mengikuti salat Id bersama Jokowi. Seorang warga Semarang yang mudik ke Yogyakarta, Rini, mengaku senang bisa mengikuti salat Id bersama sang presiden.

"Saya dapat info kemarin dari pak kusir waktu jalan-jalan di Malioboro, 'Nanti Pak Jokowi salat di sini'. Akhirnya saya ikut," ungkap Rini. "Alhmadulillah bisa masuk. Kan tadi sedikit dan enggak banyak, jadi tadi ini bisa tetap menerapkan prokes."

Hal senada diungkapkan oleh Margono yang merupakan warga Jombor, Sleman. Ia mengaku senang bisa mengikuti salat Id bersama orang nomor satu di Indonesia itu.

"Rencana dari kemarin mau ke sini tapi salat id bareng pak Jokowi saya belum tahu. Ternyata di Gedung Agung. Alhamdulillah bisa bareng-bareng," jelasnya. "Saya hanya sendiri ke sini. Ada rencana kalau bisa mau salat bareng. Saya senang sekali sebagai warga Jogja bisa masuk walaupun hanya warga biasa."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru