Jatuh Setiap 1 Juni, Mengapa Hari Lahir Pancasila Penting Untuk Diperingati?
Unsplash/Mufid Majnun
Nasional

Pada Rabu (1/6) nanti, masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Lahir Pancasila. Sebagaimana diketahui, pemerintah sebelumnya telah menetapkan bahwa 1 Juni merupakan Hari Lahir Pancasila.

WowKeren - Pemerintah melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai Hari Libur Nasional. Adapun penetapan ini dilakukan bertujuan agar pemerintah, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Bahkan Presiden Joko Widodo diketahui mengatakan bahwa Pancasila itu merupakan jiwa dan raga bangsa masyarakat Indonesia, ada di aliran darah dan detak jantung, perekat keutuhan bangsa dan negara.

Di balik Hari Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni itu memiliki sejarahnya sendiri. Di mana tonggak dimulainya sejarah Hari Lahir Pancasila adalah saat Presiden RI Pertama yakni Soekarno menyampaikan pidato dalam sidang Badang Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945.


Pidato Bung Karno pada saat itu lantas akhirnya dirumuskan menjadi Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Soekarno kemudian menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia pertama.

Sejak kelahiran Pancasila pada 1 Juni 1945, Pancasila kemudian mengalami perkembangan hingga menghasilkan naskah Piagam Jakarta. Naskah ini dirumuskan pada tanggal 22 Juni 1945 oleh Panitia Sembilan, dan disepakati oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Hingga akhirnya rumusan final pada tanggal 18 Agustus 1945 yang merupakan satu kesatuan proses lahirnya Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia. Adapun tujuan dari peringatan Hari Lahir Pancasila adalah agar dasar dan ideologi negara Republik Indonesia diketahui asal usulnya oleh bangsa Indonesia dari waktu ke waktu dan generasi ke generasi.

Selain itu, peringatan Hari Lahir Pancasila juga bertujuan untuk menjaga kelestarian dan kelanggengan Pancasila, senantiasa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga dan selalu memperingati Hari Lahirnya Pancasila agar sebagai warga negara tidak melupakan asal usul negaranya sendiri.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait