Jokowi Cairkan BLT BBM Rp 600 Ribu, Simak Cara Cek Penerimanya
Pxhere
Nasional
Harga BBM Naik

Adapun masing-masing penerima bantuan langsung tunai (BLT) BBM akan mendapat total Rp 600 ribu. Penyaluran BLT BBM tersebut akan dilakukan secara bertahap melalui Kantor Pos.

WowKeren - Bantuan langsung tunai (BLT) BBM telah resmi disalurkan Presiden Joko Widodo sejak Rabu (31/8). Jokowi menjelaskan bahwa penyaluran BLT BBM tersebut dilakukan dalam rangka menopang daya beli masyarakat.

"Hari ini telah dimulai di Kantor Pos Kabupaten Jayapura," ungkap Jokowi di sela-sela kunjungannya di Papua pada hari Rabu.

Adapun masing-masing penerima BLT BBM akan mendapat total Rp 600 ribu. Penyalurannya akan dilakukan secara bertahap melalui Kantor Pos.

"Hari ini kita telah memulai pembagian BLT BBM yang diberikan kepada masyarakat selama empat bulan," papar Jokowi.


Apabila dibagikan dalam empat bulan, maka penerima BLT BBM akan mendapat Rp 150 ribu per bulan. Namun penyalurannya dilakukan sebanyak dua kali, sehingga dalam sekali penyaluran penerima akan mendapat Rp 300 ribu.

"Agar daya beli masyarakat, konsumsi masyarakat menjadi lebih baik. Selain pemberian BLT BBM, kepada 20,6 juta penerima manfaat juga diberikan subsidi BBM bagi para pekerja. Juga sebesar Rp 600 ribu untuk kurang lebih 16 juta pekerja," beber Jokowi.

Lantas, bagaimana cara mengecek penerima BLT BBM ini? Masyarakat dapat mengakses informasinya melalui laman resmi Kemensos. Berikut langkahnya:

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id
  2. Masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan, desa atau kelurahan
  3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP
  4. Isi huruf kode sesuai yang tertulis dalam kolom
  5. Klik "Cari Data"

Sementara itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini sebelumnya sempat menjelaskan bahwa BLT ini merupakan pengalihan dari subsidi BBM yang sebelumnya diberikan oleh pemerintah. Lewat pembagian BLT BBM ini, subsidi pemerintah diharapkan lebih tepat sasaran. Mengingat BBM bersubsidi selama ini turut dinikmati oleh kalangan menengah ke atas.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa pemerintah akan menaikkan harga BBM Pertalite dan Solar bersubsidi mulai 1 September 2022 alias hari ini. Kabar tersebut membuat warga di berbagai daerah di Tanah Air pun berbondong-bondong menyerbu SPBU setempat hingga memicu antrean mengular pada Rabu malam.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts