Jabatan Tito Karnavian Sebagai MenPAN-RB Habis Hari Ini, Siapa Pengganti Tjahjo Kumolo?
Instagram/titokarnavian
Nasional

Presiden Joko Widodo hingga saat ini masih belum mengumumkan nama MenPAN-RB definitif pengganti Tjahjo Kumolo. Jokowi juga belum mengungkapkan apakah dirinya akan kembali menunjuk Menteri Ad Interim.

WowKeren - Masa jabatan Tito Karnavian sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Ad Interim berakhir pada Jumat (15/7) hari ini. Tito Karnavian diketahui menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022 lalu.

Meski demikian, Presiden Joko Widodo hingga saat ini masih belum mengumumkan nama MenPAN-RB definitif pengganti Tjahjo. Jokowi juga belum mengungkapkan apakah dirinya akan kembali menunjuk Menteri Ad Interim.

Menurut Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, hal tersebut merupakan wewenang presiden. "Itu otoritas presiden, kapannya dan siapanya kita tunggu saja," ujar Moeldoko di Istana Kepresidenan Jakarta.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Menurut Mahfud, keputusan penunjukkan MenPAN-RB pengganti Tjaho merupakan hak prerogatif presiden.

"Artinya, sepenuhnya bisa diputuskan oleh presiden tanpa harus dibahas dengan institusi atau pejabat pemerintah lainnya," terang Mahfud dilansir detikcom.


Mahfud menyatakan bahwa hanya Jokowi yang tahu sosok MenPAN-RB pengganti Tjahjo Kumolo. Menurut Mahfud, Jokowi tidak harus memberitahu kabinet terkait keputusannya tersebut.

"Jadi tidak ada yang tahu siapa dan kapan penetapan soal posisi MenPAN-RB kecuali presiden sendiri," paparnya. "Itu nanti langsung diumumkan oleh Istana. Tak harus diinfokan secara khusus kepada menteri-menteri lain."

Sebagai informasi, Tito Karnavian ditunjuk sebagai MenPAN-RB Ad Interim mulai 4 Juli hingga 15 Juli 2022. Mahfud MD juga sempat memegang jabatan MenPAN-RB Ad Interim kala Tjahjo Kumolo masih sakit dan menjalani perawatan.

Pada Selasa (12/7), Jokowi mengatakan bahwa pemilihan sosok pengganti Tjahjo Kumolo masih dalam proses. "Belum, masih dalam proses semuanya," ungkap Jokowi setelah menyerahkan bantuan sosial di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

MenPAN-RB definitif akan segera ditunjuk setelah proses pemilihan itu selesai. "Kita juga menunggu masih berduka," tukasnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait